Pages

Sunday, May 13, 2007

Database Pelanggan Outlet Shaakira

Tak terasa hari sabtu kemaren, outlet jilbab dan kerudung kami yang pertama, Shaakira sudah berjalan tepat selama 2 minggu. Alhamdulillah setiap harinya ada saja rezeki yang mengalir melalui toko kami ini. Dengan sistem yang masih sangat sederhana dan pendekatan personal kepada pelanggan dengan menuliskan nama mereka di bon penjualan membuat kami mempunyai kesempatan untuk menghubungi kembali mereka via sms/telpon apabila ada barang-2 baru yang datang di toko kami ini.

Kami memang sudah memulai membuat database pelanggan sederhana, bukan dengan software yang canggih, tapi hanya berbekalkan buku bon penjualan kami pindahkan ke Microsoft Excel :-) saja dulu. Dan saya masih berperan sangat dominan untuk menghubungi pelanggan satu persatu untuk datang kembali ke toko jika pesanan Manet atau Jilbab Permata nya sudah tersedia di toko ataupun jika pesanan warna jilbab yang mereka minta sudah saya dapatkan.

Singkat cerita ada seorang ibu muda yang beberapa hari lalu datang belanja ke toko bersama ibunya dan belanja langsung 4 buah jilbab. Ketika membayar, dengan inisiatifnya sendiri dia berkata kepada Nigrum, pegawai toko kami, "mbak ini no hp saya, tolong dihubungi jika ada barang baru, saya mencari jilbab permata type 6 dengan manik sederhana". Selang 2 hari barang itu sudah ada di toko, ada seorang teman yang mampir ke kios dan mengantarkan jilbab-2 yang cantik dan jelita dengan harga jual yang bisa dibilang cukup mahal karena memang target market yang dibidik adalah dari kalangan A dan B. Tapi ketika melihat produknya saya yakin bisa terjual di outlet kami apalagi sistemnya sangat ringan dan membantu sekali kami yang baru mulai ini. Nah ibu mudah ini datang setelah saya sms dan memborong langsung barang yang saya maksud 3 buah jilbab type 6 dengan manik batu jepang yang sangat ekslusif dan nyaman dipakainya...Harga yang tercantum tidak dilirik sama sekali, dan karena sang suami tercinta dan anaknya merengek mau buru-2 pulang, sang ibu muda bilang "Mbak, sebenernya saya masih betah belanja disini...semuanya bagus-2, besok saya datang lagi ya sama ummi...dan tolong jilbab yang ini dipisahkan ya"...sambil tangannya memasukkan jilbab cantik itu ke laci kasir..heheh..lucu sekali ya tingkah laku pelanggan-2...Amin ya Rabb, terima kasih...bisikku dalam hati ketika mendengar cerita itu dari Ningrum.

Ada juga pengalaman yang unik terjadi, seorang ibu belanja sebuah jilbab dan memisahkan 2 buah barang lainnya; blus manet dan jilbab permata type 7. Katanya, "mbak saya belum punya uang sekarang, tapi saya mau mencicil kedua barang itu, mohon dipisahkan ya mbak. Saya akan ambil barang-2 itu jika sudah lunas mencicilnya, boleh kan mbak?"...hmm aneh, pikirku...kreatif sekali caranya...dan otentik..karena baru kali ini aku dengar dan alami sendiri heheh...tentu saja ditolak dengan halus oleh Ningrum.

Alhamdulillah walaupun kemaren, orderan via online sepi, dan saya hanya mengirimkan barang-2 pesanan hari sebelumnya, ke balikpapan dan yogya, outlet kami bisa menghasilkan kurang sedikit lagi dari bep harian :-), terima kasih Ya Allah, banyak sekali nikmat dan rizki yang mengalir lewat toko ini. Tak lupa untuk selalu bersyukur dan menyisihkan sekian persen dari pendapatan kios kami untuk disedekahkan dan terus berusaha untuk memperbaiki kios dan sistem kontrolnya. Malam ini pun, akhirnya kami membeli sebuah wifone yang paket basic untuk keperluan kios. Alhamdulillah lagi karena dengan adanya telpon portable itu akan mudah bagi pelanggan untuk sms dan untuk pegawaiku menginformasikan produk pesanan/barang baru sudah ada. Setiap hari harus selalu ada improvement dan terus melangkah menuju mimpi besarku...ayo segeralah BERTINDAK...dan terus melangkah setapak-demi-setapak dan yakinlah Allah akan selalu bersama orang yang mau berusaha.

Langkah selanjutnya adalah:
1. Menyuntik modal setiap bulannya dari TDB minimal x juta untuk menambah varian barang.
2. Menyiapkan sistem membership kios
3. Menyiapkan peluang usaha bagi yang berminat menjadi sub agen Jilbab Permata, Rabbani, Azka dan mungkin juga Manet.
4. Menyiapkan brosur dan pin promosi..untuk menggempur area Tebet..hehe..kesannya gerilya sekali ya...ini untuk mempercepat pengenalan kios kami ini.
5. Ikutan Tebet Fair yang akan berlangsung bulan Juni ini..ada yang mau ikutan juga..mari kita barengan..yok...

No comments: