Pages

Sunday, January 13, 2008

Sekaranglah saat yang tepat

Hari sabtu yang lalu, barulah akhirnya saya bisa ketemu dengan pak Hj. Alay, founder komunitas TDA. Sudah lama tidak ketemu sempat membuat beliau bertanya kemana saja saya selama ini. Memang sudah hampir 3 minggu ini saya tidak kulakan kesana, selain memang stok di toko masih banyak juga maka saya menahan diri untuk berbelanja lagi :-)

Kulakan kemarin semakin istimewa saja, karena akhirnya saya bisa bertemu dengan mbak Emi, istri dari penulis TDA yang ngetop abis itu alias pak faif yusuf. Wuah, manajer operasional toko Kafana nih, pikir saya. Kesempatan untuk tukar cerita tentang trend penjualan, barang apa yang disukai di toko dan barang merek apa yang stoknya paling banyak di antara Shaakira dan Kafana. Seru sekali. Tak lupa bertanya ke pak faif siapa sih 18 orang yang berkesempatan masuk dan disyiarkan kiprah nya berbisnis melalui bukunya yang perdana nanti.

Hebat. Salut saya dengan sepak terjangnya pak faif. Penasaran juga bagaimana cara nya mengelola waktu sehingga terlihat sangat optimal sekali. Masih bekerja, menulis buku, TDA Management, mengurusi toko Kafana. Kok hebat banget sih pak? Hehe mungkin karena masih bekerja ya jadi punya banyak waktu luang di kantor hehe, nyindir nih yeeeee ;-)..

Kemudian mbak sukma dan mas Zen dateng bareng si kecil. Wuih tambahan seru lagi nih kulakannya hehe. Padahal tidak janjian loh. Syukurlah. Senang sekali rasanya. Saling mendoakan jualannya semakin laris ya, dan bisa ketemuan lagi lebih sering di tempat kulakan hehe.

Minta Nasihat Mentor

Karena jarang-2 bisa ketemu pak haji, saya pun sempat curhat tentang Shaakira di awal tahun 2008 ini. Dan minta saran beliau agar terus bisa mempertahankan penjualan bahkan kalau bisa meningkatkan lagi.

Pak haji bilang 'usahakan dipercikkan dengan barang-2 baru setiap minggu walaupun stok untuk barang baru itu hanya 3 lembar'. Itu akan membuat toko menjadi segar terus menerus. Den memberi kesan koleksi toko selalu baru.

Kemudian usahakan rutin menukar warna jilbab yang dipajang dan baju yang dipasangkan ke manekin. Walaupun modelnya sama, tentu saja customer yang datang tetap akan melihat perubahan disana, apalagi kalau manekin kepalanya ditukar-2 tempatnya.

Nah itu dia pak haji hehe, karena penjualannya biasa-2 saja, maka jadwal kulakan pun terpaksa diperpanjang intervalnya. Padahal seharusnya tetap kulakan setiap minggu ya, walaupun hanya sedikit. Harus dipraktekkan nih nasihatnya.

Kemudian, pak haji pun bertanya, "Kapan buka toko kedua? sekarang adalah saat yang tepat, ketika semua orang mengeluh sepi, kita malahan buka toko." Dan ketika nanti sudah ramai lagi dan orang-orang berlomba-lomba buka toko, kita sudah memiliki pelanggan-pelanggan yang loyal sehingga panen raya di tahun ini pun bisa disambut dengan persiapan yang lebih matang dari sebelumnya. Amin. InsyaAllah pak haji, mohon doanya saja, balas saya. Karena memang niatnya mau buku toko lagi :)

Cerita-2 tentang lokasi toko yang saya bidik, dan produk apa yang akan dijual disana, sempat membuat beliau memberikan masukan-masukan lainnya yang patut dipertimbangkan juga. Duh malahan tambah bimbang juga whehe..maklum nih masih baru mulain, jadi banyak banget yang dipikir-2 sebelum go show.

Apapun hasilnya, saya sangat bersyukur juga bisa cerita ke beliau dan mendapatkan respon yang baik dan malahan membuat saya teguh untuk terus berjalan mewujudkan impian toko ke-2 ini. InsyaAllah.

Mohon doanya ya.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan (Kerudung El-Zoya, Jilbab Permata, Jilbab Rabbani)
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

Catatan : Blog Shaakira Jilbab sudah diupdate dengan koleksi-koleksi terbarunya. Yok dilihat-lihat :-) dan sekalian belanja yahhh. Di toko banyak sekali yang nanya kerudung PARIS. Alhamdulillah ketemu jilbabnya. Sudah ada di toko. Mudah-2an besok langsung diborong ma customer :)

No comments: