Pages

Tuesday, July 31, 2007

BUSINESS LOVES SPEED

Sudah lama sebenarnya saya ingin sharing tentang hal ini sebagai bagian dari penyeleksian suplier Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan, Shaakira yang saya lakukan saat ini.

Begini ceritanya, saya mempunyai 2 orang supplier untuk produk yang sama. Dimana yang satunya adalah resmi dan menjadi wajib saya untuk berbelanja di sana dan saya namakan supplier si SANTAI yang satunya lagi menjadi opsi cadangan jika stok barang ditempat wajib tidak tersedia dan saya namakan supplier PROAKTIF.

Pada suatu pagi di hari kamis 26/7, tepat Jam 10:01 pg saya layangkan sms ke SANTAI tentang daftar pesanan saya yang baru beserta jumlah dan warna untuk masing-2 jenis kerudung. Sengaja saya menunggu sekitar 10 menit baru saya layangkan sms ke si PROAKTIF, tepatnya jam 10:12 pg.

Tepat dugaan saya si SANTAI tidak merespon apapun juga dan malahan respon instant saya dapatkan dari si PROAKTIF yang menyatakan hampir semua pesanan saya tersedia dan akan segera dihitung untuk memastikan total yang harus dibayar oleh saya nantinya. Setelah melakukan koordinasi tidak sampai sore, saya pun sudah melakukan pembayaran melalu Mandiri kepada si PROAKTIF yang biasanya barang akan saya terima pada keesokan harinya, karena setelah pembayaran, barang akan langsung di pack dan dikirim.

Hari ini, 30/7 si SANTAI menelpon dan menyatakan total nota dari pesanan saya jumlahnya sekian, bagaimana? Bagaimana, tanya saya dalam hati? Lah barang dari PROAKTIF sudah terpajang dan terjual dalam waktu 3 hari ini dan anda baru menanyakan ke saya apakah barang pesanan saya itu jadi diambil. Hmm...is that the correct way in running business nowadays?..Hey, somebody tell me how to stop criticizing your service, kata saya dalam hati ngedumel he he he..sabar..sabar..sabar :-) dan saya pun merespon dengan baik, ya sudah dari AKTIF pun saya memutuskan untuk mengambil sedikit persediaan, ya hanya sedikit. Karena ia terlambat sekali dan tidak menyadari bahwa kecepatan dalam berbisnis adalah syarat mutlak yang tidak bisa ditawar lagi. Apalagi dalam moment seperti sekarang ini.

Hal ini pun menjadi cermin bagi servis yang diberikan di Outlet Shaakira. Jika barang pesanan tersedia, segera kami akan menginformasikan kepada pemesan melalui sms/telepon. Kami berusaha untuk menunaikan janji dan bersikap proaktif menawarkan solusi bagi kebutuhan customer, apalagi yang repeat customer. Setiap barang baru hasil kulakan datang, saya langsung mengirimkan sms ke list customer prioritas outlet kami ini dan memberikan kepada mereka kesempatan yang pertama untuk belanja barang-2 baru...dan mereka pun akhirnya merasa menjadi Priority Customer di outlet kami. Akhirnya setelah itu, referral customer akan terbentuk, entah itu ibunya, kakaknya, saudaranya, temannya dll.

1 comment:

Anonymous said...

Betul banget bisnis membutuhkan kecepatan, kecepatan itu ada apabila kita serius menjalaskan bisnis tersebut tidak sebagai sampingan (seperti kata Pak Roni Yuzirman).
Salam Sukses,
Eko.