Pages

Tuesday, August 07, 2007

Berkumpulnya Peritel Busana Muslim TDA

Gambar atas : Business owners hand-in-hand berkomitmen menebar Rahmat kepada sesama
Gambar bawah : Itu Doris sedang cerita2 "Mimpi", "jatuh dan kebangkitannya", mencita-2kan IMPIANnya

Dalam tulisan kali ini saya ingin merangkum semua hal yang berhasil saya dapatkan pada acara hari Minggu yang lalu di RM Wong Solo, Rawamangun (05/08/2007).

Dari sharing di forum dan hasil berdiskusi santai, saya ada mencatat beberapa hal untuk menghadapi lebaran tahun ini.

Satu
Manajemen stok yang harus ditambah dengan formula 4-20x dari stok di bulan biasa. Jika barangnya fast moving, bisa disiapkan bahkan hingga 20 kodi stok untuk barang tersebut.
Ambil semua warna dan ukuran, siapkan hanger dan optimalkan space display, gantungan baju di toko. Ini sudah disiapkan 1.5-2 bulan sebelum lebaran. dan berarti perlu penambahan modal yang cukup besar, bisa-bisa 4-6 x modal barang di bulan biasa..he he..saya pun masih bingung nih untuk mencari dana tambahan temporer untuk persiapan menyambut lebaran ini.

Dua
FOKUS kepada produk-2 untuk lebaran saja. Dan simpan/gudangkan item-2 yang tidak relevan dengan season tsbt. Lebih baik, jika diadakan barang-2 seperti berikut dengan sengaja misalnya sarung, sajadah, baju anak, gamis, batik dll.

Tiga
Kesalahan biasanya sering terjadi di area kasir, seperti misalnya salah entry harga dan entry jumlah. Siasati kelemahan-2 ini misalnya dengan membuat 2 orang kasir dan computerized kalau bisa. Kalau masih manual, siapkan kalkulator cadangan dan mungkin salah satu kasir bertugas sebagai checkernya. Siapkan stok uang receh yang memadai.

Empat
Selama masa lebaran, promo yang bisa diadakan adalah Hadiah Langsung dan mungkin saja Voucher Diskon yang bisa digunakan setelah Lebaran. Saat ini sebaiknya menyediakan voucher diskon dan membagikan brosur edisi lebaran.

Lima
Jika outletnya kecil, mungkin bisa dibatasi jumlah orang yang masuk ke outlet untuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan kepada customer. Juga agar kontrol kita terhadap tingkah laku konsumen menjadi lebih baik.

Enam
Kalau ada dana lebih, usahakan untuk mengubah cara pajang rak, manekin dan lain-2.

Tujuh
Biasanya 60% transaksi dalam setahun dihasilkan oleh season lebaran ini. Usahakan persiapan yang mantap, matang dan fokus agar tidak kehilangan momen yang hanya datang setahun sekali ini. Kalau pak Rosihan bilang, sekarang ini saatnya untuk bekerja "keras".

Nah baru ingat poin-2 nya seperti diatas dulu ya. Kalau ada lagi, nanti saya postingkan lagi.


Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
YM:dorisnst | 0815-86038678

No comments: