Pages

Friday, January 04, 2008

Leverage : Klub Sahabat Shaakira (KSS)

Masih ingat kan tentang KSS alias Klub Sahabat Shaakira yang saya luncurkan di akhir November 2007. Alhamdulillah hingga hari ini jumlah member yang tercatat sudah 25 orang.

Dengan filter yang saya terapkan yaitu minimal sudah pernah belanja Rp. 500.000,- di toko jilbab Shaakira, maka mereka berhak mendapatkan kartu member yang sederhana untuk digunakan sebagai kartu identifikasi member yang berhak berbagai macam promo yang cukup menguntungkan.

Biaya membershipnya juga sangat terjangkau koq hanya Rp. 5.000,-/tahun. Tapi member harus terus berbelanja setiap bulannya. Tanpa ada nominal belanja ya. Yang penting selalu belanja setiap bulan, minimal 1 item. Sebagai bukti bahwa member tersebut loyal.

Jika tidak belanja, maka secara otomatis, kartu membernya menjadi expired dan harus lagi mengumpulkan nilai belanja Rp. 500.000,- agar mendapatkan privilege sebagai member Shaakira lagi.

Ohiya, setelah menjadi member, setiap belanja, nilai belanjanya akan dikonversi menjadi poin dengan ketentuan 1 poin = Rp. 10.000,- dan untuk setiap poin yang dikumpulkan dalam sebulan akan diakumulasi dan dikembalikan menjadi reward kepada member tersebut. Contohnya 25 poin mendapatkan bros kupu-kupu yang cantik :-) senilai 35 rb, 50 poin mendapatkan pashmina cantik senilai 55 rb dan 100 poin mendapatkan sebuah buku Jilbab Cantik karyanya Ratih Sang dan sebuah gelang manik cantik yang kalau di total nilainya berapa yah hehehe? Bingung saya.

Prestasinya untuk 2 bulan ini sangat terlihat. Misal nih sewaktu diluncurkan, hanya ada seorang member yang berbelanja sangat banyak, bahkan mencapai 50 poin dan tentu saja dia mendapatkan sebuah pashmina. Setelah hadiah diambil, saya pun membuat pengumuman ditoko mengucapkan selamat kepada ibu tersebut atas prestasinya di bulan Nov yang lalu. Pengumuman itu banyak memancing komentar dari customer yang lainnya.

"Eh, hadiah pashminanya kaya apa sih mbak?"

"Itu ibu dewi yang temen saya kan mbak?"

"wah enak juga yah jadi member, bisa dapet katalog MANET gratis". hehehe

Macam-2 komentarnya. Akibatnya jumlah member meningkat 100% nya dibulan Desember. Alhamdulillah. Walau belum sesuai target. Karena saya mentargetkan member Shaakira di tahun 2007 sudah mencapai 30 orang.

Nah di bulan Desember ada 7 orang member yang berhak mendapatkan hadiah rewardnya. 5 member mendapatkan bros kupu-kupu dan 2 member mendapatkan pashmina cantik. Belum ada yang menembus 100 poin berarti hadiah buku nya Ratih Sang belum tersentuh :)

Kelihatannya KSS sangat membantu omset Shaakira di bulan Desember 07, walaupun hujan mengguyur Jakarta, alhamdulillah hasilnya lebih tinggi dari bulan November 07. Jadi boleh dong saya menyimpulkan bahwa KSS saat ini sangat meleverage omset penjualan di outlet jilbab Shaakira.

Semoga di bulan Januari 08 ini juga menghasilkan perbaikan omset yang lebih meningkat lagi dibandingkan tahun sebelumnya. Yang pasti terus menerus berkreasi mencari penawaran yang terbaik bagi pelanggan. Itu yang harus terus digali, diujicobakan dan diukur hasilnya.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

NB: Saya minta karyawan di toko berusaha keras untuk mengingat nama customer. Karena itu juga menjadi salah satu kunci sukses juga loh. Kenal mereka dan tahu kebutuhan mereka akan membuat customer menjadi betah dan loyal. Karena ada hubungan emosional disana. Apalagi kalau memanggil nama customer tersebut dengan sopan dan hormat, wuih mantap rek. Jilbab yang biasa akan berubah menjadi LUAR BIASA. Hahaha, hiperbola ya saya. Mohon maaf kalau tidak percaya ya. Buktikan saja sendiri hasilnya :-) baru boleh komentar. Oke.

NB2 : Besok, hari Sabtu mau kulakan. Pengen ketemu juga sama pak haji sekalian silaturahmi. Sejak lebaran haji tidak kelihatan. Trus lanjut lihat launching salon Moz5 nya mbak Widya ahhh...


No comments: