Pages

Thursday, August 30, 2007

Angan yang akan menjadi kenyataan

Petulangan mengejar impian untuk menjadi nyata terus diarungi selama ini. Apalagi semnjak bergabung di TDA, semangat itu semakin mengental dan berubah menjadi tekad yang harus diwujudkan. Akhirnya keberanian untuk mendeklarasikan keinginan itu terjadi juga di pertemuan perdana Mastermind group GTF (Go To Freedom) di Mal Artha Gading beberapa bulan yang lalu.

Tak disangka, karena ditantang untuk menyebutkan apa tujuan yang ingin dicapai di semester depan? oleh mbak Yulia. Kami yang hadir saat itu hanya bertiga, Pak Jun, saya dan mbak Yulia pun menyatakan keinginan-2, mimpi-2 yang terpendam. Saya mau memiliki omset di toko minimal 125% gaji TDB saat ini dan bisa bekerja mandiri di akhir tahun 2007 ini. Pak Jun, dengan impian menaikkan omset tokonya 300% dan mbak yulia dengan go Franchise Moz5 Salonnya. Time framenya 1 semester alias 6 bulan.

Kami pun pulang dengan berbagai macam pertanyaan di kepala, hehe khususnya saya. Elo ngomong apa tadi ris, tanya saya dalam hati. Mimpi kali ya punya toko dan omset nya 125% gaji TDB hehe..Lah wong usahanya apa saja belum jelas ;-)...kan sekarang lagi rehat abis sekolah di JaCC hehe..gak kapok-2 yah!

Menjadi Nyata: Impian bekerja di rumah
Tinggal 2 hari lagi impian untuk mulai bekerja di rumah dan mandiri akan menjadi nyata. Alhamdulillah. Rupanya terbukti kutipan kata-2 dari The Secret "Thought become Things"...alias apa yang dipikirkan akan menjadi kenyataan.
Babak baru di kehidupannya Doris Nasution akan dimulai. Berpetualang di medan yang lain tentunya akan penuh dengan cerita-2 yang bisa dipelajari dan mungkin saja bisa dibagikan kepada sesama...InsyaAllah.

Kejutan: Perhatian Team IT BTMU
Hahaha, kemarin seharian saya lihat team IT, departemen saya sibuk sekali berdiskusi melalui email. Tapi saya tidak tahu apa pun yang mereka diskusikan. Kasak kusuk dan saling mengingatkan ke rekan yang lain yang mungkin tertinggal membaca email selagi troubleshooting user untuk segera membaca dan merespon email-2 tsbt. Ada apa yah? pikir saya. Dari gelagatnya saya tahu ada yang dirahasiakan dari saya. Dan lagi ketika makan siang, mereka bilang "Ris, kami gak mau makan bareng elo ya, kita pingin jalan..." Nah loh. Kenapa?
Ah saya pun menjawab, "Gak pa-pa saya memang harus ke suatu tempat karena harus konsultasi intensif selama 7 hari ini", jawab saya sambil terus bertanya di dalam hati.

Beberapa hari yang lalu, sempat ada celetukan, eh ayo-2 kita pikirin mau ngasih apa untuk Doris, kata bos Valdi..hehe..Saya pun menanggapi dengan becanda, saya maunya tas LELE yah..heheh...pelesetan dari ELLE. Direspon dengan tanggapan "Ah gampang, ntar kita beliin yang KW2 di Blok A, Tanah Abang"...hahaha...mereka bisa saja nih...mentang-2 saya setiap minggu kulakan ke sana...dan disana itu sagala aya, jadilah saya dapat respon seperti itu.

Akhirnya sebelum pulang kantor, pertanyaan itu terjawab sudah. Sebuah kado cantik berwarna hijau seperti yang saya inginkan, si tas LELE itu hadir di meja kerja saya...Whuaaaa...koq nyata ini...Alhamdulillah ;-)...senang sekali..tak sangka kata-2 yang terlontar dari saya yang niatnya becanda menjadi kenyataan...hehe..saya pun bilang "Yah, padahal saya juga pingin motor Mio loch...", kenapa saya gak bilang yah!...hehehe, peryataan itu pun disambut dengan whuuuuuu.

Many thanks to IT Department of The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd.
You're the best!...Indah sekali kenangan-2 selama 5.5 tahun berada di department yang sama, dimana sebelumnya dimulai dari outsouce team untuk mengerjakan proyek yang cukup penting di pertengahan tahun 2002. Saya banyak belajar di tempat ini, terutama bagaimana melayani end-user dengan baik dan mengharapkan mereka untuk memiliki self-reliant dan kemampuan untuk melakukan troubleshooting sendiri.

Terima kasih bos valdi!, hendra, mia, lenny, bayu, bowo, payogi dan tiwi. Berkurang lagi team IT kita. Semoga yang menggantikan nanti bisa memberi warna dan kontribusi yang lebih untuk kemajuan team IT.
Komentar-2 dan kata-2 penyemangat di kartu hijau itu pun harus dicatat dengan baik dan di blog ini bisa menjadi kenangan yang dibuang sayang hehe ;-)

Valdi: Domo arigatou ya for these 4 years kalau nanti kangen dengan HARP (Human Resources and Payroll System-red) silahkan kontak kita, nanti kita print-screen deh! Semoga sukses dengan bisnisnya dan keluarga.

Hendra: Doris..kalau nanti bosen..boleh liat BTMU lagi..kan posisinya masih dikosongkan..Jangan bosen kalau ada telp untuk tanya HARP dan "pinjam baju utk pameran"..
Nih chop HENDRA nya jangan lupa.

Mia: Hiyaaa..Dorisss..I'm gonna miss u so much! ^-^ Jangan lupa ama kita yach..Moga lo tambah suxes en tokonya bisa beranak-pinak kekeke :) , Love, Mia.

Bowo: Doris..Moga sukses ya..

Payo: Doris Cang..jalan jalan make payung..kalo ujan ama kalo gerimis. Kalo ada yang pake kerudung smoga belinya dari toko mba' Doris... :p, sukses selalu. Cayo...Payogi

Bayu: Mbak Doris, I'm gonna miss ur inspiration. Moga-2 sukses selalu. Doakan aq segera menyusul jadi TDA ya. Thanks a lot.

Lenny: Gw akan merindukanmu...teman sarapan, teman makan siang, teman konsultasi :) Sukses yach Doris khusus tokonya moga tambah sukses, Muach, Lenny Phoen

Pratiwi: Doris...Semoga sukses dengan TDAnya. Sesuai dengan cita2..sudah jadi full TDA nih. Makasih atas bimbingannya dan bantuannya selama ini ya ^^. Kalo ga ada Doris chan ga kebayang deh :p Temen makan siangnya jadi berkurang nih..Sering-2 main ya kalo abis kulakan ke Tn.Abang. Nanti kita lihat update-annya Doris dr blog. -Tiwi-

hiks, haru juga ya suasanannya hehe...jadilah kemaren itu sempat haru-haruan hehe...

Hmm...langkah harus diteruskan, keinginan untuk menjadi seorang ibu yang baik untuk adiva dan keluarga, niat tulus untuk berbagi dengan sesama dan menjadi makhluk yang bermanfaat di muka bumi ini harus teruss digulirkan. Dan InsyaAllah menjadi pijakan dan alasan yang kuat diatas segalanya...terus menggali potensi diri dan memberikan yang terBAIK dari kemampuan ini untuk keluarga, masyarakat, agama dan mungkin nanti bangsa ini :-), amin.

Many thanks to you...

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta
YM:dorisnst | HP:0815-86038678

Sunday, August 26, 2007

Foto-foto produk ahhhh

Yah berkat masukan dari customer yang baik hati, saya pun memutuskan untuk berubah dan memperbaiki lagi blog tempat saya memajang produk2 andalan yang saya jual melalui internet.

Alhamdulillah, pagi ini sibuk foto-foto. Kanvas suami saya yang nganggur dirumah pun dioptimalkan untuk dijadikan background hehe...InsyaAllah mulai besok beberapa blog jualan saya akan berubah menjadi lebih baik dan komprehensive lagi. Mudah-mudahan dengan begini, calon customer pun langsung percaya dan jatuh cinta dengan si penjual yang satu ini hehe.

Coba lihat perubahannya disini yah -> Outlet Shaakira

Salam,
Doris Nasution
Owner, Shaakira
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta Selatan
YM:dorisnst | HP:0815-86038678

Saturday, August 25, 2007

Kritikan Berhadiah

Alhamdulilllah, kemaren saya menerima kritikan langsung dari repeat customer yang berada nun jauh di PJ..hehe..walaupun via YM saya bisa menangkap esensi keluhan customer saya ini.

Be open minded saja dan jujur saya senang di kritik seperti itu. Berarti saya masih punya kesempatan untuk improve lagi. Langsung saya catat apa keluhannya yang insyaAllah akan segera saya perbaiki dimulai awal bulan depan.

Penasaran ingin tahu apa kritikannya ? Baiklah saya bagi saja di blog ini ya.

Satu
Pedagang online koq jarang sekali online? Sehingga customer sulit sekali untuk berhubungan dengan saya. Kalau lewat sms kan terbatas dan mahal juga.

Dua
Koleksi produk di web/blog tidak sering di update.
Sehingga customer kalau mau belanja dengan saya harus merefer web orang lain
yang up-to-date dan lebih informatif.

Saya benar-2 berterima kasih atas kritikan yang membangun seperti diatas. Dan berkomitmen untuk merubah dan memperbaikinya. Dalam pengiriman barang kali ini saya selipkan 1 buah bonus sebagai rasa terima kasih saya atas kritikannya. Semoga customer saya ini puas.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet - Barat, Jakarta Selatan
YM:dorisnst | HP:0815-860 38678

NB1: Omset di toko 2 hari ini spectakuler sekali. Dan pesanan-2 untuk persiapan lebaran sudah mulai mengalir. Dana yang ada juga langsung dikonversi menjadi barang. Saya pun sibuk menghubungi supplier via sms dan telpon untuk segera mengirimkan barang. Alhamdulillah.

NB2: Saat ini saya sangat menikmati minggu terakhir untuk saya memberikan kontribusi di tempat kerja. Riang sekali rasanya. Enjoy gitu. Setiap ada pekerjaan yang masuk atau problem yang harus di handle langsung saya forward ke successor saya. Dealnya sudah sejak 2 minggu yang lalu, saya tidak lagi melakukan troubleshooting semua pekerjaan yang saat ini ditangani dan langsung mendampingi rekan kerja yang akan melanjutkan kerja saya nanti untuk melakukan troubleshooting langsung.

NB3: Hari ini rapat pengurus di SDN Percontohan 15 untuk membicarakan hasil evaluasi belajar kelas I di bulan pertama mereka. Wuah, mesti seru dan hangat, terpaksa jadwal kulakan ke tempat Pak Haji Alay mundur ke jam 12 siang. Ya sudahlah, tetap harus berangkat, lagipula saya ada hal yang harus dibahas dengan Deris hari ini. InsyaAllah jadi dan terwujud.

Friday, August 24, 2007

Happy Banget

Ah senang banget hari ini, berita-2 dari pegawai toko Shaakira melalui sms sepanjang hari, membuat hati ini seneng banget dan jadinya saya pun tersenyum-2 sendiri hehe (awas disangka gila hehe). Hanya singkat saja pesan itu, "Bu, sudah penglaris jam sekian omset sekian", "Bu, alhamdulillah omset dah tembus sekian", "Bu, rame banget hari ini dan ada pesanan ini..".

Indah sekali membaca untaian kata-2 yang seperti itu di sms hehe setelah beberapa hari ini terus terang saja omset di toko menurun drastis, bahkan untuk mencapai titik aman saja masih jauh sekali. Alhamdulillah, hal itu berbeda sekali dengan kondisi order via online. Jadi masih imbang-2 hehe. Anak-2 pun masih saya sibukkan untuk menyisihkan barang-2 pesanan internet.

Daripada konsentrasi ke omset yang menurun di awal minggu ini, saya memutuskan untuk shifting focus dengan rajin mengirimkan sms kepada prime customer saja. Dan bebenah stok jilbab yang tersisa dan lambat penjualannya di toko. Alhamdulillah, setelah wiken kemaren packing-2 jilbab dan memberikan harga yang bakalan sulit ditolak oleh customer, beberapa barang stok lama tersebut sudah terjual. Alhamdulillah seneng banget deh. Hanya perlu sedikit waktu dan action untuk mengidentifikasikan mana barang yang lambat dan memutuskan mau diapain sih barang-2 itu...akhirnya kita bundel per 3 pc dan memberikan harga dengan formula harga modal + misalnya 3000-5000 rph saja. Dan meletakkan item tersebut di meja kasir supaya kasir ingat untuk selalu menawarkan ke customer yang melakukan pembayaran. Harapan saya ada reseller yang bisa memanfaatkan hal ini dan memborong habis semua stok yang tersisa :-) hehe (maunya tuh).

Penjualan Koko Preview dan baju anak Dannis, sudah mulai menggeliat. Alhamdulillah. Pertanda persiapan menyambut bulan puasa dan lebaran sudah akan tiba. Mengumpulkan stok dan memastikan jumlah aman masih terus saya lakukan. Hunting produk-2 yang terbaik dan tepat untuk sasaran customer saya dan juga mencari modal tambahan masih juga menjadi langkah utama saya saat ini. Masih ada waktu 3 mingguan lagi. InsyaAllah outlet Shaakira pun bersiap menyiapkan perangkat "perang" nya hehe. Kami harus siap menyambut kegempitaan lebaran tahun ini. Harus.

Pendaftaran reseller Jilbab Permata sangat-sangat meningkat. Sehingga dalam seminggu saya bisa 3 x pergi belanja ke kantor pusat Jilbab Permata. Alhamdulillah. Dan penjualan eceran jilbab Zoya di toko tetap konsisten mempertahankan ke-charming-an posisinya hehe. Setiap minggu saya kulakan di tempat Pak Haji Alay saya mesti memastikan stok koleksi Zoya di toko dalam posisi aman dan terjaga, baik dari model, warna dan jumlahnya. InsyaAllah sudah mulai mendapatkan kemudahan-2 dari Pak Haji dan Deris. Bahkan juga mendapatkan peluang-2 yang harus segera ditindaklanjuti untuk dijadikan nyata. Action.

Langkah-2 saya harus semakin mantap dan yakin untuk memastikan semua ini berjalan, berjalan, berlari, dan terwujud lebih dari menjadi kenyataan. Dan membuat saya bahagia karena keputusan untuk menjadi 100% TDA telah diambil dan harus siap dengan segala hal yang akan dihadapi nanti. Hadapi dengan tegar, tegak dan yakin bahwa bergantung kepada-Nya lah yang bisa membuat hati ini tenang, damai dan senantiasa bersyukur atas segala keberlimpahan ini.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Jl. Tebet Barat IX kios no. 4
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst | HP:0815-860 38 678

NB1: Outlet Shaakira juga menyediakan Paket Sampel Jilbab Zoya bagi teman-2 yang mau fell-n-touch apa sih kelebihan jilbab ini. Sehingga penasarannya hilang kenapa kok sangat booming sekali.hehe..InsyaAllah paket tersebut terdiri 3 item dari masing-2 kategori yaitu: Party Scarf (Etnik), Casual Scarf (Sporty Grid/Naila) dan Relax Office (Horizontal/Vertikal Diamond) dengan harga 109.000,- diluar ongkos kirim yaa... Untuk pengiriman Jakarta, ongkos kirimnya GRATIS. Jadi tunggu apalagi, segera pesan ya. Kirimkan sms ke 0815-860 38 678 [Doris]. Atau yang ingin menjadi reseller Jilbab ini silakan langsung datang ke outlet dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian minimal 10 pcs jilbab. Hehe tumben nih promosi di postingan hehe..mohon maaf ya ;-)

NB2: Packing-2 paket yang mau dikirim pun semakin bertambah. Alhamdulillah Ya Rabb. Saat ini tenaga mbak dirumah juga dimanfaatkan. Tugas saya hanya membuat surat nota penjualan, memasukkan brosur-2 promosi dan mengumpulkan barang-2 sesuai pesanan. Nanti tinggal mbak yang packing dan antar ke TIKI JNE nya. Saatnya bekerja keras nih. Walau sedikit si mbak juga merasakan rizki orderan yang meningkat. Amin.

Wednesday, August 22, 2007

Katanya sih Profit is the KING

Kata-kata itu sering sekali saya dengar dan menjadi salah satu kosa-kata di dalam dunia usaha yang sedang saya tekuni dan jalani sekarang ini ;-)

Dan pagi ini pun saya habiskan waktu untuk membaca tentang itu di salah satu bukunya Om Brad, Instant Profit...Yang menariknya saya ingin langsung praktek tanpa banyak berfikir hehe, ya dicoba saja dulu, pikir saya. Sambil jalan nanti sambil improvisasi saja.

Katanya coba dapatkan kondisi sekarang di bisnis kita, mulai dengan mengadakan survey Nilai Rata-2 Belanja seorang Customer yang ditangani oleh setiap tenaga penjual di bisnis kita. Caranya mudah saja, siapkan form survey harian untuk setiap tenaga penjual yang didalamnya ada:

- Nama Pelanggan
- Jumlah rupiah yang dibelanjakan
- Total Pelanggan/Hari
- Total rupiah yang dibelanjakan

Formula untuk mendapatkan nilai rata-rata belanjanya adalah :
Total rupiah yang dibelanjakan / Total Pelanggan/Hari

Langkah berikutnya didalam mendapatkan kondisi bisnis kita saat ini adalah Margin Survey.
Sehingga kita bisa tahu mana item/produk yang memberikan kontribusi terbesar saat ini dan apa yang harus dilakukan untuk improve bisnis kita menjadi lebih baik lagi.
Juga dengan membuat/mengisi form Margin Survey yang isinya kurang lebih:

- Nama produk
- Supplier
- Rupiah marginnya untuk setiap produk

Ini sebetulnya masih agak sulit untuk menjadi akurat, karena harus dikurangi biaya ekspedisi, transport, atau mungkin ditambah dengan mungkin adanya supplier yang mau dibayar tempo 1 minggu, 1 bulan dan lain sebagainya. Untuk tahapan awal saya langsung mengurangi harga jual dan harga beli + ongkos kirim per produk sebagai marginnya.

Nah sudah dapat gambaran situasi dan kondisi bisnis kita sekarang, ukur kedua form tersebut dan dapatkan gambarannya setepat yang mungkin. Karena dari sana nanti akan kelihatan berapa % sebenarnya nilai yang kita dapatkan sekarang ini dan how to achieve more upon it...

Brad bilang ada 4 area yang bisa dipakai untuk meningkatkan kedua hal tersebut yang bisa menghasilkan sesuatu yang sejalan dengan judul postingan kali ini yaitu : "Profit is the KING".
Areanya : Management, Money, Marketing and Merchandise.

Di area 1. Management, ada beberapa strategi yang nyangkut di pikiran saya ini hehe memberikan training kepada team member, dan berikan tanggung jawaban yang real dan yakini team member kita akan bisa melewati setiap tantangan yang kita berikan sebagai business owner. Berikan contoh bahwa menghormati dan bersikap hangat kepada customer akan menciptakan hubungan jangka panjang yang baik yang ujung-ujungnya bakalan meningkatkan penjualan. Dan pahami juga bahwa kepuasan team member kita akan menciptakan suasana kerja yang lebih menyenangkan, produktif dan efisien.

Database Pelanggan
update secara konsisten database pelanggan yang kita miliki dan simpan seakurat yang mungkin setiap informasi pelanggan. Misalnya ukuran kesukaanya ? (hmm), warna favoritnya ? tanggal kebiasaan belanjanya (wow) atau model baju yang ingin dimilikinya. Mantap yah kalau bisa sampai sedetil itu. Pasti bisa lah ya, kan perlahan-lahan, sedikit-demi-sedikit, insyaAllah database pelanggan Shaakira bisa lebih lengkap lagi.

Kurangi Bayaran Overtime
Nah ini dia nih, yang katanya Brad bakalan langsung efeknya..hehe..terus terang untuk hal ini saya tidak begitu concern. Dan pay what to pay every month. Overtime?...boleh...memang sih nilainya tidak besar, tapi kalau mau sejalan dengan judul postingan, ini harus di monitor dan di kontrol. Kalau tidak ada pelanggan, konsisten untuk bersiap menutup toko misalnya 15 menit sebelum waktunya. Ini harus saya coba dan sampaikan kepada team member.

Usahakan membeli kebutuhan administrasi secara grosiran (bulk)
Saat ini toko Shaakira kan membutuhkan nota, pulpen, kertas, plastik bening, plastik belanja, voucher telepon, dll. Yah kebutuhan rutin bulananlah. Untuk penghematan dan mendapatkan harga yang lebih baik, beli kebutuan-2 tersebut dalam jumlah agak banyak sehingga bisa dinegosiasikan harganya dan mengakibatkan penghematan yang lebih. Oke, saya akan coba karena saat ini saya beli setiap ada kebutuhannya saja, misal, plastik habis ya beli hanya 1 pack plastik ;-), hehe pemborosan!

Di area selanjutnya, 2. Money, belum selesai bacanya hehe...sabar yah, tunggu summary lanjutannya di blog ini.

Keep on learning each day and improve yourself continously. That's i'm doing it right now.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst | HP:)815-86038678

Sunday, August 19, 2007

Follow up and follow up

Salah satu cara yang saya aplikasikan di outlet Shaakira saat ini adalah secara konsisten mengirimkan sms kepada pelanggan-pelanggan prioritas kami yang saat ini jumlahnya belum mencapai 50 orang.

Kalau pulsanya cukup, maka setelah kulakan di hari sabtu sore, saya mesti melayangkan sms yang bunyinya "Asswrwb, bpk/ibu pelanggan prioritas kami. Hari ini di outlet Shaakira dtg brg2 baru jilbab permata, blus2, bros and juga jilbab model-2 baru dari Zoya. Datang/sms kami untuk pemesanan. Terimakasih".

Pendekatan diatas masih dalam tahap T&M alias Test and Measure. Dan diukur setiap minggunya. Bagaimana cara mengukurnya? Karena sudah langganan, maka mereka biasanya ngomong "Saya dapet sms nih, mana barang barunya?" Gotcha, berarti pendekatan diatas ada juga yang merespon..dan ada juga yang mereply sms saya tersebut dengan pertanyaan-2 misalnya "jilbab Zoya itu seperti apa ya mbak?" khususnya untuk pelanggan2 online yang belum feel-n-touch produk tersebut.

Dan saya pun tidak pernah bosan mengirimkan sms yang sama setiap minggunya..dengan informasi produk-2 baru yang berbeda. Mungkin saja di minggu ini mereka mengatakan tidak ingin belanja, tapi bukankah masih ada kemungkinan untuk belanja di minggu depannya hehehe.

Satu lagi variabel yang belum saya masukkan kedalam follow-up message melalui sms yang saya layangkan yaitu "Waktu yang dibatasi". Saya sedang berpikir untuk mencoba melayangkan offer dengan waktu yang terbatas/limited. Dan juga ingin melihat bagaimana hasilnya.

Nah hari ini saya ingin jaga toko dulu ya, because it's surely fun and just like a game. Saya ingin menjadi mahir dan menguasainya. Ohiya, saatnya juga untuk memonitor old stok dan memikirkan apa yang harus dilakukan untuk mengeluarkan stok tersebut..apakh menjualnya secara grosiran dengan harga yang unbelieveable? well, belum tahu...kita lihat saja nanti.

Semoga bermanfaat ya ;-)

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta Selatan
YM:dorisnst | HP:0815-860 38 678

Friday, August 17, 2007

Silaturahmi ahhh

Mumpung lagi males-malesan dirumah, saya sudah online sejak pagi :-), jadi teringat dengan slide-2 yang dipakai sewaktu sharing di workshop peritel beberapa minggu yang lalu. Langsung saja saya download dari Gmail dan ditelaah kembali. Dan pastinya ditulis lagi disini.

Eh, sambil belajar, orderan online pun masuk, alhamdulillah. Sudah repeat order dari beberapa pelanggan yang YM an dengan saya pagi ini. Amin Ya Rabb.

Rencananya weekend ini juga pingin silaturahmi ke tempatnya pak teguh dan mbak Tina dengan Zoya-nya di Cempaka Mas, dan juga pingin mampir ke tempatnya Pak Rosihan dan mbak Inez, insyaAllah. Mudah-mudahan saja ada tawaran menarik buat "Shaakira" disana. Amin.

Outlet zoya milik Pak Teguh & Mbak Tina
Luar biasa, salut dengan displaynya yang menarik dan semangat juangnya pasutri yang masih sangat-sangat muda ini. Mendengarkan apa yang disampaikan oleh mereka berdua membuat saya dan Yassir geleng-geleng kepala tanda kami sangat terkesan dengan langkah-langkah yang telah diambil. Darah kami berdesir, dada ini berdegup kencang dan saya pun sempat keliyengan hehe dan membutuhkan segelas air aqua, setelah mendengarkan "dengan hati" action yang diceritakan oleh mbak Tina. Wow, super dahsyat. Memang TDAers harus sangat mantap dan serius menjalankan dan mengembangkan impian-2 bisnisnya..bukan TDA kalau mencla mencle bingung maunya apa hehe...Tidaklah, saya pun dulu melewati masa-masa kebingungan alias mencla mencle luar biasa selama 1.5 tahun untuk memutuskan mau mencoba bisnis apa. Yang pasti perasaan takut rugi sangat mendominasi waktu itu. Intinya semua perlu proses, terutama proses mengenali kemampuan diri kita sendiri.

Belajar di outlet Zoya terus terbawa dalam pikiranku selama perjalanan pulang. Alhamdulillah silaturahmi kali ini lagi-lagi menambah ilmu-ilmu kami. Mudah-2an ada yang bisa kami praktekkan dari sana.

Salam luar biasa untuk Pak Teguh dan Mbak Tina, semoga usahanya sukses dan impiannya menjadi eksportir produk bisa terwujud bersama dengan TDA. Amin

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst | HP: 0815-86038678

Thursday, August 16, 2007

Shoot for the stars, at least you'll make it to the moon

Judul postingan diatas saya kutip dari bukunya Brad Sugars "Instant Cashflow", lebih kurang artinya untuk berani meminta lebih ;-) atas apa yang kita inginkan...

Jika kita tidak berani meminta, kita tidak akan tahu apakah jawabannya Ya atau Tidak. Tapi sebaliknya, jika kita berani meminta dan selalu merasa bersyukur atas segala hal yang kita terima, insyaAllah kita akan mulai menerima apa pun juga yang kita minta. Bukankah lebih baik jika selalu merasa bersyukur dibandingkan dengan selalu mengeluh tentang hidup, rizki yang sudah diberikan dan kenikmatan yang sudah kita terima?

Please always be grateful and you will start receiving...

Saya meminta untuk memiliki profit bisnis "Shaakira" menjadi 9 digit di akhir tahun ini. How to achieve that? Selesaikan dulu ah baca buku ini, baru nanti disharing ya...kira-2 ada sekitar 282 tips untuk membuat permintaan saya itu menjadi kenyataan ;-). wow hebat ya si om brad ini, buku-2 nya memang mantap untuk dilahap dan dipraktekkan.


Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta Selatan
YM:dorisnst | HP:0815-86038679

Wednesday, August 15, 2007

Pindah kerja di/dari rumah

Hari ini saya tidak masuk kantor, karena Adiva sedang panas badannya. Alhamdulillah sudah berangsur baik. Saya pun terpikir sebentar lagi akan tiba waktunya saya untuk pindah kerja di/dari rumah ;-), dan saya tanya Adiva "Will you be happy when I stay and work at home? so then I can see you coming from school and take nap together..", Yes, she answered with starring at her eyes. Saya pun tersenyum gembira dan merasa puas di hati ini. Syukurlah anakku, sebentar lagi ibu akan mendampingimu menjalani proses belajar di sekolah dasar sebagai bekal yang mendasari kehidupanmu nanti. Belajar menghormati guru, menyayangi teman, bertahan dan menyesuaikan diri di lingkungan yang baru dan yang pasti menggapai cita-cita dan impianmu dikala besar nanti.

Hmm, kata-kata yang halus dan paling tepat bukanlah "Berhenti bekerja"...tapi pindah kerja di/dari rumah dan mengurusi usaha saya sendiri. Itulah yang paling tepat menggambarkan keputusanku saat ini. Aktualisasi diri tetap bisa di berikan melalui "Shaakira", disana saya bisa belajar memberikan masterpiece-masterpiece usaha saya seutuhnya dan tidak bisa lupa panggilan untuk melayani keluarga harus menjadi motivasi yang sesungguhnya :-)

Pagi ini pun ketika bebenah dan tidak sengaja saya menemukan dream book tahun 2007 (ini saya pelajari dari Ratu Salon TDA-mbak Yulia) ditumpukan buku-2 kecil lainnya. Saya buka dan baca kembali setiap tulisan tangan yang pernah saya tulis disana. Eh lucu dan takjub, banyak keinginan yang tertulis disana bahkan sudah terwujud sebelum batas waktunya tiba. It's miracle, though.

Pada tgl 01.03.07 saya menulis, "pada akhirnya impian saya untuk kerja ke rumah telah terwujud. Dan saya sangat menikmati kebebasan yang saya raih dalam hal waktu, hubungan dengan keluarga yang lebih berkualitas, dan selalu merasa berkelimpahan/berkecukupan oleh kasih sayang Allah. Dan saya pun bersyukur atas segala nikmat yang diberikan-Nya.

Pada tanggal 01.08.07, keputusan sudah bulat diambil setelah proses bolak-balik bertanya kepada diri sendiri dan berbicara kepada-Nya. Akhirnya mantap dong. Alhamdulillah prosesnya dimudahkan dan mendapat restu dari keluarga inti...

So, akhirnya saya akan memulai untuk pindah kerja di/dari rumah pada awal bulan depan dan menyambut datangnya Ramadhan di tahun ini dengan lebih baik..sangat baik..yang paling baik ever in my life. Mari, kita meraih kemerdekaan atas diri kita dengan penuh tanggung jawab.


Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta
YM:dorisnst | 0815-860 38 678

Tuesday, August 14, 2007

Hidup dengan MIMPI saya sendiri

Hmm, tiba-tba saja pingin cerita tentang mimpi atas kehidupan saya sendiri. Dan teringat kata-katanya Adam Khoo di buku "Master Your Mind Design Your Destiny" untuk menggunakan visualisasi. Sebenarnya saat ini saya sedang bermimpi melihat outlet Shaakira mencapai hasil yang saya inginkan walaupun baru di dalam pikiran saya saja. Yah lebih baik kan sebelum melihat hasil sebenarnya nanti, saya lihat dulu saja gambar-2 yang menarik, berwarna, penuh dengan keberhasilan dan kesuksesan di pikiran ini ;-)

Intinya Nothing is Impossible dan saya ingin hidup diatas mimpi-mimpi saya sendiri dan melakukan action/tindakan terhadapnya. Karena apapun yang saya yakini dan inginkan akan terwujud menjadi kenyataan. InsyaAllah.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira" outlet jilbab & kerudung pilihan
Tebet Barat, Jakarta

Sunday, August 12, 2007

Mulai bisnis lebih awal

Ah postingan-postingan terakhir ini selalu dipenuhi rasa syukur. Kali ini bersyukur karena kami sudah dibukakan oleh-Nya dan diberikan keberanian untuk mengambil resiko dalam menjalankan suatu bisnis/usaha.

Kenapa tiba-tiba saya menulis tentang hal ini, karena semalam kami berdua bertemu seorang saudara dari daerah yang posisinya sudah enak disalah satu perusahaan ternama di seluruh dunia. Memang nyaman posisinya, apalagi hal tersebut benar-2 didapat melalui perjuangan, langkah-langkah yang konsisten menapaki jenjang karir dari bawah.

Entah darimana datangnya berita, akhirnya beliau tahu bahwa kami sedang merintis usaha saat ini. Komentarnya "Hebat kalian berdua, sudah memulai diusia seperti sekarang ini, masih muda, kalau saya saat ini sudah 50 tahun mau bisnis apa saja saya masih bingung dan belum berani". Apalagi taruhannya adalah biaya sekolah putrinya yang baru saja menapaki gerbang universitas. Saya pun tercenung dan kelu, hmm bagaimana bisa meresponnya ?, pikir saya. Ah tak usah direspon, cukup katakan dalam hati ini bahwa kami pun sangat-sangat bersyukur atas berkat dan pertolongan Allah akhirnya kami berani untuk memulai usaha dan bergantung sepenuhnya hanya kepada Yang Maha PASTI dan meyakini hal tersebut. InsyaAllah.

Kalau dulu berpikir bahwa menerima income bulanan yang pasti dari tempat bekerja adalah sesuatu yang sudah pasti ada walaupun saya tidak bekerja optimal, saat ini saya pun berusaha untuk beranjak dari pikiran tersebut dan berusaha mengubahnya menjadi "bergantung kepada sesuatu yang lebih PASTI, Maha PASTI" yang tak lain tak bukan adalah Allah SWT semata.

Dulu rupanya saya tidak percaya, tidak meyakini hal tersebut dan meyakini bahwa gaji bulanan sayalah yang paling pasti menjamin keberlangsungan hidup setiap bulannya...Saat ini perubahan-perubahan menuju individu yang lebih baik, dialog-dialog yang disampaikan kepada-Nya dalam doa saya setiap saat telah membuat diri ini terus memperbaiki diri...dan terus merasa bersyukur atas keberlimpahan ini. InsyaAllah dengan memperbaiki motivasi dibalik bisnis ini untuk tetap exist bahkan hingga 100 tahun lagi, kami bisa memberikan manfaat bagi sesama umat dan menjadikannya ladang amal bagi kami. Amin.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"

Anugrah 7 tahun kebersamaan kami

Alhamdulillah, hari ini tepat ulang tahun perkawinan saya dan Yassir yang ke-7. Alhamdulillah kami pun saling mengucapkan selamat dan bersyukur atas nikmat yang kami terima pada hari ini. Dalam hati kecilku pun saya sangat-sangat bersyukur bisa didampingi oleh seorang suami yang saya rasakan sangat supportif dan bak malaikat pelindung keluarga he he he...romantik amat ya ?!!

Papa dan mama juga merayakan ultah perkawinan yang ke-44 beberapa hari yang lalu. Dan sesungguhnya kami sangat mengidolakan pasangan orang tua kami itu dan berusaha untuk bisa mencontoh cara-cara mereka membina keluarga yang harmonis, mendidik anak-anak yang sukses dan memberikan bekal agama yang lebih dari cukup. Terima kasih pa, ma atas contoh yang luar biasa bagi perjalanan kami nanti...dan doakan kami bisa menjaga keluarga kami ini menjadi keluarga yang sakinah dan senantiasa mendapat rahmat Allah ta'ala. Amin.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"

Buka toko satu lagi ;-)

Itu saran dari Pak Haji Alay kemaren, setelah belanja rutin di toko Zona Jilbab yang menurut beliau omsetnya sudah naik luar biasa sekarang ini, geliat lebaran sangat terasa sekali disana.

Saran itu keluar setelah saya sampaikan keputusan apa yang telah diambil dalam rangka bertanggung jawab 100% atas bisnis "Shaakira". Alhamdulillah beliau tidak kaget dan melarang hehe lah yang bakalan ngejalani kan saya ;-)

"Buka toko satu lagi, kata beliau". Saya pun mengiyakan saran itu dan walaupun saat ini tidak terbayang dapat modal darimana ;-), saya langsung menyahut, "InsyaAllah pak Haji, kami hanya ingin mencari lokasi yang prime lagi dan berada di area tempat tinggal kami sehingga mudah melakukan kontrol yang maksimal". Saya yakin toko kedua akan terwujud dan sesuai dengan impian saya dan suami, bahwa toko yang kedua nanti tidak akan menjual jilbab & kerudung lagi sebagai produk utamanya, tapi kami ingin sekali bisa menjual pakaian dalam seperti yang dijalankan oleh Pak Rosihan dan mbak Ines. InsyaAllah produk pakaian dalam tidak mengenal musim dan sepanjang tahun mesti ada kebutuhannya. Sehingga bisa menanggung biaya operasional ketika misalnya nanti outlet Shaakira mengalami masa penurunan omset.

Dalam perjalanan pulang, kami menggodok saran pak haji tersebut di mobil, dan antusias sekali untuk membuat ide itu terwujud. InsyaAllah. Berbagai cara dipikirkan bagaimana caranya agar hal tersebut bisa menjadi kenyataan. Lah siapa ngira coba kami juga bisa "melahirkan" outlet Shaakira dan memiliki impian-2 terhadapnya. Bahkan tidak terbayang dibenak kami saat itu untuk masuk ke bidang garmen.

Sore harinya, Deris, anak Pak Haji Alay pun datang berkunjung ke outlet Shaakira. Alhamdulillah dikunjungi lagi ;-), jadi penambah semangat juang nih. Deris pun agaknya betah di toko, dan melakukan observasi beberapa produk saingannya..he he he..dan menawarkan satu kesempatan lagi..alhamdulillah..insyaAllah akan saya pikirkan tawaran itu baik-2, ya Ris...dan kedepannya saya berharap bisa pesan barang dari Deris tanpa harus datang lagi kesana, tinggal angkat telpon dan barang bisa dibawa sekalian sama Deris dalam perjalanan pulang menuju rumahnya. Amin. Ya satu kemudahan lagi.

Saya pun terus bergerak menuju impian-impian saya...insyaAllah membawa keberkahan bagi orang-orang disekeliling kami. Amin.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst | 0815-86038678

Saturday, August 11, 2007

Bertanggung jawab atas bisnis sendiri

Ya, itu jawabannya! Saya memutuskan untuk memberikan fokus dan usaha 100% atas bisnis saya sendiri dan kemudian pasrah akan hasilnya, karena ada Allah yang lebih tahu mana yang terbaik bagi hambanya.

Harus bikin jadwal harian untuk mengurus keluarga, doing online biz dan manage/control offline biz on daily basis. Rooster harian. Wow, harus itu.

Ini bisnis saya, ini hidup saya, ini pilihan saya. Jadi harus konsiten dong ya menjalaninya, dan tidak ada yang harus disalah-2kan dong, kaya' anak kecil saja ;-). Kalau keputusan sudah diambil, benar, salah, untung, rugi, hasilnya tidak tahu kan, hanya prediksi, harapan, proses berdialog terus dengan Allah karena Dia yang paling tahu dan pastinya tetap semangat, usaha terus dan bertekad baja. Jadikan bisnis ini sebagai ladang amal dan ibadah kita kepada-Nya. InsyaAlllah.

Misi toko "Shaakira" yang sudah dideklarasikan sewaktu sharing di RM Wong Solo adalah:
1. Menjadi trend-setter keperluan muslimah yang up-to-date dan syar-' di Jakarta Selatan
2. Memberikan servis yang terbaik, fokus dan konsisten bagi semua customer
3. Menjadi yang terdepan dalam servis (jam operasi yang berbeda dgn sekitar, pilihan produk yang sesuai dengan target, proaktif menghubungi customer prioritas, dan kenyamanan dan pelayanan selama di toko).

Shaakira bukan bisnis biasa yang pasif dan menunggu calon pelanggan datang. Kami yang akan proaktif menjemput pelanggan, insyaAllah. This is serious business and will exist and be ahead for more than one hundred years ;-)...Amin.

Apakah kamu bersemangat pagi ini? Yaaaaaaaaa....and be positive always.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
YM:dorisnst | 0815-86038678

n

Thursday, August 09, 2007

Serius

Saat ini saya sudah mulai serius memikirkan apa saja yang akan dilakukan ketika mulai mengurusi secara penuh "Shaakira" nanti. Dan apa yang akan dilakukan ketika mulai bekerja dari rumah nanti. Saya tetap tidak mau kehilangan waktu yang sangat berharga bersama keluarga, itu pernyataan dan alasan yang sangat kuat mendominasi pikiran saya saat ini.

Kunci kerja sendiri mengurusi bisnis saya pikir itu ya Disiplin dengan tidak melulu blogwalking, check status YM, chat, kirim-2 email tidak penting dan yang pastinya juga hunting yang gak penting di google he he...dan pastinya disiplin gak istirahat melulu di rumah ;-)

Syukurnya lagi saya sudah mulai mendefinisikan visi, misi, kelebihan dan kelemahan dari "Shaakira". Saya cetak dan tempel di area meja kerja supaya gak lupa bahwa keputusan untuk mandiri dan memikirkan bisnis yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain lah yang akan menemani hari-hari saya nanti dan pastinya tetap menjadi seorang ibu rumah tangga ;-) yang mempunyai banyak waktu untuk keluarga.

Pinginnya sih:
Satu
Punya ruang kerja yang nyaman hehe lengkap dengan segala keperluannya. Ditambah rak buku yang lebih organized dan besar lagi. Amin.

Dua
Optimal dalam mengatur waktu bekerja dirumah dan tetap memprioritaskan keluarga diatas segalanya.

Tiga
Lebih terorganisir, visioner dan terus menerus mengejar dan memperbarui impian setelah tercapai. Keep on moving forward. Keep on writing in this blog and let it become proven, historical experiences in the next 5 years from now.

Empat
Enjoy dengan semuanya dan bersyukur dengan segala kenikmatan ini. Karena dengan memiliki pilihan ini saja saya sudah mulai merasakan kebebasan atas diri sendiri dan keluarga. Saya yakin Allah Maha Tahu dan Maha Pengatur Rejeki, tinggal kita berusaha semaksimal mungkin, berdoa dan berserah diri kepada-Nya (pasrah).

Yang pastinya sih bakalan lebih hemat (bahan bakar, ongkos, makan siang, belanja belinji, dan yang utamanya lagi hemat dari membuang-2 waktu produktif), lebih fokus, lebih seru, lebih menantang, lebih banyak bersyukur, lebih pinter dalam segala hal, seperti masak he he (niat nih mau belajar), ngurus keluarga dan mengelola waktu supaya lebih optimal lagi.

Semuanya hanya karena cinta...karena cinta...pada keluarga.

Hal-hal yang patut disyukuri hari ini:

Suami saya, Yassir, mendukung penuh keinginan istrinya ini dan dia pun sudah mulai
sesuatu yang baru, out-of-the-box dan get really serious on that, dan itu memang sudah menjadi impiannya sejak dulu.

Adiva bermain riang bersama temannya di lapangan tempat pilkada berlangsung. She's happy.
Dan juga karena sekolahnya libur ;-)

Walaupun siang, tepatnya sekitar jam 1 siang, penglaris di toko Shaakira datang juga. Alhamdulillah. Akhir hari ditutup dengan nilai yang lumayan. Transaksi lewat internet juga banyak ada Pekanbaru, Balikpapan dan Sidorajo. Amin..Amin.

Berhasil memenuhi keinginan papa mertua, hanya sedikit bantuan saja ;-) alias menukar uang kecil di kantor he he...

Setelah lama dan sulit untuk fokus menyelesaikan tugas-2 di kantor, kemaren dalam suasana sepi pilkada, ada progress yang menyenangkan di proyek yang harus diselesaikan sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab sebelum bebas.

Masih diberi kesehatan, kemudahan, keberlimpahan dalam kehidupan ini.

Salam,
Doris Nasution

Wednesday, August 08, 2007

Choice to me equates to freedom ;-)

Postingan ini dikutip pada 30 Maret 2007 dan hal ini akan terwujud sebentar lagi :-), tepatnya sebentar lagi..

Sekedar me-refresh kembali tulisan pak Fauzi ini, saya sedang menikmati langkah-2 yang dijabarkan beliau...enjoy...

Dikutip dari blog Fauzi R:
Banyak yang menanyakan kepada saya: Pak bagaimana sih cara nya untuk resign?. Mereka bilang bahwa resign itu sulit dengan berbagai alasan, misalnya: mereka tidak bisa resign karena sungkan dengan atasan, tidak enak dengan rekan kerja, kasihan bawahan, takut dianggap tidak professional, dan sebagainya.

Kebetulan saya sangat berpengalaman melakukan resign. Selama karir saya menjadi karyawan, saya sudah pernah mengajukan resign sebanyak 7 kali. Maklum, saya gampang sekali tertarik offering yang lebih gede. Ya, bahkan saya pernah hanya bekerja selama 2 minggu sudah resign, karena tertarik opportunity baru. Saya juga pernah resign, namun kembali ngelamar ke perusahaan lama, dan masih diterima, eh kemudian saya malah resign lagi. Betul-betul karyawan yg tidak patut dicontoh. Barangkali karena calling nya memang bukan menjadi karyawan.

Hikmah nya adalah, saya jadi punya pengalaman segudang tentang resign yang akan saya share kepada Anda:

1. Tetapkan Keputusan
- Temukan alasan yang tepat untuk resign. Jangan resign hanya karena emosi sesaat. Nanti Anda akan menyesal. Justru resign harus diputuskan dengan “sadar” setelah Anda melakukan pertimbangan matang. Anda harus paham dengan segala konsekuensi setelah resign. Ajak rundingan orang-orang terdekat Anda, tapi ingat, Andalah yang harus membuat keputusan.
- Berdoalah. Mohonlah kepada Tuhan bahwa jika keputusan resign yang Anda ambil ini membawa kebaikan kepada diri Anda dan keluarga Anda, maka Anda akan dimudahkan dalam prosesnya.
- Jadilah orang yang decisive, jangan indecisive. Tidak ada tempat di dunia ini bagi Hamlet si peragu. Timbang sana-timbang sini, sampai akhirnya tidak pernah membuat keputusan. Guyon dari kami yang gampang resign adalah: Kalau kebanyakan mikir malah gak resign-resign. Kalau udah kadung resign nanti juga terpaksa mikir. Hehehe …
- Jika Anda sudah menikah, sepakati bersama dengan Istri/Suami keputusan ini dengan segala konsekuensi nya. Jika Istri/Suami Anda yang akan resign, tolong didukung. Beri kepercayaan 100% bahwa ini adalah keputusan terbaik. Dan yg penting jangan saling menyalahkan di kemudian hari. Jika Suami/Istri Anda tidak mendukung, beri pengertian. Kerahkan ilmu rayuan. Kalau gak bisa ngerayu kirim email ke saya, nanti saya kasih tau caranya.

2. Sampaikan Secara Verbal
- Setelah Anda mantap dengan keputusan Anda. Sampaikan niat Anda secara lisan kepada kolega dan atasan. Hindari rumor yang tidak perlu. Maka sebaiknya Anda menyatakan dengan lisan kepada atasan ataupun kolega, kapan Anda akan resign. Jika atasan menolak, sampaikan argumen Anda dan sampaikan bahwa keputusan Anda sudah bulat. Jangan terlihat ragu-ragu dan goyah lagi. Sekali lagi ingat, keputusan di tangan Anda.
- Sampaikan juga secara lisan kepada anggota keluarga terdekat. Terutama Ibu. Seorang Ibu secara naluriah tidak ingin anaknya sengsara. Mereka ingin kita mapan. Beri pengertian dengan baik. Jika Ibu Anda kurang percaya, gunakan orang ketiga yg beliau segani.Dulu saya pertama kali resign, minta tolong Kakak sulung saya bantuin ngomong. Resign-resign berikutnya sih Ibu saya sudah biasa.
- Gunakan kesempatan menyampaikan secara lisan ini untuk mohon doa restu pada orang tua, mertua, kakak2 dsb. Semoga langkah resign kita membawa kepada kebaikan.

3. Sampaikan Secara Resmi
- Setelah masa penyampaian lisan lewat, saatnya membuktikan keseriusan dengan mengajukan secara resmi lewat surat. Ikuti prosedur resign sesuai ketentuan perusahaan. Kalau ada ketentuan “one month notice“, patuhi.
- Susun surat dengan baik dan sopan. Tunjukkan apresiasi kepada perusahaan lama Anda. Jangan bertele-tele, sampaikan dengan lugas. Ucapkan Bismillah saat menandatangani nya. Dan setelah itu, point of no return.
- Biasanya di fase ini atasan Anda akan men-challenge lagi. Sekali lagi tunjukkan keputusan Anda sudah bulat. Pernah, waktu resign surat saya malah disobek2 atasan saya supaya tidak jadi diajukan ke SDM. Ya saya print lagi, dan ajukan lagi, sampai beliau terpaksa menerima.

4. Hormati Tawaran Balik
- Jika Anda karyawan yang dianggap baik, hampir pasti ada offering yang akan diajukan kepada Anda. Dalam hal ini, kembali ke point satu. Apa alasan Anda untuk resign? Kalau sekedar memperoleh kenaikan gaji, Anda layak mempertimbangkan offering tadi. Tapi jika niatnya adalah ber-hijrah menjadi pengusaha, offering apapun tidak akan sepadan.
- Jika offering nya demikian menggiurkan, sementara Anda sudah pengen sekali jadi pengusaha, ingat baik2 cerita ini:
Jeff Bezos sebelum mendirikan Amazon.com adalah eksekutif DE Shaw dengan gaji sekitar $80,000 per bulan. Ya, per bulan, saya tidak salah ketik. Dan ketika resign, owner DE Shaw sempat menawarkan kenaikan dan posisi nomor satu di DE Shaw. Tapi Jeff Bezos bulat dengan keputusannya. Yang dikatakan Jeff Bezos adalah: “Nanti jika sudah berumur 80 tahun, saya tidak akan ingat berapa gaji saya di DE Shaw tahun 1994, tapi saya pasti ingat dan menyesal kalau tidak terjun ke bisnis internet.”
- Apapun keputusan Anda, berikan tanggapan dengan hormat atas offering tadi.

5. Lakukan Serah Terima
- Lakukan serah terima pekerjaan dengan baik. Jika masih ada pekerjaan Anda yang masih pending, segera tuntaskan sebelum hari terakhir Anda. Serah terimakan kunci, laptop kantor, dsb dengan berita acara. Dikemudian hari ini terkadang menimbulkan masalah yg tidak perlu.
- Sebaiknya Anda membuat memo serah terima sekalipun tidak diminta. Sampaikan dalam memo tadi status terakhir pekerjaan Anda, poin-poin yang masih harus dilakukan setelah Anda pergi, lokasi file, dsb. Anda tidak ingin kan, disuruh balik-balik ke kantor lama lagi setelah Anda resign?
- Bawa pulang barang2 pribadi Anda, hapus berkas-berkas Anda di komputer, dan minta Admin sistem menghapus user Anda di jaringan.

6. Pamit Dengan Baik-Baik
- Hari terakhir Anda bekerja, datanglah lebih pagi. Gunakan kemeja terbaik Anda. Ini hari besar Anda. Anda harus pamit dengan optimisme memancar dari wajah Anda.
- Pamitlah secara face to face, terutama ke tim Anda, atasan Anda, kolega yang selama ini mendukung Anda, termasuk rekan kantor yg pernah memusuhi Anda. Tatap mata mereka, salam dengan hangat, dan ucapkan pamit dengan baik. Anda boleh terharu, tapi jangan cengeng berlebihan. Jika ada teman Anda yg kelihatan pengen nangis tepuk bahu mereka, katakan bahwa mereka akan baik-baik saja. Pamitlah dengan dignity.
- Jangan lupa pamit lewat email untuk rekan dan kolega yang tidak bisa Anda salamin satu persatu. Sampaikan juga email pemberitahuan bahwa Anda sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut kepada customers dan partners Anda, silaturahmi harus tetap dijaga.

7. Rayakan Kemerdekaan Anda!
- Thats it! Anda sudah resign. Melangkahlah keluar dari perusahaan Anda dengan tegak. Hirup napas dalam-dalam, nikmati segarnya napas kemerdekaan. You are free now. No more absen, dikejar2 bikin laporan atau meeting di perusaan itu. Jutaan orang ingin melakukan seperti yg Anda lakukan tapi tidak berani. And you just did it! Congratulation!
- Rayakan dengan keluarga/ teman. Biasanya teman kerja yg lama minta makan2. Layani. Memang pantas di rayakan. Kalau budget Anda terbatas ya beliin aja Pizza.

Demikian catatan saya tentang cara mudah untuk resign. Apakah Anda juga sedang ingin resign? Selamat mencoba 7 langkah diatas!

No point of return

Itu kata-2 yang sangat dalam dan bermakna dalam memaknai keputusan yang sudah diambil. Alhamdulillah hati ini semakin mantap saja dan pasrah saja kepada-Nya.

Tak sekedar gaya-2an, ikut-2 an atau terpancing emosi di milis, InsyaAllah. Bahkan hal ini benar-2 dipikirkan masak2 dan akan dipenuhi dengan tanggung jawab dan komitmen penuh.

So, I'll do whatever I like to do and to have options is truly freedom.

Alhamdulillah.

Salam,
Doris Nasution

Tuesday, August 07, 2007

Berkumpulnya Peritel Busana Muslim TDA

Gambar atas : Business owners hand-in-hand berkomitmen menebar Rahmat kepada sesama
Gambar bawah : Itu Doris sedang cerita2 "Mimpi", "jatuh dan kebangkitannya", mencita-2kan IMPIANnya

Dalam tulisan kali ini saya ingin merangkum semua hal yang berhasil saya dapatkan pada acara hari Minggu yang lalu di RM Wong Solo, Rawamangun (05/08/2007).

Dari sharing di forum dan hasil berdiskusi santai, saya ada mencatat beberapa hal untuk menghadapi lebaran tahun ini.

Satu
Manajemen stok yang harus ditambah dengan formula 4-20x dari stok di bulan biasa. Jika barangnya fast moving, bisa disiapkan bahkan hingga 20 kodi stok untuk barang tersebut.
Ambil semua warna dan ukuran, siapkan hanger dan optimalkan space display, gantungan baju di toko. Ini sudah disiapkan 1.5-2 bulan sebelum lebaran. dan berarti perlu penambahan modal yang cukup besar, bisa-bisa 4-6 x modal barang di bulan biasa..he he..saya pun masih bingung nih untuk mencari dana tambahan temporer untuk persiapan menyambut lebaran ini.

Dua
FOKUS kepada produk-2 untuk lebaran saja. Dan simpan/gudangkan item-2 yang tidak relevan dengan season tsbt. Lebih baik, jika diadakan barang-2 seperti berikut dengan sengaja misalnya sarung, sajadah, baju anak, gamis, batik dll.

Tiga
Kesalahan biasanya sering terjadi di area kasir, seperti misalnya salah entry harga dan entry jumlah. Siasati kelemahan-2 ini misalnya dengan membuat 2 orang kasir dan computerized kalau bisa. Kalau masih manual, siapkan kalkulator cadangan dan mungkin salah satu kasir bertugas sebagai checkernya. Siapkan stok uang receh yang memadai.

Empat
Selama masa lebaran, promo yang bisa diadakan adalah Hadiah Langsung dan mungkin saja Voucher Diskon yang bisa digunakan setelah Lebaran. Saat ini sebaiknya menyediakan voucher diskon dan membagikan brosur edisi lebaran.

Lima
Jika outletnya kecil, mungkin bisa dibatasi jumlah orang yang masuk ke outlet untuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan kepada customer. Juga agar kontrol kita terhadap tingkah laku konsumen menjadi lebih baik.

Enam
Kalau ada dana lebih, usahakan untuk mengubah cara pajang rak, manekin dan lain-2.

Tujuh
Biasanya 60% transaksi dalam setahun dihasilkan oleh season lebaran ini. Usahakan persiapan yang mantap, matang dan fokus agar tidak kehilangan momen yang hanya datang setahun sekali ini. Kalau pak Rosihan bilang, sekarang ini saatnya untuk bekerja "keras".

Nah baru ingat poin-2 nya seperti diatas dulu ya. Kalau ada lagi, nanti saya postingkan lagi.


Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
YM:dorisnst | 0815-86038678

Monday, August 06, 2007

Laporan Workshop Ritel Busana Siap Tempur Lebaran 2007

Hmm, judul diatas benar-2 menggelitik dan membuat saya semakin penasaran apa yang akan dibahas di acara yang digawangi oleh TDA Resources untuk yang kesekian kalinya ini. Alhamdulillah Yassir, suami saya pun berhasil saya bujuk untuk ikutan mempersiapkan toko kami "Shaakira" dan menyambut gegap gempita suasana Lebaran di tahun ini.

Sekitar jam 10 pg, saya ditelpon oleh Pak Rosihan, dan dipandu untuk menyiapkan hal-2 apa yang ingin disharing disana nanti, karena yang diharapkan sharing ada beberapa orang, maka diatur supaya hal yang disharing tidak overlapping. Saya kebagian sharing tentang cara-2 membuka toko ;-), maklum anak baru nih, baru buka toko selama 3 bulan he he, masih lucu-2nya dan sangat menggemaskan. Pak Faif kebagian cerita tentang membesarkan toko, Pak Ryad kebagian share tentang menduplikasikan toko dalam waktu singkat, Pak Try kebagian cerita tentang bisnis selain busana muslim dan musim-2 panennya, Pak Yanto ditodong untuk sharing design produk yang menyisir pasar anak-2 remaja, Pak Hadi kuntoro kebagian sharing tentang menjadi seorang distributor produk dan yang terakhir pak Rosihan kebagian sharing menduplikasikan jaringan bisnis di kota yang berlainan.

Mantap sekali pembagiannya ya. Saya pun kagum dengan cara pengaturan seperti itu dan langsung menyiapkan hal-2 yang diperlukan sambil menunggu Adiva berenang di Citos pada minggu pagi yang terik banget kemaren :-) itu.

Alhamdulillah jadi juga beberapa lembar slide sekalian membulatkan lagi Visi, Misi, Kelebihan2, Kekurangan2, bagaimana caranya toko Shaakira dibuka dan apa-2 saja yang dibutuhkan waktu mau membuka toko 3-4 bulan yang lalu.

Ini adalah presentasi perdana tentang Shaakira didepan sahabat-2 TDA. Jadi agak-2 gimana ya, gugup sih tidak karena sudah saya anggap sebagai keluarga besar sendiri semuanya yang hadir, tapi ada perasaan kuatir yang saya akan share nanti benar-2 ilmu dasarnya saja he he he, karena memang jam terbang saya yang masih terbatas dan mungkin saja tidak ada hal2 yang baru untuk teman-2 semuanya yang mendengarkan.

Tapi mbak Ines bilang "hal yang kecil dan mudah menurut kita belum tentu dianggap seperti itu oleh orang lain". Mak nyoooos. KE-PD-an ku mulai muncul. Iya ya kenapa harus malu dianggap dangkal, cetek dan lain sebagainya itu. Just tell as it is and flow elegantly. Taela bener gak sih nulisnya he he he.

Syukurnya karena sharing urutan pertama, jadi walaupun agak-2 biasa saja sharenya masih bisa dimaklumi :-)

Selesai sudah share pertama tentang shaakira ini dan mudah-2an bisa bermanfaat bagi teman-2 yang hadir ya.

Saya masih ingin menulis kompilasi dari sharingannya Pak Rosihan yang sangat mantap dan lengkap. Tapi sumbernya belum dapet nih. Sabar ya. Saya pasti cerita kok disini. Supaya kalau lupa nanti bisa lebih mudah lagi cari-2, cuma buka blog saja, semua sudah terdokumentasikan dengan baik.

Saatnya Bekerja Keras !! slogan pak Rosihan, yang saya akuri juga.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
YM:dorisnst | 0815-86038678

Friday, August 03, 2007

Pajak Reklame Shaakira : Sudah Resmi nih

Liku-likunya perjalanan menjadi seorang enterpreneur setapak-demi-setapak telah saya lewati. Hari ini, pembelajaran baru lagi mengenai urusan pajak reklame. Dan alhamdulillah selalu dimudahkan jalannya, seperti yang terus kuucapkan dalam hati kecil ini "Mudahkanlah Ya Allah segala usaha ini.". Setelah bertanya ke milis tersayang, TDA, tentang pajak reklame dan mendapatkan respon baik melalui email dan telpon, ditambah dengan hasil search pdf tentang ketentuan pajak reklame, saya dan Yassir pun akhirnya melangkahkan kaki ke kantor yang mengirimkan Surat Peringatan kepada toko kami.

Daripada ilegal lebih baik patuh saja terhadap aturan, pikir saya. Yang penting jelas dan terpusat pelaksanaannya. Setelah mendapatkan penjelasan detil tentang jumlah yang harus dibayar setiap tahunnya untuk reklame nama toko Shaakira akhirnya diputuskan untuk membayar jumlah tersebut demi membangun image name Shaakira di mata customer kami. Memang ada cost yang harus ditanggung tapi itu sangat kecil sekali jika dihitung perhari hanya sekitar 2.700 rupiah saja.

Pasti penasaran kan dengan hitung-2annya. Berikut sedikit gambarannya ya:

Komponen Pembayaran
Ukuran reklame : 3 x 1
Jenis reklame : papan
Masa pajang reklame : 1 tahun (366 hari-thn ini)
Tarif untuk lokasi jalan : Gol 2 @ Rp. 3.000/hari
Pengali Pajak Reklame (PPP) : 25%

Pajak yang harus dibayar
PPP x [ukuran x Masa Pajang x Tarif]
25% x [ 3 x 1 x 366 x 3000] = 823.500,-

Biaya-2
Bongkar reklame (yang bisa dikembalikan) Rp. 15.000,-
Denda karena reklame sudah terpasang (2%) Rp. 16.500,-
Administrasi (????) Rp. 100.000,- ...he he ini apa ya? (with funny face expression)

Total Pajak Reklame/Tahun Rp. 955.000,-

Berat memang ya, karena langsung dibayar per tahun. Sayangnya opsi pembayaran bulanan tidak ada. Jadi unsur kepatuhan mau tidak mau harus dijunjung tinggi. Mentang-2 pegawai bank ya "compliance" itu nomer 1 he he he.

Ohya semua biaya diatas dapat dibayar/dilunasi dalam waktu 1 bulan setelah diproses. Misalnya hari ini semua formulir dan bukti-2 seperti foto reklame di toko, ktp dan npwp sudah diserahkan maka langsung di proses dan keluar resit buktinya yang berlaku selama 1 bulan. Saya pun memutuskan untuk melunasinya bulan depan saja ;-), alhamdulillah ada saja kemudahan yang diberikan Allah SWT.

Mudah-mudahan gambaran diatas bermanfaat ya untuk semua pembaca setia yang juga sedang menjalani usaha seperti saya. Dan bersiap-2 jika menerima Surat Peringatan agar membayar pajak reklame tokonya ;-)

Salam,
Doris Nasution | 0815-860 38 678
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta-Selatan

Pembenahan Sistem Administrasi "Shaakira"

Alhamdulillah, outlet Jilbab saya yang pertama ini sudah memasuki bulan yang ke-4. Kekurangan - kekurangan yang bisa dirubah pun sudah mulai bisa di identifikasi dan akan dicari cara untuk menutupi kekurangan tsbt.

Kekuatiran bahwa transaksi di bulan Juli yang lalu pun alhamdulillah tidak terwujud, memang tidak sesuai target yang telah ditetapkan, tapi omset terlihat malah naik jika dibandingkan bulan sebelumnya ;-). Tercatat terjual sebanyak 488 buah jilbab/kerudung, 136 blus/koko/setelan dan 2 buah mukena. Terlihat sekali kalau mukena belum banyak yag terjual ya ;-) dan senangnya lagi semua itu hanya offline saja. Sedangkan yang online belum sempat saya compile datanya.

Nah sekarang ini mulai saatnya kuartal penentuan, menang kalah atau seri. Dan terus terang saja ini adalah pengalaman yang pertama. Alhamdulillah, TDA Resources sangat tanggap dengan diadakannya Workshop Ritel Busana Siap Tempur Lebaran 2007. Dari temanya saja sudah jelas, workshop ini bakalan seru banget dan mengupas detil dari pelaku ritel dari yang baru mulai hingga yang sudah melewati beberapa kali lebaran. Acara akan dilaksanakan hari Minggu, 5 Agustus 2007 dari jam 14.30. InsyaAllah akan saya sharing hasil workshopnya di blog ini ya. Sehingga teman-2 pembaca setia yang tidak sempat hadir bisa juga mengambil sedikit intisari dari apa yang dishare disana nanti.

Materi workshop kurang lebih sbb:
- Sharing kondisi toko masing-2, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ada sekitar 15-25 orang yang akan share. Ini sangat bagus sekali, karena kalau untuk mengunjungi satu persatu toko TDAers saya rasa waktunya tidak ada apalagi untuk yang amphibi seperti saya he he he. Karena diharapkan masing-2 nanti yang share akan menyiapkan foto-2 tokonya di kondisi yang paling update.
- Diskusi masalah kulakan dan polanya dikala mendekati lebaran
- Diskusi masalah manajemen stok, interior, eksterior, display barang.
- Eksplorasi ide-2 efektifitas promo, pemberian voucher, hadiah, diskon, dll untuk meningkatkan kunjungan pelanggan. Sekaligus mencari cara-cara baru.
- Sharing berapa Target Anda vs Jumlah Stok Anda vs Luas Toko vs Jumlah Karyawan Anda.
- Materi lainnya akan dibahas oleh Tim Pengundang.

Karena sudah masuk bulan ke-4, saya anggap Shaakira sudah melewati masa percobaan, masa perkenalan dan masa toleransi tingkat tinggi. Dalam pembagian gaji kali ini, seperti biasa sesi ngobrol, curhat dan penyampaian visi toko Shaakira pun saya gambarkan kepada 2 orang karyawan toko saya. Alhamdulillah mereka bisa mengerti dan mau membantu saya memperbaiki kelemahan dan kekurangan saya yang tidak bisa 100% memikirkan Shaakira saja.
Kalau di 3 bulan pertama, saya memberlakukan sistem komisi untuk setiap item yang dijual di toko. Maka memasuki bulan ke-4 ini, saya sudah mulai menetapkan target bulanan yang harus dicapai dan reward apa yang akan mereka dapatkan. Saya pun mulai tegas dengan memasukkan komponen pengurangan gaji jika mereka terlambat datang. Dan menegaskan kembali fungsi dari masing-2 karyawan, yaitu sebagai kasir (kadang-2 merangkap marketing juga) dan marketing. Jadi mulai memberlakukan zero tolerance nih. Harus tegas dann berorientasi pengembangan bisnis ke depan.

Mohon doanya ya agar pembenahan-2 yang perlahan-lahan mulai dilakukan ini akan terus bergulir dan sejalan dengan FOKUS nya saya ketika memilih bisnis ini sebagai pilihan saya. Dan karenanya saya ingin melihatnya berkembang terus dan terus dan berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk melihatnya berhasil. Saya pun telah memutuskan untuk full time mengurus bisnis ini dan tidak lagi sambilan. InsyaAllah.

Salam,
Doris Nasution
Owner, outlet jilbab & kerudung pilihan "Shaakira"
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst | dorisnst@yahoo.com | 0815-860 38 678