Pages

Saturday, October 27, 2007

Kehilangan SDM setelah Lebaran

Yah akhirnya Shaakira pun merasakan masalah yang terjadi jika kehilangan SDM yang sangat menguasai produk dan berfungsi sebagai penjual, tepatnya 2 hari yang lalu. Saya pun bersikap biasa saja dan menyelesaikan semua kewajiban yang harus diterima oleh Nur dengan baik...gaji dan bonus penjualannya di bulan Okt ini sudah saya serahkan.

Alhamdulillah, saya merasakan hal ini sebagai dasar untuk segera mendapatkan penggantinya yang lebih baik lagi dan sudah seharusnya membuat SOP yang jelas dan mudah dimengerti oleh setiap karyawan yang baru nanti.

Olif dengan cepat berfungsi dual, sebagai kasir dan sebagai penjual ;-). Alhamdulillah. Dan saya pun berusaha untuk hadir di toko dengan porsi yang lebih banyak. Supaya hal ini tidak menjadi masalah yang besar bagi Shaakira.

Toko tetap konsisten dibuka jam 8 pagi hingga jam 7 malam. Alhamdulillah, setiap hari ada transaksi yang lumayan walaupun belum belanja stok yang baru, saya akhirnya sudah mengeluarkan beberapa model Jilbab Zoya model terbaru yang saya simpan sebelum lebaran tiba. Memang dengan maksud untuk memberikan penyegaran di toko setelah lebaran. Lumayan berhasil menyegarkan. Jika ada langganan yang datang, langsung saya arahkan ke produk yang baru tersebut.

Dalam 2 hari ini, saya melihat yang datang ke toko kebanyakan langganan tetap...dan saya pun sambil menggali kemauan mereka jika membership toko di adakan nanti. Kebanyakan merespon positif dan bahkan ada seorang ibu yang khusus menelpon saya meminta kartu membernya. Karena menurut dia, sudah lama dia meminta membership di toko Shaakira disediakan bagi langganan tetap sepertinya. InsyaAllah di awal bulan, program membership sudah ready, saya sedang memikirkannya dengan serius. Mengenai teknis dan pelaksanaannya di lapangan nanti. Tentunya dengan minimal administrasi yang harus ditangani oleh Olif dan pegawai baru nya nanti.

Ohiya, saat ini saya sedang hunting produk-produk baru yang akan saya jajal di toko Shaakira, ada beberapa opsi merek, seperti Izzati, Rima, Baju Renang Muslimah, dan masih terus mencari produk-2 terbaik dari beberapa tempat lainnya. Semoga ketemu dan bisa berhasil juga dengan target market customer di toko Shaakira. Amin.

Pendingan saya banyak sekali nih ;-(. Tapi kalau tidak dikerjakan malahan semakin bertambah banyak. Alhasil saya harus memulai lagi jam aktif di pagi dini hari. Maksudnya bangun jam 3 pg untuk membereskan administrasi toko, menyiapkan launching nya membership toko dan mebuat SOP yang jelas dengan jadwal yang jelas juga untuk terus mengingatkan karyawan toko tentang hal-hal dasar pelayanan di toko, dan mengupdate produk-2 di blog-blog jualan saya.

Aduh Doris, toko seimprit begitu saja koq dibikin repot sih? hehehe..ya itung-itung latihan mengelola toko yang luas nanti di tahun 2009. Amin. InsyaAllah.

Seberapa pun yang datang dan pergi itu semua sudah ketentuan Allah. Passion saya tetap menggelora untuk menjemput rejeki yang sudah ditetapkan di atas langit sana dan menjadi seorang hamba yang bermanfaat bagi hamba yang lain. Apapun yang berada di depan sana akan saya coba hadapi dengan kemampuan saya yang terbaik dan mudah-mudahan itu akan menjadi landasan saya untuk segera naik kelas menuju tahapan selanjutnya. Amin.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

No comments: