Pages

Monday, September 10, 2007

Avoid Over promise vs Product Delivery

Wuah, wuah dari judulnya yang sok kebule-2 an itu saya alami juga saat ini ;-)
Alhamdulillah, saya berusaha mengedepankan kejujuran kondisi outlet Shaakira apa adanya. Tidak berlebih-2 dari kesanggupan stok kami saat ini.

Masa injury time, begitu bunyi sms mbak Ami dari Wonosobo. Sehingga barang-2 yang diperlukan untuk menyambut lebaran tahun ini sudah mulai sulit untuk diperoleh. Produksi masih dikebut, seberapa pun dilempar ke pasar, pasti terserap.

Khusus untuk produk Azka sulam tangan, di toko pun permintaan akan Sarimbit Keluarga lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Saya bingung karena saya tidak berani berjanji kapan produk lengkapnya datang ke toko. Karena saat ini barang-2 yang dikirimkan oleh supplier saya pun tidak lengkap dan apa adanya saja. Kadang yang datang hanya blus dan setelan anaknya saja, pernah juga hanya koko bapaknya saja. Dan itu terus seperti itu yang terjadi.

Kehilangan kesempatan dong yah menjual yang sarimbit keluarga? Hmm kelihatannya iya, tapi saya tidak kuatir sama sekali, karena reseller online pun masih mau bekerja sama dan menyerap produk apa saja yang tersedia. Saya memberikan solusi kepada mereka untuk melengkapi sendiri koleksi Sarimbitnya karena terus terang saat ini jika kita menunggu hingga lengkap bakalan tidak kebagian apa-apa. Dan karena resellernya juga untuk dijual lagi jadi mereka pun setuju dengan solusi itu. Alhamdulillah.

Dengan lembut dan rendah hati saya katakan kepada pelanggan setia yang langsung menelpon dari Madura, Balikpapan dan Kaltim sebaik saya informasikan bahwa katalog Azka sudah saya upload sekarang via sms . Dan saya pun terus terang menyampaikan kondisinya. Karena saya tidak ingin terjadi hal-hal seperti tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan padahal sudah mengatakan bersedia untuk menyediakan barang sesuai gambar di katalog. Yah istilah kerennya menang di janji doang tapi deliverancenya nol besar.

Gawat! Hal itu harus dihindari daripada berbuntut larinya customer setia kita. Padahal kita ingin sinergi ini berjalan panjang dan kalau bisa hingga menjalin ukhuwah silaturahmi diantara kita. Amin.

Kejujuran, Komitmen, dan berusaha melayani customer dengan baik mungkin itu kunci dari bisnis yang barokah. Ah ini hanya coretan seorang pemula yang sedang belajar berbisnis dan mohon maaf jika mungkin terlalu "biasa" bagi pembacanya hehe ;-)

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst| HP: 0815-86038678

No comments: