Pages

Friday, August 03, 2007

Pembenahan Sistem Administrasi "Shaakira"

Alhamdulillah, outlet Jilbab saya yang pertama ini sudah memasuki bulan yang ke-4. Kekurangan - kekurangan yang bisa dirubah pun sudah mulai bisa di identifikasi dan akan dicari cara untuk menutupi kekurangan tsbt.

Kekuatiran bahwa transaksi di bulan Juli yang lalu pun alhamdulillah tidak terwujud, memang tidak sesuai target yang telah ditetapkan, tapi omset terlihat malah naik jika dibandingkan bulan sebelumnya ;-). Tercatat terjual sebanyak 488 buah jilbab/kerudung, 136 blus/koko/setelan dan 2 buah mukena. Terlihat sekali kalau mukena belum banyak yag terjual ya ;-) dan senangnya lagi semua itu hanya offline saja. Sedangkan yang online belum sempat saya compile datanya.

Nah sekarang ini mulai saatnya kuartal penentuan, menang kalah atau seri. Dan terus terang saja ini adalah pengalaman yang pertama. Alhamdulillah, TDA Resources sangat tanggap dengan diadakannya Workshop Ritel Busana Siap Tempur Lebaran 2007. Dari temanya saja sudah jelas, workshop ini bakalan seru banget dan mengupas detil dari pelaku ritel dari yang baru mulai hingga yang sudah melewati beberapa kali lebaran. Acara akan dilaksanakan hari Minggu, 5 Agustus 2007 dari jam 14.30. InsyaAllah akan saya sharing hasil workshopnya di blog ini ya. Sehingga teman-2 pembaca setia yang tidak sempat hadir bisa juga mengambil sedikit intisari dari apa yang dishare disana nanti.

Materi workshop kurang lebih sbb:
- Sharing kondisi toko masing-2, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ada sekitar 15-25 orang yang akan share. Ini sangat bagus sekali, karena kalau untuk mengunjungi satu persatu toko TDAers saya rasa waktunya tidak ada apalagi untuk yang amphibi seperti saya he he he. Karena diharapkan masing-2 nanti yang share akan menyiapkan foto-2 tokonya di kondisi yang paling update.
- Diskusi masalah kulakan dan polanya dikala mendekati lebaran
- Diskusi masalah manajemen stok, interior, eksterior, display barang.
- Eksplorasi ide-2 efektifitas promo, pemberian voucher, hadiah, diskon, dll untuk meningkatkan kunjungan pelanggan. Sekaligus mencari cara-cara baru.
- Sharing berapa Target Anda vs Jumlah Stok Anda vs Luas Toko vs Jumlah Karyawan Anda.
- Materi lainnya akan dibahas oleh Tim Pengundang.

Karena sudah masuk bulan ke-4, saya anggap Shaakira sudah melewati masa percobaan, masa perkenalan dan masa toleransi tingkat tinggi. Dalam pembagian gaji kali ini, seperti biasa sesi ngobrol, curhat dan penyampaian visi toko Shaakira pun saya gambarkan kepada 2 orang karyawan toko saya. Alhamdulillah mereka bisa mengerti dan mau membantu saya memperbaiki kelemahan dan kekurangan saya yang tidak bisa 100% memikirkan Shaakira saja.
Kalau di 3 bulan pertama, saya memberlakukan sistem komisi untuk setiap item yang dijual di toko. Maka memasuki bulan ke-4 ini, saya sudah mulai menetapkan target bulanan yang harus dicapai dan reward apa yang akan mereka dapatkan. Saya pun mulai tegas dengan memasukkan komponen pengurangan gaji jika mereka terlambat datang. Dan menegaskan kembali fungsi dari masing-2 karyawan, yaitu sebagai kasir (kadang-2 merangkap marketing juga) dan marketing. Jadi mulai memberlakukan zero tolerance nih. Harus tegas dann berorientasi pengembangan bisnis ke depan.

Mohon doanya ya agar pembenahan-2 yang perlahan-lahan mulai dilakukan ini akan terus bergulir dan sejalan dengan FOKUS nya saya ketika memilih bisnis ini sebagai pilihan saya. Dan karenanya saya ingin melihatnya berkembang terus dan terus dan berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk melihatnya berhasil. Saya pun telah memutuskan untuk full time mengurus bisnis ini dan tidak lagi sambilan. InsyaAllah.

Salam,
Doris Nasution
Owner, outlet jilbab & kerudung pilihan "Shaakira"
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst | dorisnst@yahoo.com | 0815-860 38 678

No comments: