Pages

Friday, November 16, 2007

Ceritakan Siapa Kamu

Hari ini secara total saya menerima 4 buah lamaran untuk bekerja di outlet Jilbab Shaakira. Cukup lumayan. Dan juga membuat saya menjadi bingung memilih mana yang tepat. Kali ini tidak berdasarkan rekomendasi lagi seperti ketika Nur dan Olif diterima bekerja dulu.

Semua lamaran yang datang sesuai dengan filter awal yang saya cantumkan di pengumuman yang tertempel di pintu toko. Shaakira memerlukan karyawati sebagai tenaga penjual, dengan persyaratan minimal lulusan SMK/SMA/SMEA, masih singel, jujur, ramah, rajin, berumur kurang dari 26 tahun, pernah bekerja sebagai penjual dan membuat surat lamaran.

Dalam perjalanannya menunggu surat lamaran yang masuk, ada saja orang-orang disekeliling toko yang ingin menitipkan sanak keluarganya dan enggan untuk menulis surat lamaran. Inginnya lisan saja dan berbekalkan hubungan kenal dengan saya dan Yassir. Hmm tapi kali ini saya sangat serius untuk mencari orang yang tepat menjalankan operasional harian Shaakira.

Tapi tetap ada koridornya sebagai tenaga penjual. Karena saya membayangkan karyawan yang sekarang bertahan akan saya bentuk menjadi supervisor yang berfungsi sebagai kasir, menjaga hubungan relasional kepada member/calon pelanggan yang prospektif, mengurusi admistrasi toko, menghubungi supplier toko yang saat ini baru Manet saja yang saya berikan akses untuknya berkomunikasi langsung untuk pemesanan jika ada permintaan dari customer di toko.

Yah, mungkin saja nanti, saya tidak diperlukan lagi untuk kulakan ketika stok di toko sudah mulai menipis. Itu harapan saya. Kedepannya karyawan-karyawan saya sudah bisa mencium 'selera konsumen' yang dibidik oleh toko Shaakira dan bisa diandalkan untuk membina hubungan baik dengan supplier. Amin.

Saya pun menghubungi adik saya, Mutia Nasution, bertanya lebih lanjut seperti apa sih cara kita menggali kepribadian calon-calon karyawan kita. Ya adik saya memang sudah lebih dulu menjadi business owner. Klinik Anak Autisnya di Tangerang sudah memasuki tahun ke-4. Dan masih terus exist. Bahkan sekarang sudah buka cabang di Senopati, Keb-Baru dan saat ini tengah kewalahan menerima permintaan visit kerumah-rumah. Alhamdulillah, ia terus konsisten membesarkan core businessnya. Dan ia pastinya lebih muda dari saya ;-) heheh. Kakaknya yang baru saja berkenalan dengan dunia usaha.

Ya, saya ceritakan saja, pertanyaan yang akan saya tanyakan nanti...Yang pertama saya akan minta mereka menceritakan siapa diri mereka.

Pertanyaan : "Kamu siapa?"
Tujuan : mengetahui apakah orang tersebut mengenali dirinya sendiri, kemampuan, dan mungkin saja latar belakang keluarganya.

Pertanyaan : "Apa arti uang untuk kamu?"
Tujuan : mengetahui tingkat kebutuhan, apresiasi, tanggungan keluarga dan guna uang tersebut untuk apa.

Pertanyaan : Apa artinya rajin?
Tujuan : definisi rajin baginya

Pertanyaan : Apa artinya jujur?
Tujuan : definisi jujur baginya

Pertanyaan : Apa artinya ramah dan melayani pelanggan dengan baik?
Tujuan : definisi ramah baginya

Pertanyaan : Bagaimana rasanya bekerja untuk mengejar target?
Tujuan : mengetahui apakah memang naturenya orang tersebut senang berkompetisi, menjual dan mengejar bonus.

Pertanyaan : Apa yang diharapkan dari outlet Shaakira?
Tujuan : mengetahui rencana jangka panjang mereka.

Pertanyaan : Apa cita-cita kamu?
Tujuan : do they have dreams?

Pertanyaan : ceritakan latar belakang tempat kerja sebelumnya dan alasan berhenti bekerja.
Tujuan : mengetahui pengalaman bekerja dan alasan-2nya.

Adik saya menambahkan lagi, katanya gunakan feeling mu juga. Pasti akan tahu kok, tambahnya lagi. Dan dengarkan baik-baik. Tidak usah menambahkan apapun dan jika memang belum ada yang cocok, tidak usah dipaksakan. Ya pada akhirnya kekuatan perasaan atau kata hati jua lah yang paling menentukan dalam mengambil keputusan untuk memberi kesempatan "masa percobaan" bagi mereka yang sreg di hati nanti.

Ya, kita lihat saja nanti. Yang jelas babak baru lagi harus dihadapi oleh saya dalam membentuk shaakira agar menjadi lebih menarik, cantik, efisien, dan sebagai role model untuk bisnis-bisnis yang berikutnya. InsyaAllah.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

NB1: InsyaAllah milad ke-2 TDA akan berlangsung tanggal 27 Januari 2008. Undangan resminya memang belum dirilis ke milis. Tapi rasanya saya sudah tidak sabar menanti hari tersebut. Saya ingin diwisuda! Dan saya ingin memberikan kontribusi yang lebih dengan menjadi seorang yang Tangan Di Atas..seorang yang menjadi saluran rejeki bagi orang lain. Amin Ya Allah.

2 comments:

Evi said...

Wah hebat euy mbak Doris dah mulai nambah2 karyawan. 4 Jempol buat mbak Doris.

Yulia Astuti said...

jeng, bisa tambahin pertanyaan :
1. Apa rencana (kerja) kamu kalo diterima kerja di sini?
2. Apa yang paling di suka dari pekerjaan ini?