Pages

Sunday, May 06, 2007

Jaga Toko Shaakira Seharian, Banyak Sekali Pelajaran Yang Didapat

Yah hari ini tiba-2 karyawanku, Nigrum, tidak masuk karena orang tuanya sakit..hmm..hari ini saya mesti belajar menjaga toko sendirian. Akhirnya toko buka jam 11 siang heheh...sudah kesiangan sekali ya, bisa-2 rejekinya dipatok ayam, kata mama ku kalau kami anak-2 gadisnya dulu bangun kesiangan :-)

Ya rutinitas toko setiap pagi harus dilakukan nih, nyapu, ngepel, ngelap kaca dan membereskan kembali jilbab dan kerudungan yang semalam tidak sempat dibereskan, karena ada seorang customer yang ngobrol denganku hingga jam 8.30...syukurnya dia belanja satu blus manet :-), alhamdulillah jadi obrolan kami pun berlangsung hangat seoah sudah kenal lama saja.

Dari obrolan semalam, ada satu aha lagi yang berhubungan dengan outlet Shaakira. Singkat cerita ibu ini selalu pergi ke butik busana muslim yang terkenal di Jl. Cikajang, Kebayoran - Baru untuk melakukan penataan kerudung sebelum beliau pergi ke pesta pernikahan atau acara resmi lainnya dengan biaya untuk penataan Rp. 50.000,- wuah mahal sekali yah padahal modal fisiknya cuma jarum pentul doang katanya. Hmm, tersenyum aku mendengarnya yang ibu bayar itu kan jasa dan kreatifitas orang yang menata kerudung ibu supaya ibu kelihatan jauuuuh lebih cantik lagi dengan menggunakan kerudung. Ya hampir mirip-2 seni lah, pikirku.

Ibu itu yang rumah tinggalnya dekat dengan outlet bilang, mba terima saja ya disini jasa seperti itu, kan saya tidak usah jauh dan mungkin harganya bisa lebih murah daripada di butik itu kan katanya...Saya pun berujar "kami juga masih belajar bu"...sambil menunjukkan 2 buah buku panduan untuk membuat kerudung cantik yang saya taro dikios (Ratih Sang dan Inneke K) yang saya pesankan ke karyawan untuk menata manekin kepala mencontoh dari model-2 di buku tsbt. Alhamdulillah trik itu manjur yah, hari ini 3 orang ibu meminta saya mengajarkan menata kerudung seperti contoh yang di manekin katanya...nah looh..itu bukan saya yang buat bu, itu karya karyawan saya, buru-2 saya koreksi anggapan mereka sambil berkata dalam hati, wah besok pagi harus juga baca langsung nih buku-2 panduan tstb sehingga kalau gak ada karyawan saya masih bisa tetap mendemokan cara-2 membuat kerudung cantik :-)

Banner Shaakira juga sudah naik kemaren malam, alhamdulillah bagus. Mudah-2an besok dan seterusnya banyak terjadi lonjakan transaksi ya. Amin. Saya selalu memvisualisasikannya setiap selesai bangun pagi. Kemaren pula, Nigrum karyawan kami gajian, karena dia minta dibayar setiap minggu saja sama seperti cara yang digunakan oleh toko-2 di Tanah Abang/Mangga Dua katanya...bersyukur sekali karena gaji nya minggu ini bisa diambil dari rekening "Margin" yang alhamdulillah sudah terisi setiap harinya. Komisi atas penjualan setiap barang juga lumayan dia dapatkan, sebelum gajian, saya siapkan satu lembar evaluasi Kelebihan, Kelemahan dan Harapan-2 Perbaikan apa yang saya lihat, pantau selama satu minggu ini. Saya biarkan kertas itu dibaca sampai selesai baru saya jelaskan maksud dan tujuan saya melakukan hal tersebut. Tadinya saya pikir kalau Ningrum tidak bisa dibentuk dengan memberikan evaluasi tsbt maka saya harus siap dia tidak mau lagi bekerja dengan toko Shaakira. Ternyata kekuatiran saya tidak terbukti sama sekali, dia bahkan menjadi lebih semangat mengasah kelebihan-2 yang dimilikinya (menawarkan produk, mencocokkan warna kerudung yang dicari dan menulis nota lebih rapih lagi), alhamdulillah, terima kasih Ya Allah, dalam hatiku berharap semoga dia mau maju bersama toko kami ini dan tetap menjaga amanah yang kami berikan.

Shaakira dengan pintu kaca dan banner per hari Minggu, 06-05-2007

No comments: