Pages

Tuesday, May 08, 2007

Shaakira capai penjualan tertinggi

Alhamdulillah di hari ke-10 ini outlet Jilbab dan Kerudung Shaakira capai penjualan sesuai itung-2an BEP dan margin yang layak (saya sendiri bingung dimana ya coret-2an itungan saya itu)..heheh...tapi seinget saya jika setiap hari transaksi di toko kami ini minimal Rp. xxx.xxx rb/hari dan konsisten seperti itu setiap harinya maka cicilan utang ke bank, biaya operasional dan margin yang didapat cukup bisa membuat saya tersenyum dan semakin yakin bahwa langkah menjadi full TDA di akhir tahun ini akan segera terwujud.

Tidak bermaksud riya karena ini semua adalah rizki dan nikmat-Nya, outlet kami berhasil mencapai target itu, walaupun penyumbang terbesar bukan jilbab dan kerudung, tapi malahan mukena lukis dan sarung tangan sholat lukis :-) dan itupun juga didominasi oleh pencapaian melalui penjualan online :-). Bagaimanapun caranya kami sangat-2 bersyukur atas nikmat ini. Amin.

Sepintas saya pantau, penjualan Permata Tipe 1, 3, 4 dan 6 sangat tinggi di outlet Shaakira.
Itu membuat saya harus sering-2 belanja ke outlet Jilbab Permata dan ternyata untuk tipe 7 yang bermotif kurang disuakai target market saya di tebet ini.

Ada lagi pengalaman yang saya alami sewaktu menunggui kios sepulang kantor dan membuat saya kemudian menyimpulkan, bahwa saya tidak usah menunggui outlet jika pegawai saya ada di sana. Alasannya begini:

Pertama
Pembeli tahu saya pemilik outlet ini (entah bagaimana caranya saya tidak tahu, mungkin asumsi mereka saja ya), dan mereka langsung menawar barang-2 kepada saya dan agak maksa kalau menurut saya. Padahal di outlet sudah harga pas dan saya usahakan masih harga promosi sehingga masih lebih murah dari toko-2 sejenis di pasar tebet barat misalnya. Tapi memang wanita ya tidak puas dan merasa menang jika tidak menawar. Jadi tadi malem, agak sedikit capek juga menahan untuk konsisten bahwa barang-2 saya tidak bisa ditawar...akhirnya saya mengalah dan memberikan potongan 10% bagi seorang pelanggan yang sangat tangguh menawarnya :-). Kalau pegawai saya tidak akan memberikan potongan seribu rupiah pun karena dia tahu bakalan kena tegur jika hal itu terjadi tanpa pengawasan saya atau mama yang sesekali kontrol ke outlet.

Kedua
Pembeli malahan ingin titip jual barang-2 mereka di outlet saya ini..hehe..saya pusing juga. Tidak saya tolak tapi saya sebutkan saya akan menyeleksi ketat produk apa yang bisa di titip jual di outlet Shaakira ini. Selain karena alasan kami belum punya rak stok (saat ini stok yang ada kami sembunyikan di balik display baju-2 hehe) dan masalah keamanan yang harus diperketat lagi jika semakin banyak barang. Padahal saat ini pegawai outlet baru satu orang saja.

Ini hari terakhir saya menunggui outlet, saya hanya akan mampir kesana sepulang kantor untuk kontrol dan kemudian pulang ke rumah untuk istirahat, sholat magrib dan makan. Baru kemudian jam 7 malam berangkat lagi untuk menutup outlet.

Perjalanan ini sungguh terasa menggembirakan, dan saya sebenernya juga pingin menghadiri pembukaan outlet Rabbani yang ke-5 milik pak Hadi Kuntoro dan Mas Yoyok di Wonosobo tanggal 20 Mei 2007 nanti. Ada yang mau barengan...kita observasi dan studi banding disana...yok...yok..jalan...

Salam,
Doris Nasution

No comments: