Pages

Saturday, April 07, 2007

Ask The Circle : Respon TDA

Alhamdulillah beberapa sahabat TDA sudah menjawab pertanyaan mendasar yang saya tanyakan lewat email, dan bahkan langsung saya praktekkan. Ini dalam rangka tidak berlama-lama dalam kebingungan rencana saya untuk buka toko busana muslim di area tebet barat ;-)

InsyaAllah dalam tulisan kali ini saya ingin sharing apa jawaban mereka para senior yang dah lebih dulu terjun mengelola toko busana muslim.

Respon Pak Fuad Mutfie (Toko Addina)
Bu Doris, Alhamdulillah kami sehat dan saya masih inget sama ibu koq,
saya kan juga sering blog walking ke blog Ibu :-)
Tapi saya coba jawab di bawah ya Bu, semoga bisa sedikit membantu
mencerahkan :-)

> Kalau dulu gimana sih pak proses buka tokonya?
Dulu saya juga nekat bu, begitu ada keputusan pingin buka usaha jualan jilbab, langsung hunting lokasi. Begitu dapat langsung nego dg pemilik. Setelah deal. langsung cari suplier : Rabbani di agennya (Raihan), Permata di Eramas2000, swarna -> SMS-an dg pemiliknya dibandung, dan ke Tanah abang / ps tasik.

> Dan diisi dengan apa untuk launching pertamanya?
PErtama launcing paling banyak diisi rabbani dan permata. Sisanya nambah2 dikit2 kalau kira2 ada yg nanyain dan ada yg butuh.

> Terus aku perhatikan, bapak menjual produk-2 yang sudah ada brandnya seperti rabbani, permata, swarna dll..bagaimana proses menjadi agennya dan apakah ada jumlah minimum belanjanya?
untuk mjd agen tinggal hubungi pemilik atau agennya nanti kita akan dibimbing. Untuk target bulanan, dari agen memang menargetkan penjualan perbulannya :
rabbani - 3 jt (karena posisi kami sbg sub agen), Peramata - cuma belanja pertama harus min 2 jt, swarna - minimal 1 kodi. Tapi dalam prakteknya asal kita belanja tiap bulannya kita tetap
dianggap sbg agen / subagen

> Siapa yang membantu layout design kiosnya?
Lay out design, kami putuskan bersama, saya, istri dan tukang bangunan. Konsepnya ngikutin toko2 yg lain aja. Nggak pakai designer khusus, asal jalan aja Bu.

> Dimana sih beli rak-2nya dan manekinnya?
Rak / manekin saya beli di Ps Pagi Mg Dua. Tapi kami dpt harga kemahalan dan ketemu penjual yg murah di Blok A tanah abang (kl nggak salah di Lantai LG)

> Bagaimana promosi 2-3 bulan pertamanya?
Promosi pertama kami cuma lewat mulut ke mulut, nitip jual ke adik, beritahu tetangga, dan banyak sedekah + doa. Kami mencoba bikin brosur tapi sampai 6 bulan jalan nggak jadi2. Belum
PD kata istri saya. tapi alhamdulillah bisa jalan lancar sampai 6 bln ini.


Respon Pak Hadi Kuntoro & Pak Yoyox (Al-Mahsyur Distro)

Mbak DOris, sekali lagi selamat atas take actionnya yang hebat menyewa toko untuk busana muslim..!! langsung saja saya jawab ya..

>Kalau dulu gimana sih proses buka tokonya?
(Proses buka tokonya panjang ceritanaya, dan ini bisa anda baca di blog saya awal April or Juni2006)

>Dan diisi dengan apa untuk launching pertamanya?
(Diisi dengan dagangan dari hasil tabungan dan utang cukup benyak)\

>Kalau diperhatikan, bapak2 menjual produk-2 yang sudah ada brandnya seperti rabbani, permata, danish dll..bagaimana proses menjadi agennya dan apakah ada jumlah minimum belanjanya?
(Proses menjadi agennya tinggal datangi informasi yang didapatakn di majalah ummi,paras dsb, entar telpon2 saja ke nomor telepon yang pasti tercantum disitu, setelah itu tinggal samperin deh...)

>Siapa yang membantu layout design kiosnya?
(Kami dibantu seorang mahasiswa dari Jogja, dan anda bisa minta bantuan ke suami anda, atau rekan suami anda yang banyak yang di desain tuch..., tapi menurut saya gampang kok, tinggal anda main ke mall saja, nanti lihat toko mana yang paling menarik, nanti tinggal anda catat2 apa yang ada disitu, semisal lampu,posisi,rak2, gantungan2 baju, menekin dll...

>Dimana sih beli rak-2nya dan manekinnya?
(Rak bisa bikin sendiri, atau beli yang sudah jadi juga bisa, nanti anda bisa lihat di klender, misalnya disana banyak2 yang bekas siap angkut dan dipakai, untuk manekin anda bisa beli di itc cempaka mas lantai 2, disana ada toko sarang hanger, atau anda bisa beli di dekat pintu masuk metro tanah abang)

>Bagaimana promosi 2-3 bulan pertamanya?
(Promosi saja dengan brosur2 dibagikan ke lingkungan perumahan sekitar dulu saja..jangan lupa sering2 ikut2i bazar kalau di kampung2 sendiri,sebelah,kantor,millis dll ngadain bazar)

Hadi KUntoro

NB:
Sore kemaren, langsung saya beli majalah Ummi dan menelepon beberapa dealer untuk area tebet barat, alhamdulillah sudah 'terang" sekali semuanya tentang Rabbani, Permata, Swarna dan SIK Clothing. InsyaAllah hari ini mau melihat toko-2 sejenis di area sekitar dan melihat butik terkenal Sh*** dan juga Bursa Sa***, mudah-2an ada yang bisa di ATM kan di toko saya nanti. Amin.

No comments: