Pages

Sunday, February 24, 2008

Mengitung Mundur Waktu, H-6

Alhamdulillah, rencana yang banyak sekali kemarin akhirnya hanya terwujud menjadi kulakan stok baru El-Zoya dan Jilbab Permata saja, kemudian survey ke tempat menjual manekin, briket, hanger yang direkomendasikan oleh mas rosihan, mbak febby dan mbak Tina. InsyaAllah rencana belanjanya baru dilakukan di hari minggu ini, 24-02-08.

Hasilnya beberapa poin yang berhasil dikerjakan kemarin adalah:

- Mengukur secara tepat p x l x t toko Shaakira Bunda.
- Menghubungi tukang untuk mulai bekerja di hari Senin nanti, 25-02-08.
- Melihat-lihat layout toko yang mau ditiru :)
- Membuat blog Shaakira Bunda. Tidak ada yang spesial kok, just create saja dulu
- Paket yang ditunggu-2 dari supplier busana muslim sudah sampe. Puas dengan hasilnya. InsyaAllah bakalan menjadi primadona nih produk-2 tersebut hehehe, itu mang maunya si ibu pedagang ini.
- Membuat iklan lowongan sederhana untuk menjaring pegawai-2 baru. Rencananya asisten untuk mengerjakan pesanan online dirumah juga harus didapatkan dan mulai bekerja secepat-2nya. Agar saya bisa fokus kepada kontrolling 2 buah toko. Apalagi komputerisasi toko akan saya siapkan. Harus. Sudah berasa keteteran dengan cara manual seperti saat ini. Saya merasa kok kayanya kerjaan saya lebih banyak daripada pegawai..hahaha...

Misal nih, hunting dan menentukan produk yang mau dijual di toko, transfer pembayaran ke supplier, pembayaran kepada supplier yang konsinyasi di toko, foto produk, upload, menerima pertanyaan customer dan menghitung total nota pesanan, mengumpulkan stok yang dipesan dan dikirim ke customer, membuat nota penjualan, mengepak, mengirimkan ke TIKI, mengirimkan sms konfirmasi, mengecek pembayaran dari customer, mengembalikan ongkos kirim yang misalnya kelebihan, memasukkan data dari setiap lembar nota penjualan setiap harinya, menganalisa penjualan harian, bulanan, memotivasi karyawan, memikirkan gaji mereka, membayar segala keperluan toko, menulis blog (lah ini sih emang saya suka dan saya anggap sebagai latihan untuk sharing beberapa hal yang memang benar-benar saya alami, karena lebih enak berbaginya, bisa mengalir begitu saja)..hehe

Intinya saya pontang-panting dan merasa mulai kecapean..hmm kecapean sih kaya'nya terlalu berat ya kesannya. Perasaan saya kok saya the owner working harder than my employees... hahaha...istilahnya..berarti ini usaha masih belum ada sistemnya nih Doris. Lah iyalah, harus saya akui, sistemizing usaha itu tidak semudah yang dibaca dibuku-2 Brad Sugars. Dengan melakukan hal-hal diatas sendiri saat ini, sudah seharusnya saya mulai memilih dan memutuskan untuk delegasi kepada karyawan-karyawan baru yang akan direkrut nanti. Dan mulai memiliki waktu yang berkualitas untuk berfikir pengembangan Shaakira Group (taela sekarang sudah berubah menjadi Group nih?)...hehehe...hanya berfikir untuk menjadi besar, boleh kaaaaan?

Oke deh, segitu dulu curhat bisnisnya :), semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan enjoying with passionate what we have asked to have. Amin.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan (Kerudung El-Zoya, Jilbab Permata, Jilbab Rabbani)
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

NB :
“We’re not here for a long time, we’re here for a good time!”, dikutip dari blognya mba Ollie. Super keren deh :p

No comments: