Pages

Tuesday, October 16, 2007

Memulai penerapan konsep CRM di Shaakira

Outlet Jilbab Pilihan Shaakira sudah berjalan 5 bulan, dan sudah saatnya untuk menerapkan program CRM (Customer Relationship Management) untuk meningkatkan lagi loyalitas pelanggan. sejak toko berdiri, kami memang sudah mengumpulkan data pelanggan (Nama dan nomer kontak (hp/telpon rumah) yang rencananya akan digunakan sebagai basis data penganalisaan trend jumlah belanja dan frekuensi belanja seseorang customer.

Nanti kita lanjutkan lagi ya, kelihatannya postingan kali ini agak berat ;-).
Aniwei, saya musti nyapu-ngepel dulu nih, hehehe.

Dah selesai nih beberes rumah di pagi hari ;-), bisa lanjut lagi brainstorming langkah-2 untuk toko Shaakira.

Langkah untuk mulai menganalisa lebih jauh lagi sejumlah data yang sudah didapatkan selama ini bertujuan untuk mengembangkan konsep toko yang semula hanya transaksional dengan sedikit sentuhan relasional ke pelanggan menjadi full relasional. Intinya memiliki pelanggan yang setia adalah tujuan dari penerapan konsep CRM ini. Menurut buku yang saya rujuk ada 4 pendekatan untuk membangun kesetiaan pelanggan yaitu 1. mengeluarkan program langganan berbelanja, 2. menawarkan pelayanan khusus pada pelanggan, 3. menuruti selera pelanggan akan jasa yang disediakan dan 4. mengembangkan perasaan melalui komunikasi.

Program layanan berbelanja akan diperkenalkan kepada pelanggan prioritas yang telah ada dilist kami. List tersebut kami buat dengan melakukan penyaringan kekerapan berbelanja seseorang customer ke toko kami dan atau jumlah nominal yang dibelanjakannya dalam kurun waktu 5 bulan terakhir ini. Memang sedikit dan mungkin hukum pareto berlaku disini.

Bagaimana ya mempertahankan pelanggan bagus yang memberikan kontribusi keuntungan kepada toko Shaakira? Saya sebenarnya masih bingung ;-) yang pastinya harus diberikan penawaran yang lebih dan layanan yang menguntungkan.

Penawaran berbasis diskon untuk setiap pembelanjaan seperti misalnya 5% dari total belanja dan pengakumulasian nilai belanja selama periode tertentu dengan hadiah yang menarik mungkin saja bisa menjadi salah satu opsi penawaran. 1 poin belanja = Rp. 10.000,-, jika sudah mencapai 100 poin bisa ditukarkan dengan voucher belanja senilai Rp. 50.000,-

1. Pengiriman hadiah menarik untuk pelanggan bagus yang berulang tahun misalnya, atau 2. menyediakan jasa pengiriman hadiah bagi kerabat yang memerlukan produk jilbab dari Shaakira atau 3. menyediakan GIFT voucher yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa hehe (menarik gak nih) dan bisa digunakan berulang kali jika balancenya masih ada juga interesting, apalagi jika pembelian GIFT voucher tersebut langsung mendapatkan potongan diskon senilai 5-15% di awal tergantung nominal voucher yang dibeli. Wow menarik banget kan ya?
4. Pengiriman informasi menarik seputar muslimah dan pernak-perniknya melalui SMS. Mungkin saja informasi kursus menata jilbab cantik, informasi kursus merangkai manik menjadi untaian kalung/bros pelengkap penampilan muslimah dan lain-lain.

Lantas bagaimana dengan pelanggan biasa yang ingin mendaftar menjadi pelanggan bagus?
Bisa saja. Berbeda dengan pelanggan bagus yang memang sudah disaring selama 5 bulan terakhir ini, dan secara otomatis mendapatkan kategori pelanggan bagus tanpa fee sama sekali dan harus berbelanja minimal 1x setiap bulannya untuk memperpanjang keanggotaannya. Pelanggan biasa mungkin harus dibebankan biaya pendaftaran keanggotaan senilai Rp. 36.000,-/tahun atau Rp. 3.000,- per bulannya...dan akan mendapatkan sejumlah benefit yang sama dengan pelanggan bagus. Keanggotaan akan hangus jika tidak diperpanjang di tahun berikutnya.

Yah kelihatannya secara bertahap saya akan mencoba beberapa strategi untuk mengembangkan pelayanan toko Shaakira agar menjadi lebih baik lagi dan menghasilkan omset dan keuntungan yang semakin bertambah setiap harinya. InsyaAllah.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
YM:dorisnst | HP: 0815-86038678


NB1: hingga saat ini saya masih belum mendapatkan email konfirmasi dari acara Pesta Blogger 2007 Indonesia. Tapi alhamdulillah, nilai donasi tiketnya sudah turun harga menjadi Rp. 100.000,- horeeeee, kelihatannya saya akan datang dan daftar on-the-fly saja. So, kita ketemuan disana? ayo..ayo..

No comments: