Pages

Thursday, June 28, 2007

Tutup buku bulan kedua usaha "Shaakira"

Alhamdulillah. Akhirnya usaha Jilbab dan Kerudung Shaakira hari ini telah memasuki bulan ketiga. Aku pun sibuk membuat catatan keuangan untuk bulan sebelumnya. Ibarat baby, saat ini Shaakira masih sangat manja dan memerlukan perhatian khusus supaya kekebalan tubuhnya terbentuk menjadi kuat :-).

Seperti yang pernah saya sharing sebelumnya, target yang ingin dicapai di bulan kedua memang merupakan courageous leap yang sedikit memacu adrenalin saya dan karyawan di toko. Memang tidak saya sharing ke mereka target bulan ini adalah Rp. X. Tapi setiap hari dalam surat cinta saya untuk karyawan toko selalu saya sebutkan bahwa saya rindu untuk mendapatkan omset sekian x. Yang alhamdulillah belum dikabulkan Allah untuk terwujud dibulan kedua ini :-)

Ya karyawan tetap karyawan (hehe kaya' yang nulis bukan saja ya). Maksud saya mindset di level karyawan memang dipenuhi dengan perhitungan berdasarkan rasa takut dan kelihatannya tidak berdasarkan visi dan keyakinan. Sewaktu saya sebutkan angka x, mereka berdua langsung merespon dengan "ah ibu, itu targetnya ketinggian sih...jadinya ya gak bisa tercapai."
Saya tersenyum saja dan jawaban saya cukup "Kita minta saja jumlah itu kepada Allah dan berusaha yang terbaik, insyaAllah saya yakin bisa koq." Tinggal menunggu waktunya saja. Kalau menurut-Nya kita sanggup tentu akan dikabulkan. Iya kan. Yakin saja.

Kenaikan >120% dari omset bulan pertama merupakan prestasi atas kenekatan untuk membuka usaha ini..hmm bahagia sekali memandangi nilai tersebut. Walaupun nilai nominal yang tersisa di rekening HPP dan MGN sudah tidak seindah di worksheet excel. Karena setiap ada dana sekecil apapun langsung saya belanjakan lagi. Sehingga uang tersebut sudah terkonversi menjadi stok barang. Ini untuk mencicil demand puasa dan lebaran yang sebentar lagi tiba.

InsyaAllah saya pun kemudian membuat mimpi target pencapaian Shaakira dibulan yang ketiga ini. Ada beberapa target yang utamanya fokus kepada pelayanan kepada pelanggan dan pembentukan sistem melalui administrasi yang lebih baik. Agak jauh melompat dari omset bulan kedua, sekitar 210%. Anggap saja sebagai tantangan yang baru lagi. Saya yakin bisa terwujud dengan keberanian, percaya dan actions. Tentu saja saya pun berharap target di bulan ketiga ini bahkan bisa tercapai dengan lebih cepat lagi.

Beberapa mimpi saya dibulan ketiga ini adalah:

Satu
Memiliki omset sekian y dibandingkan dari bulan kedua. Maaf belum bisa di sharing sedetil-2nya yaaaaa.

Dua
Memiliki profit sekian z jika dibandingkan dari bulan kedua

Tiga
Disiplin memisahkan dompet zakat dan sedekah setiap harinya. Maklum saat ini masih belum terpisahkan dan tercatat keluar masuknya dengan rapih.

Empat
Mengirimkan SMS Rutin ke database pelanggan setiap minggunya.

Lima
Membuat spanduk lagi untuk ditaruh di pintu samping.

Enam
Buat nota dengan nama toko dan cetak kartu nama bisnis.

Tujuh
Mulai menambahkan item baru yaitu aksesories keperluan muslimah secara baik displaynya.
Ya saya mau mulai belanja bros, jepit, kalung, gelang dll dan memajang barang-2 tsbt di rak jaring-2 supaya terpusat dan lebih rapih dipajangnya.

Delapan
Memasang PC , Printer , Accounting Software nya.

Sembilan
Mulai bergerilya untuk promosi.

Ohiya, ada satu hal yang ingin saya sharing juga. Bahwa usaha ini ujung tombaknya adalah karyawan yang menjaga setiap hari di toko. Menciptakan kepuasan "pelanggan internal" kita ini jugalah yang akan membawa bisnis ini maju dan berkembang dengan pesat bahkan mungkin tanpa harus keterlibatan kita setiap harinya nanti. Pintar-2 menjaga kepuasan mereka dan berikan mereka pujian jika memang berprestasi dan jangan segan-2 juga untuk menegur mereka jika salah. Dengarkan dan telaah masukan-masukan mereka untuk bisnis kita. Dan terutama cukupkan kebutuhan mereka melalui pembayaran gaji, komisi yang baik. InsyaAllah, usaha ini akan semakin berkah karena semakin banyak yang turut mendoakan dan turut bersyukur atas setiap rupiah yang berhasil didapatkan setiap harinya. Saya pun selalu belajar "mendengarkan" karyawan setiap harinya dan berusaha menjadi seorang leader yang baik karena untuk masuk ke level business owner, leadership itu sangat penting. Jangan anggap saya sudah mahir dalam hal ini ya, saya sendiri sedang belajar dengan menjadi murid kepada TDAers yang lainnya dan berharap mungkin saja ada yang bisa menemukan manfaat dari hasil belajar saya melalui blog ini.

Mari kita semua menghargai karyawan-karyawan di toko kita dan bukankah kita yang saat ini amfibi juga mengharapkan penghargaan yang sama dari perusahaan tempat kita bekerja atas prestasi kita (tapi itu dulu :-) hehe, karena saat ini saya mulai kehilangan fokus untuk berprestasi di kantor hehe, tapi itu semua adalah pilihan nyata saya dan saya bersyukur saya memilih untuk menjadi amfibi dulu sebelum saatnya full menjadi seorang TDA...amin ya Allah)

Salam,
Doris Nasution
Business Owner of Shaakira
Toko Jilbab dan Kerudung Pilihan
YM:dorisnst

No comments: