Pages

Friday, November 02, 2007

Siapa yang bertanggungjawab?

Kenapa sih menuliskan judul postingan seperti itu? Hmm, hanya ingin memprovokasi diri sendiri dan menguatkan motivasi yang ada di dalam dada ini. Yah pagi ini setelah bangun pagi sekitar jam 3.40 am saya langsung menyiapkan barang-barang baru yang akan di load di toko Shaakira, ini adalah loading pertama setelah lebaran kemarin. Belum terlalu banyak dan didominasi oleh kerudung zoya, sedikit blus dan rok berbahan jeans dan beludru hasil kulakan hari kamis kemarin.

Sudah lama tidak kulakan, terasa berat juga ketika memulainya. Mulai scaninng lagi mana produk yang bisa dijual kembali di toko Shaakira. Terlihat suasana di pasar grosir yang saya datangi juga belum terlihat ramai dan dipenuhi dengan koleksi-koleksi baru. Kelihatannya baru minggu depan, barang-barang baru akan masuk menjejali pusat grosir tersebut.

Pilihan untuk berbisnis adalah murni pilihan saya. Jadi saya harus bertanggung jawab 100% bahkan lebih atas keputusan tersebut. Tidak menunggu bantuan, pertolongan dari pihak mana pun juga. Saya harus tetap berjalan, mandiri dan yakin bahwa hasilnya akan membuat mimpi-mimpi yang lain juga bisa terwujud.

Ris, emangnya tidak pernah merasa capek tuh bertanggung jawab sendirian? Ya sering lagi..hehe..apalagi kalau badan sedang letih banget. Bayangin pulang kulakan naik ojek dengan barang seabrek-abrek dan sendiri. Maklum kalau menunggu dianterin suami tersayang, mesti nunggu hari sabtu/minggu, ya mana bisa begitu. Mau gak mau saya harus berpanas-panas ria dibonceng bang ojek setia hahah. Pegel banget deh nahanin barang-barang yang saya pangku selama perjalanan. Duh, begini ya jalan yang saya pilih.

Biasanya sih kalau sudah dirumah dan ngobrol dengan mama. Saya pun cerita sambil memancing tawa mama. "Ma, koq begini ya jalan yang kakak (saya, anak sulung) pilih, hehe, tadi mah kakak ngeliat dipasar banyak ibu-ibu juga yang sedang menaikkan barang sebesar ini ma (sambil bergaya menunjukkan besarnya karung yang diangkut, asli besar banget hehe) juga pake ojek dan juga melihat ibu-ibu naik motor penuh dengan barang-barang hasil kulakan dan bawa sendiri motornya. Aduh berasa mirip deh ma, melihat refleksi diri sendiri gitu. Hahaha. Lucu ya, perjuangan demi perjuangan yang dirintis dan akan menjadi kenangan indah jika hasilnya nanti bisa membuat keluarga bahagia.

Sampai di depan pintu pagar rumah, naikin barang-2 itu ke rumah, juga sendirian. Wuah banyak sekali ;-D, berasa bangga juga sedikit di hati ini. I can do it. Disambung dengan sholat dan bobo siang bareng diva. Lengkap sudah kegiatan hari kemarin, mengurusi keluarga dan bisnis.

Nah barang-barang yang saya kulak kemarin sudah saya rapihkan tadi subuh dan juga sudah diloading ke toko oleh Yassir. Tugas saya pagi ini adalah menyiapkan form pendaftaran Klub Sahabat Shaakira. Inginnya sih meniru klubnya majalah Nova. Tapi sayang saya belum melakukan pendekatan ke beberapa member milis yang saya ikuti untuk bersinergi ketika soft-launching program member toko ini.

Sedikit informasi yang saya akan minta kepada pelanggan yang berminat menjadi member Klub Sahabat Shaakira adalah : Tempat dan tanggal lahir (pasti bakalan ada surprise yang menarik deh!), Alamat, Email, Pekerjaan, Jumlah Anak dan usia anak. Saya pun sudah menyiapkan sebuah jilbab cantik dan menarik untuk mereka yang mendaftar sebagai member toko. Caranya untuk mendaftar yang pastinya datang dan mengisi form pendaftaran kemudian membayar Rp. 36.000/thn bagi mereka yang belum tercatat sebagai pelanggan loyal kami selama 7 bulan terakhir ini. Nah kami akan mengirimkan kartu anggota melalui pos paling lambat satu bulan setelah pendaftaran (or praktisnya give it by hand when they come to Shaakira again in the future). Perpanjangan kartu anggota juga kudu yah, kalau tidak nanti tidak akan mendapatkan lagi keuntungan menarik sebagai anggota nya Shaakira.

Mau tau apa saja keuntungan menariknya? Berhubung ini soft launching, ya masih sedikit dulu yaa keuntungannya, insyaAllah saya akan terus berusaha mencari produk kerjasama apa yang bisa dijadikan keuntungan tambahan dari program ini.

1. Hadiah langsung sebuah jilbab cantik.

2. Diskon belanja jilbab/produk sebesar 5% di toko Shaakira untuk branded item (Jilbab Rabbani, Jilbab Permata, Jilbab Zoya, MANET, AZKA, Mirzani) dan diskon 10-15% untuk jilbab/produk non-branded.

3. Pengakumulasian nilai belanja dan dikonversi menjadi poin. 1 poin = Rp. 10.000,-, jika sudah mencapai 25, 50, 100 poin akan berhak untuk ditukarkan dengan merchandise seperti berikut ini.
25 poin = belanja Rp. 250.000,- : sebuah bros kupu-kupu cantik senilai Rp. 35.000,-
50 poin = belanja Rp. 500.000,- : sebuah pashmina manik senilai Rp. 50.000,-
100 poin = belanja Rp. 1.000.000,- : sebuah buku kerudung cantik Ratih Sang senilai Rp. 30.000,- dan sebuah gelang manik cantik senilai Rp. 35.000,- (duh musti hunting nih barangnya, mbak yulia, tolong dong di supply...hehe maunya tuh).

4. Program ekslusif hanya untuk Klub Sahabat Shaakira per 4 bulanan sekali Shaakira akan mengadakan acara seperti Kursus menata kerudung cantik, Kursus membuat bros atau aksesoris untuk muslimah dan mungkin Kursus make-up muslimah. Intinya semuanya itu sudah ada resources di milis-milis yang saya ikuti. Ada Mbak erryza sang pengarang "Membuat bros", ada Mbak eno, sang pemilik rumahkalung ada BIB yang isinya bunda-bunda keren luar biasa yang biasa mengadakan kursus make-up hehe dan apalagi nih ada bunda Yulia salah satu founder TDA yang bisa dibujuk rayu menjadi salah satu pengajar yang mau berbagi ilmu di kegiatannya Klub Sahabat Shaakira. Ah impian mu Doris, muluk sekali. Nah poin yang ke-4 ini masih tidak saya beberkan secara jelas di form keuntungan yang akan dibagikan kepada anggota. Biarlah ini menjadi rahasia dan membuat member menjadi tambah lengket dengan toko ini. Harapan saya bunda-bunda yang nanti akan saya ajak kerjasama juga dengan hati terbuka bersedia untuk membagikan ilmunya kepada sahabat-sahabat Shaakira. Amin.

Oke. Kita lihat hasil test n measurenya nanti ya. Saya musti share koq, mudah-2an ada member lain yang berniat mengikuti dan mengembangkan ide awal Klub Sahabat Shaakira. Iya kan?

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

NB: Habis nulis dan sharing, asli deh capeknya sudah hilang. Saya pun sudah tersenyum di depan layar laptop saya. Gak guna sih gak ada yang ngeliat kan. Oke deh saya berangkat ke toko dulu ya. Dan lanjut ke kantor lama, ad undangan makan siang bareng sama temen2 IT dan kali ini Adiva akan saya bawa jalan-jalan kesana. Enjoy your day!

No comments: