Pages

Sunday, July 08, 2007

Mulai Bisnis online dengan Mudah melalui media Blog

Pembaca setia blog ini, saya hanya ingin berbagi tentang apa yang telah saya lewati selama berbisnis menggunakan media Blog sebelum akhirnya mendirikan toko offline Shaakira...Semoga bermanfaat ya dan saya harapkan ada yang langsung action saat ini juga untuk mulai bisnisnya di dunia maya tanpa perlu embel-2 harus pinter bahasa pemprograman html, bukan orang IT dan lain sebagainya.

Berikut penuturan saya di milis tercinta BIB (BundaInBiz)
Alhamdulillah saya memang sudah merasakan hasilnya berjualan online.
Walaupun hanya menggunakan media blog yang gratisan :-) tapi jangan kira sudah seperti mbak Novi ya dengan jilbab jelitanya ya he he...

Setahun yang lalu saya mempunya pandangan bahwa kalau bisnis sehingga terlihat profesional harus membeli domain sendiri dan hosting di server USA misalnya :-) dan saya pun akhirnya membeli satu domain khusus untuk suami tersayang (www.art4yourhome. com), karena pada saat itu dia masih tidak support habis-2an keinginan istrinya memiliki penghasilan melalui internet. Promosi melalui networking TDA bahkan hingga masuk ke suatu majalah bisnis juga tidak berhasil manambah keyakinan saya bahwa jualan di internet itu bisa berhasil. Karena hasilnya lukisan yang dijual tidak laku ha ha ha, mungkin ini sih karena emang lukisannya yang tidak sell-able kali ;-) he he.

Ya akhirnya, domainnya expire dan saya pun memutuskan untuk tidak memperpanjang biaya yang harus saya tanggung setiap bulannya untuk sewa space hosting di salah sastu providernya.

Dan dimulailah bab baru, berjualan dengan menggunakan blog :-).
SubhanaAllah malahan melalui blog biaya operasional membayar tagihan SPEEDY setiap bulannya tertutup. Lucu dan takjub. Order pun semakin meluas tanpa perlu embel-2 mempelajari SEO (Search Engine Optimization) dan mengaplikasikannya di blog. Walaupun sebenarnya sbg org IT saya paham sedikit-2 ttg SEO itu :-)

Kuncinya rajin-2 update blog dan sisipkan kata kunci yang kita sasar di setiap postingan kita minimal 3-5 kata kunci. Misalnya saya menyasar kata "baju muslim grosir", di setiap postingan saya usahakan memasukkan kata-kata tersebut. InsyaAllah walaupun hasilnya tidak dalam semalam terbukti, saya sudah juga merasakan orderan dari Papua, Timika logh...he..he. .Alhamdulillah.

Lakukan saja sesederhana mungkin untuk diawal, pilih produk-2 yang berbeda sesuai dengan market yang kita target, usahakan foto yang bagus (ini pun aku belum sekali loh bunda...), promosikan melalui milis yang kita aktif didalamnya, dan yang terakhir konsisten dengan niche yang kita inginkan.

Dengan blog, tidak perlu risau tentang html, coding, dan SEO. Cukup tiga langkah saja, voila, akhirnya blog jualan kita sudah jadi dan silahkan baca helpnya untuk mencoba memasukkan gambar produk, membuat link html dan membuat menu navigasi dengan lebih menarik lagi.

Untuk saat ini ukuran profesionalitas saya agak menurun kualitasnya he he...bukan dengan domain keren berektensi dot com, dot net dan lain sebagainya...tapi dengan subdomain blogspot yang free pun bisnis online saya sudah memberikan kontribusi yang lumayan nilainya. Deliverance produk kepada user adalah kunci profesional yang saya anut. Kejujuran adalah kunci landasan bisnis online kita mampu bertahan dan InsyaAllah bisa membuat bisnis online ini ekspansi dan exist di kemudian hari nanti.

So, why not start up online biz trough blogspot? Iya kan :-)
Untuk start awal dan gak usah mumet dengan html script...hehe..ini pandangan pribadi saya loh ya, jangan pula percaya sama saya sebelum membuktikannya sendiri.

Salam,
Doris Nasution
YM: dorisnst | HP:0815-86038678
Blog: <http://dorisnasutio n.blogspot. com>
Bisnis: <http://mukenalukis. blogspot. com>, <http://shaakira- outlet-jilbab. blogspot. com> dan <http://grosir- baju-muslim. blogspot. com>

No comments: