Pages

Friday, May 25, 2007

Urgent! Cash Register & Aplikasi Inventory di Toko Shaakira :-)

Keinginan untuk memiliki sistem kontrol inventory dan cash register di toko Shaakira bukannya tanpa alasan :-) dan untuk gaya-gayaan. Dalam 28 hari ini, toko Shaakira sudah berjalan dan saya sudah mulai bisa membaca kebiasaan beberapa pelanggan setia di toko kami ini. Alasan utama diperlukannya sistem kontrol dengan menggunakan software (yang setelah dipelajari mungkin akan mulai dengan software Omset dari rulisoft) ini sebenernya untuk membuat standar kode produk-2 kami yang dari hari ke hari semakin bertambah banyak, dan untuk kemudahan traking atau perhitungan ulang stok barang yang lebih akurat lagi. Tapi yang paling membuat saya merasakan tingkat urgent yang sangat tinggi sebenarnya adalah kebiasaan calon pembeli yang ngotot tawar menawar harga di tempat kami padahal sudah disebutkan berulang kali bahwa produk-2 kami ini dijual dengan harga pas.

Pengalaman kemaren yang diceritakan ulang oleh pegawai saya, Ningrum, memang membuat saya semakin gemas saja dan akhirnya nyerah ya memang begitu tipikal calon pembeli kami yang dominan seorang wanita/ibu-2 :-). Singkat cerita, ada seorang ibu yang belanja satu buah blus muslimah dan jilbab manik kupu-2 dengan harga Rp. 118 rb. Menurut pengakuannya dia sudah belanja tiga kali ke toko kami ini dan tidak pernah mendapatkan potongan harga sama sekali. Ceritanya kali ini dia nuntut untuk mendapatkan potongan harga dan meletakkan selembar uang Rp. 100 rb. Ningrum langsung menjelaskan dan menolak uang tsbt bahwa harganya tidak bisa kurang lagi. Adu argumen terjadi dan ditutup dengan pemaksaan sang ibu yang membayar Rp. 110 rb untuk kedua barang tsbt. Akhirnya ibu tsbt menang dan bisa mendapatkan potongan harga 8 rb rupiah :-((

Saya yang menerima laporan tersebut gemas sekali dengan calon pembeli seperti itu dan berusaha mencari jalan agar hal-2 seperti ini tidak lagi terjadi di toko kami. Saya tidak menyalahkan siapa pun karena hal-2 seperti itu pernah juga saya alami sendiri ketika menjaga toko Shaakira pada hari Senin, 21-05-7 yang lalu. Dengan sikap tegas dan konsisten tidak ada seorang pun calon pembeli yang saya beri pengurangan harga tapi sebaliknya saya bahkan menawarkan hadiah gratis bros cantik yang sudah saya siapkan untuk pembelian minimal Rp. 100 rb dan berlaku kelipatan...Alhamdulillah tidak terjadi adu argumen, ngotot-2 an pada hari itu.

InsyaAllah, pada hari minggu ini akan mulai dipasang sebuah pc dengan software Omset. Data entry akan dikebut pada hari Sabtunya...apakah sehari bisa selesai inventory stok semuanya...saya tidak tahu..tapi itu tujuan saya dan ini sifatnya adalah urgent dan high priority :-)...dengan adanya software dan pencatatan komputerisasi, argumentasi dan tawar menawar dari calon pembeli bisa ditekan, cukup dengan mengatakan "Wah, maaf bu, harganya sudah ada di komputer!", argumentasi pun bisa dipatahkan dengan mudah...dan keakuratan jumlah barang yang bisa ditraking pun akan semakin presisi.

No comments: