Pages

Tuesday, January 22, 2008

Selamat Ulang Tahun ke-2 Komunitas Tangan Di Atas (TDA)

Hari ini tepat, 22 Januari 2008, TDA berulang tahun yang ke-2. Masih sangat muda tapi langkahnya yang mempesona membuat hati ini bangga bisa menjadi bagian dari komunitas yang berlandaskan ACTion ini.

Ya saya berbangga bisa menjadi bukti nyata dari komunitas TDA ini..walaupun sedang bergelut dan bersiap untuk terus mewujudkan impian saya untuk berhasil sebagai seorang yang TDA sesungguhnya, saya pun tak akan bisa melupakan andil komunitas TDA terhadap perubahan dalam diri ini.

Kalau dilihat milestone atau kilas balik perjalanannya saya hingga saat ini ya seperti ini :-)

Desember 2005 : Beli kios di JaCC (Jakarta City Center) dengan menggunakan kartu kredit untuk pembayaran uang mukanya. Dicicil menggunakan gaji karyawan dan mengalami proses keuangan keluarga yang turun sekali :-)

Februari 2006 : Mengikuti kunjungan bersama 40 orang member TDA ke sentra UKM Bandung. Waktu itu TDA baru berusia 1 bulan

Juni 2006 : Membuka kios pertama di lobi utama JaCC berjualan ayam goreng ala KFC. Ini adalah usaha pertama yang sangat serius dijalankan. Ini adalah titik tolak perubahan mindset menjadi seorang pedagang yang memegang uang recehan setiap hari hasil penjualan ayam goreng disana. Berjualan ayam di tempat yang belum terlalu ramai, terkadang 30 pc saja sehari belum tentu habis, dan sisanya selalu dibawa pulang untuk dibagikan sepanjang perjalanan pulang kantor dari Sudirman ke Tebet. Indah sekali kenangannya...mulai merasakan naik turun penjualan di lingkungan yang sebenarnya. Mulai mengalami kenyataan persaingan yang real antar sesama pedagang hehe..lucu juga kalau inget itu.

Desember 2006 : kios pertama sukses di tutup dan akhirnya gerobak fried chicken hingga saat ini masih belum dioperasikan kembali nih hehe. Pembelajarannya banyak sekali. Belajar membuka usaha. Meghitung biaya operasional dan mendapatkan formula untuk menyediakan keperluan tambahan bagi si menu utama, yakni si ayam goreng itu. Seru. Padahal dalam satu paket itu, kalau tidak salah ingat hanya untung 1500 rupiah saja.

Desember 2006 : mengembalikan kios JaCC kepada developernya. Sudah tidak kuat lagi mencicilnya.Setelah beberapa kali mengiklankan di beberapa surat kabar dan menawarkan ke teman-2, tapi belum berhasil terjual. Akhirnya menyerah dan menderita kerugian puluhan juta. Alhamdulillah. Entah kenapa, sebelum mengembalikan kios tersebut, hati ini belajar untuk ikhlas dan berharap mendapatkan jalan cerita yang lebih baik, hikmah dari kejadian ini.

Maret 2007 : Sudah ingin resign. Benar-2 sudah pingin dan malahan nekat mendeklarasikannya di kelompok Mastermind saya. Terima kasih pak Jun, mbak Yulia dan mbak Yuni.

2 April 2007 : membuka rekening tabungan haji mama dengan tekad menabung untuk memberangkatkan beliau ke tanah suci. Dan mulai istirahat dari ACTion untuk berbisnis. Allah Maha Tahu mana yang terbaik, sekeluarnya dari Bank Mandiri, saya melihat sebuah kios yang sangat strategis dan iseng menanyakan sewanya. Pikiran saya kembali lagi tergoda untuk action hahaha, gemes rasanya untuk mencoba memiliki usaha sendiri. Dalam waktu seminggu deal untuk sewa kios tersebut tanpa tahu mau buka usaha apa dan modalnya darimana. Maklum habis menderita kerugian JaCC.

Syukurlah kios tersebut memerlukan waktu 3 minggu hingga selesai dibangun dan dirapikan lagi. Masih ada waktu untuk cari modal tambahan.

Proses menggali ilmu mulai dilakukan. Pertanyaan-2 pun digulirkan kepada pak Hadi Kuntoro, Pak Ryad Kusuma, pak Fuad Muftie, Pak Rosihan, Teguh-Tina, Mbak Waru,

20 April 2007 : Kenaikan gaji di kantor TDB. Tidak tinggi. Bahkan cenderung menurun dibandingkan tahun lalu. Hal ini membuat saya semakin yakin untuk segera pindah kuadran.

27 April 2007 : Akhirnya Outlet jilbab Shaakira, soft launching juga. Dengan support sms, telpon, email dari teman-2 TDA semuanya. Semangat ini terus menyala hingga saat ini. Karena terlalu noraknya, saya masih ingat langsung menelpon mbak ines, mbak tina, pak hadi melaporkan bahwa toko saya sudah pecah telor..hahaha..norak bangets. Saya ingat di hari itu, total penjualan toko Shaakira adalah 300 rb rupiah.

Hingga saat ini Shaakira masih tetap ada...bahkan semakin baik dan semakin memberikan manfaat bagi orang lain. InsyaAllah.

30 Agustus 2007 : Hari terakhir saya bekerja di BTMU. Resigned was my final decision. Saya putuskan untuk mulai serius mengurusi bisnis dan keluarga.

01 September 2007 : Horeeee...saya benar-2 merdeka dari rutinitas untuk berangkat ke kantor.
Dan saya sangatttttttt bahagia.

15 Februari 2008 : Shaakira akan segera ekspansi lagi. Mulai belajar untuk mengembangkan usaha. Perlahan-lahan. Dengan kekuatan seadanya dan keyakinan sepenuhnya bahwa ini adalah pilihan yang telah saya buat dan saya harus mengambil tanggung jawab diatasnya 1000%.

Suatu bulan di tahun 2008 : Shaakira akan diekspansi lagi. InsyaAllah.

Suatu bulan ditahun 2009 : Jika Allah mengizinkan, mama akan berangkat ke tanah suci. Impiannya selama ini terwujud bahkan bukan dari uang hasil gaji karyawan saya selama ini. Saya sendiri merasa heran dan takjub sekali akan kebesaran Allah atas niatan saya ini. Alhamdulillah, semoga mama diberikan kesehatan sehingga bisa menunaikan ibadah haji yang sangat dirindu-rindukannya.

Suatu bulan di tahun 2010 : Jika Allah mengizinkan, saya dan Yassir pun ingin sekali mengantarkan diri ini di Baitullah. Amin. Semoga Allah mengabulkan dan mendengarkan doa kami.

Perjalanan demi perjalanan ini tidaklah ringkas semudah kita membacanya saat ini. Banyak sekali pembelajaran, hikmah dan ilmu yang terdapat dalam perjalanannya. Dengan komunitas TDA saya melakukan action dan terus menerus dikelilingi oleh sahabat-sahabat yang senafas dengan apa yang saya inginkan. Saya bahkan berusaha untuk menjadi mahkluk Allah yang lebih baik lagi dan kalau bisa dirindukan dan memberikan manfaat bagi makhluk lainnya.

Terima kasih tak terhingga kepada Allah, karena saya diberikan izin untuk menjadi bagian dari komunitas TDA dan saya bahkan telah menjadi bukti nyata dari semangat yang dikobarkan didalamnya. Semuanya dengan perjuangan dan tidak instant, dan saya sangat bersyukur pernah melewati pembelajaran yang pahit yang bagi saya merupakan batu loncatan untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan (Kerudung El-Zoya, Jilbab Permata, Jilbab Rabbani)
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678