Pages

Wednesday, January 02, 2008

Terjawab Sudah Kondisi Stok Vs Penjualan

Alhamdulillah. Lega banget. Malam ini dengan perjuangan me'meta'kan nota setiap harinya dan dimasukkan kedalam kategori Jilbab/Kerudung (merek A, B, C dan D) dan Baju (merek F, G, H, I dst) saya mendapatkan gambaran tentang jumlah stok yang ada dibulan Desember berbanding dengan jumlah barang/item yang terjual dibulan yang sama.

Dan tambahan lagi nih senangnya, transaksi via blogspot Shaakira pun sudah terpetakan dengan akurat. Untuk saat ini transaksi via online baru menyumbangkan 24.8% saja dari total transaksi toko offline Shaakira. Kelihatannya not bad bagi saya yang handle sepenuhnya dengan segala mood dan kesibukan yang lainnya.

Dengan artian, disambi gitu loh berjualan lewat internet nya heheh :-) Suatu kelemahan yang harus segera diperbaiki dengan meletakkan satu orang tenaga kerja yang sepenuhnya bertanggung jawab dengan proses-2 yang dijalani hingga suatu transaksi itu gol dan akhirnya paketnya terkirim melalui ekspedisi.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih dulu kepada mentor saya yang sangat luar biasa, Mas Rosihan dan Mbak Ines yang sempat mengkuatirkan kondisi stok di toko saya ketika mampir melihat toko mungil muridnya ini :). Sungguh sebenarnya saya kuatir 'dikuatirkan' heheh..ini bahasanya gimana yah? Akibat kekuatiran tersebut saya jadi berhasil menemukan angka stok vs penjualan offline dan online di toko saya saat ini. Dan menggunakan data penjualan di bulan Desember 2007, inilah dia kesimpulannya :-) untuk kategori jilbab/kerudung.

- Total Jilbab yang terjual ada 804 lembar. Gabungan antara offline dan online. Saat ini offline masih sangat mendominasi jumlah kerudung yang terjual. Sedang berusaha untuk meningkatkan penjualan online di tahun 2008. Semoga.

Secara rata-2 perbandingannya adalah 1.88. Dengan bekal ilmu saya saat ini itu berarti stok yang tersedia sekarang cukup untuk 1.88 bulan. Benar tidak yah? Ada satu merek yang memiliki stok yang tinggi tapi tidak dibarengi dengan penjualannya. Akibatnya stoknya bahkan siap untuk 2.6 bulan.

Sekarang, akibat dari hasil analisa itu, saya memiliki banyak sekali pertanyaan yang harus dicari jawabannya.

Berapa batas toleransi/buffer yang tepat?

Kenapa penjualan merek D tersebut tinggi di online jika dibandingkan di toko?

Bagaimana caranya agar transaksi online meningkat baik dalam jumlah rupiahnya dan juga jumlah nota penjualannya?

Bagaimana dengan profitnya? Apakah menguntungkan?

Apakah tidak sayang mengendapkan dana di stok yang tertahan? Berapa banyak rupiah yang mengendon di toko?

Wuih..wuih..wuih, ternyata mengelola toko di masa awal ini tidaklah mudah...banyak sekali tantangannya. Yang harus dikupas dan ditelaah satu persatu. Jawaban demi jawaban pasti akan keluar dari hasil setiap analisa yang dilakukan. Oleh karena itu saya kapok memberi jawaban yang tidak akurat alias kira-kira hehehe. Karena setelah tahu yang sebenar-benarnya saya bahkan memiliki banyak lagi pertanyaan dan perjalanan untuk mencari jawabannya sudah harus segera dimulai.

Semuanya dengan satu tujuan, agar usaha ini terus menerus berkembang, beranak, dan bisa menjadi saluran rejeki orang lain. InsyaAllah.

Terima kasih TDA.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

NB: Jangan lupa dukung terus blog ini :) di www. roniyuzirman.com
Sekarang sudah masuk putaran GRAND FINAL. Please contribute yaaaa...Tks.


1 comment:

eka said...

Salut mb ... itungannya dah mulai ke masuk wilayah detail. Akan lebih mudah pastinya menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan akurasi data di tangan.

Sukses !!

Eka
http://www.pernik-unikdiary.blogspot.com