Pages

Thursday, September 06, 2007

Semangat untuk terus Berjalan

Hari ini saya memutuskan untuk brainstorming karyawan di toko dan menjelaskan target yang ingin dicapai oleh outlet Shaakira di bulan September ini. Saya menyatakan target omset harian sekian juta rupiah. Apakah bisa tercapai?, tanya saya.

Mereka berdua meringis dan terlihat tidak PeDe dengan target saya. Menurut mereka outlet Shaakira di awal bulan ini malahan sepi dan mereka kuatir ini bahkan akan terjadi hingga akhir bulan. Terus saya dengarkan apa yang mereka sampaikan, insyaAllah dengan hati dan pikiran yang positif untuk segera membenarkan pikiran-2 dan kesimpulan karyawan saya ini.

Saya pun menyampaikan keyakinan saya bahwa kita bisa memenangkan pertempuran dibulan ini, insyaAllah. Dan saya minta kita membayangkan saja jika outlet kita dibulan ini mencapai omset minimal 3x nya dari bulan biasa. Saya minta mereka bengong membayangkan keramaian yang akan terjadi di toko dan betapa mudahnya diatur semua customer yang datang. Kepuasan akan bonus hari raya juga saya selipkan disana. Saya pun melihat senyum mengembang di muka olif dan nur.

Kita pasti bisa, bagaimana caranya supaya kita bisa meningkatkan omset penjualan sesuai target, tanya saya lagi? Sekarang keduanya saya ajak berfikir dan kritis. Hal yang pertama mereka sampaikan adalah "Lengkapi barangnya bu..sering customer melihat katalog manet atau Jilbab Permata dan minta diambilkan yang sesuai ukurannya, tapi kita tidak punya barangnya. Walaupun kita bilang bisa dipesan, kebanyakan mereka tidak mau menunggu 1 atau 2 hari untuk datang kembali ke toko." Hmm, good..kata saya, itu benar, memang keterbatasan outlet kami adalah di kelengkapan stok barang. Akur. Terus, tanya saya lagi. Tambah size XXL bu bahkan lebih, karena ternyata mayoritas pelanggan yang datang adalah ibu-2 yang sudah cukup berumur dan berbadan besar..hehe..ini dia yang saya agak kesulitan. Karena supplier saya seperti Manet dan Mirzani, kebanyakan hanya punya ukuran XL sebagai ukuran yang paling besarnya. Ini berarti saya harus hunting lagi supplier dan mencoba membina hubungan yang baik dengan mereka, sehingga bisa mendapatkan kemudahan retur misalnya.

Dan beberapa member loyal di outlet Shaakira, sering meminta Kartu Member, mereka ingin mendapatkan special treatment, dan mengharapkan ada program-2 kejutan di outlet kami. Klaimnya sudah sering belanja dalam jumlah banyak, masa sih tidak pernah mendapatkan diskon. Kalau hadiah bosan ah, kata mereka.

Semua masukan dari karyawan diatas benar-2 membuka pikiran saya untuk merespon dengan cepat dan mengambil action apa yang harus dilakukan agar hal-hal tersebut bisa dihilangkan sehingga omset yang ingin diharapkan tercapai dengan mudahnya.

Salah satu action saya adalah langsung menelepon owner nya Manet, Ibu Ely dan menyampaikan keinginan outlet kami agar disupport dengan baik. Dan langsung disambut dengan hangat sekali oleh beliau. Kemudian saya pun telpon ibu Ami, sebagai salah satu supplier andalan kami dari Wonosobo untuk minta supportnya juga. InsyaAllah hari ini usaha saya untuk melengkapi stok barang akan segera dimulai. Mirzani dan Azka pun alhamdulillah saya selalu mendapat support yang excellent dari supplier saya (si pasangan tangguh :-) dari Rumus)

To do list saya pada hari ini pun panjaaaaaang sekali hehe, syukurnya Adiva berada disekolah hingga siang hari, mesti ekskul dulu hari ini. Saya akan usahakan untuk menyelesaikan semau todo list sebelum saatnya dia pulang sekolah. InsyaAllah.

Ohya, Dannis booming! Hal yang jarang sekali terjadi di outlet kami. Yang sebenarnya tidak fokus untuk menyediakan baju muslim anak-2. Karena itulah stoknya pun terbatas. Alhamdulillah dengan keterbatasan stok yang ada (24 pc), sudah banyak yang laku dan ada beberapa list pesanan dari pelanggan.

Mukena lukis KALIMAH juga melesat ;-), alhamdulillah. Bahkan kemaren ada seorang calon mitra yang datang ingin bertemu dan meminta untuk dibuatkan sampel cover Al-quran dengan hiasan lukis seperti yang diaplikasikan diatas mukena, sarung tangan sholat dan sarung handphone yang saat ini dimiliki. Mau dikirim ke suatu negara di Timur Tengah, katanya. Amin ya Rabb, insyaAllah jika memang Engkau izinkan, terbuka saja jalan dan peluang yang terpampang didepan mata. Mudah-mudahan hari ini dia mengirimkan sample covernya yang ingin dibuat. Sehingga saya bisa langsung mengirimkan barang itu ke workshopnya KALIMAH.

Sungguh saya sangat menikmati prosesnya mengurusi bisnis sendiri. Alhamdulillah, sangat indah. Dan terus saya berjalan penuh semangat dan harapan bahwa usaha ini akan terus membesar dan menggurita dan yang paling utama adalah agar usaha ini bisa membuat kami yang terlibat dialamnya senantiasa bersyukur atas nikmat-Nya selama ini. Terus maju untuk berbuat kebajikan yang Dia sukai, Dia ridhai dan Dia rahmati. Amin.

Mama pun hari ini terlihat gembira sekali karena satu hal yang telah saya sampaikan kepadanya 2 hari yang lalu akhirnya menjawab doa-doa yang terucap di dalam sholatnya setiap hari. InsyaAllah hari ini kami pun akan berjalan untuk melunasi syarat minimal untuk mendapatkan nomor kursi di SISKOHAT. Tak percaya saya dengan segala kemudahan ini, teringat di bulan April yang lalu ketika membuka rekening beliau, saya bertekad untuk menyisihkan setiap hari sekian ribu rupiah dari rekening outlet Shaakira dan menurut perhitungan matematika saya jika konsisten, hal itu akan terwujud di tahun depan. Tapi Allah Maha Kaya, Dia menjawab semuanya bahkan melalui rizki yang tidak kami sangka-2, dan hari ini hal itu akan terwujud bahkan tidak mesti menunggu hingga tahun depan. Amin.

Saya pun semakin bersemangat menikmati perjalanan Shaakira dan berharap agar usaha ini memberikan barokah bagi kami semua.

No comments: