Pages

Wednesday, April 02, 2008

Tiga Hari Menghilang, Banyak Sekali yang Terjadi

Tiga hari menunda menulis blog, membuat diri menjadi betah melakukan penundaan :-), gawat nih kalau diteruskan, bisa-bisa Shaakira melewatkan cerita-cerita sederhana yang dilalui dalam prosesnya menjadi besar dalam waktu 5 tahun ke depan nanti.

Akhirnya setelah puas blogwalking kesana-kemari, malahan tambah buntu otaknya mau cerita tentang apa? ha ha ha, diputuskan cerita apa saja deh yang dijalani selama penundaan 3 hari ini.

Terpaksa Terjun Membantu Naning

Minggu lalu, Naning, staff online saya dirumah, kebanjiran order jilbab. Alhamdulillah. Happy problem untuk saya. Puncaknya di hari Jumat, konfirmasi transferan yang masuk sangat tinggi dan paket-paket tidak bisa dikirim kecuali hari Seninnya karena Naning memang cuti di hari sabtu. Saya ingat sekali di hari Jumat lalu, 28/3, saya mencairkan 5 buah Western Union sekaligus! Alhamdulillah. Itu berarti ada 5 paket yang harus dikirimkan keluar negeri yang berisi jilbab, blus MANET dan juga blus AZKA. Belum lagi orderan-orderan dalam negeri yang juga berdatangan dari beberapa repeat customer yang saya info sebaik barang-barang baru datang.

Waktu sangat ketat, hari senin berikutnya berhasil terkirim 7 buah paket, disusul di hari Selasa kemarin tercatat 13 buah paket dengan paket terbesar seberat 21 kg yang saya kirim ke luar negeri. Alhamdulillah lagi. Tak henti-hentinya bersyukur hati ini. Saya ingat ketika bercerita ke Yassir, suami saya bahwa saya penasaran sekali kepingin ngirim barang sampai berkarung-karung he he he, seperti apa ya rasanya. Karena hingga saat saya bercerita kepadanya belum pernah tuh ButikShaakira.Com mengirimkan paket dengan berat lebih dari 15 kg..karena itu juga saya jadi tidak memiliki stok karung sama sekali di rumah.

Keputusan untuk turut membantu Naning memang tepat, semua paket terkirim dan selesai. Jadilah kami hari ini, Rabu, nganggur dan hanya mengirimkan 2 buah paket tiny-little-tooney hehehe...alias paket imut-imut yang berisi hanya 1/2 lusin jilbab dan satu buah setelan MANET ke destinasi sekitar. Lega...rileks..dan akhirnya diputuskan untuk foto produk-produk lain yang belum sempat tayang di web. InsyaAllah besok akan saya upload di web.

Rasanya besok harus sudah kembali mendapatkan orderan-orderan baru yang banyak dan berlimpah. Amin.

Dan mulai kontak-kontak supplier untuk supply lagi nih. Semoga saja sudah banyak model-model baru lainnya.


Outlet Shaakira Jilbab dan Butik Shaakira Bunda

Laporan per akhir Maret yang lalu, tepat 1 bulan Shaakira Bunda berdiri. Dari sisi omset dan leads yang datang jauh lebih baik dibandingkan 11 bulan yang lalu, ketika pertama kali Outlet Shaakira Jilbab dibuka. Referral dari toko jilbab cukup ampuh juga untuk dikonversi menjadi transaksi. Alhasil 'pengeluaran' produk-produk pilihan yang dijajal selama 10 bulan di Shaakira Jilbab insyaAllah adalah keputusan yang tepat.

Tepat, untuk Butik Shaakira Bunda, karena mencatat penjualan yang lumayan.

Dan karena waktu saya yang terbatas, dan reaksi saya yang tidak responsif terhadap keputusan itu, Shaakira Jilbab mengalami penurunan prestasi dibandingkan bulan lalu. Lumayan juga. Kehilangan > 20% omset. Besar sekali yah? Dalih saya adalah karena saya tidak juga mencari merek subtitusi sebagai produk andalan di toko Shaakira Jilbab yang core bisnis sebenarnya adalah jilbab, kemudian liburan 4 hari berturut-turut di minggu ke-3 bulan Maret yang lalu, dan juga karena fokus saya untuk membuat bisnis online dirumah agar bisa bekerja secara proaktif untuk segera bisa mengejar2 seniornya yang sudah lebih dulu diseriuskan he he he, banyak yah alasannya.

Kaya'nya target untuk buka toko satu lagi harus benar-benar dipertimbangkan dengan sangat masak dan dalam keadaan waras. Ha ha ha. Capek euy rasanya.

Perhitungan bagi hasil kepada investor insyaAllah akan diberikan pada minggu depan. Saya berjanji tanggal 7 sudah ada laporan lengkapnya. Dag-dig-dug. Harap-harap cemas melihat hasil akhirnya. Duh Tuhan semoga hasilnya memuaskan....

Hasil UTS Adiva

Nah tugas saya dirumah juga harus mengajari Adiva. Kan salah satu 'Reason' kenapa saya ingin resign dari kantor dan berkarya dari rumah saja, adalah my little sunshine ;-). Minggu lalu, seminggu penuh ia ujian tengah semester. Hmm persiapan seadanya karena ibunya sibuk hehehe. Alhamdulillah hasilnya mayan banget, dan tidak ada yang her karena nilainya semua diatas 75 (nilai rata-rata SD Percontohan), yang kadang saya pikir edan, karena nilai itu diberlakukan bagi semua mata pelajaran yang jelas saja memiliki weight yang berbeda.

Nilai sempurna untuk IPA dan Bahasa Inggris. Disusul dengan IPS, Bahasa Indonesia, Agama, Matematika dan yang terakhir PLBJ. Rasanya lebih gembira dari membungkus paket-paket yang dikirim ke customer, ketika mendengar ia pass semua mata pelajaran tersebut. Duh senangnya. Saya pun langsung menelpon Yassir yang berada dikantor dan terdengar dari suaranya ia pun senang, bangga Adiva bisa. Alhamdulillah, tak sia-sia pontang-panting mempersiapkan Adiva untuk UTS nya kali ini.

Target dari Supplier

Saya senang dengan tantangan, target. Apalagi yang tidak masuk akal. Walau diawal perut ini pasti berasa mules dan lidah ini pun terasa kelu menahan ludah yang rasanya berat sekali melewati kerongkongan saya :-)

Dari supplier Utama, target XX juta. Alhamdulillah tercapai 50% di bulan Maret yang lalu. Senang rasanya. Paling tidak usaha-usaha diawal ini sudah memberikan tanda-tanda akan cerah nantinya. Dan dari supplier yang ke-2, masih jauh dari target, baru tercapai 40 %. Bukan karena produknya tidak terserap oleh pasar, tapi lebih karena ketidaktersediaan stok yang menurut saya sebenarnya sangat disayangkan. Karena jelas produknya bagus, unik, harga jualnya pun bersaing dan yang terlebih lagi tidak pasaran. Produksinya tidak bisa mengejar demand customer yang tinggi.

Siang ini saya pun sempat YM dengan supplier saya tersebut dan berharap komitmen yang lebih baik lagi dari beliau di bulan April ini. Saya siap untuk mencapai target yang diminta olehnya dulu. Kami sama-sama evaluasi tadi. Dan berharap semoga di bulan April ini hasilnya jauh lebih baik lagi.

Waktu terus berjalan..semakin dekat dengan puasa, lebaran...duh...kurang lebih 4 bulan lagi nih...alert..warning..prepare..be ready..kata-kata itu nyangkut dikepala saya akhir-akhir ini. Harus bisa belajar banyak dari pengalaman tahun lalu. Harus mencapai hasil yang lebih baik lagi.

Yassir pun sudah saya siapkan dalam 'kondisi' itu hahaha, maksudnya saya benar-benar minta disupport 1000% untuk go..go..go..terus..sampai titik akhirnya nanti. InsyaAllah. Mungkin juga harus berbagi fokus, offline dan online hehehe...iya kan?

Okelah, cukup sudah cerita saya yang penuh dengan semangat yang me'mantul-mantul' terbaca dalam tulisan saya kali ini. Semoga ada yang bisa mengambil kebaikan dari tulisan ini.

Makasih yaa sudah mampir kesini ;-p

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
1. Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan (Kerudung El-Zoya, Jilbab Permata, Jilbab Rabbani, Jilbab Maiara), telp : 021-9852 8394
2. Butik Shaakira Bunda (MANET, AZKA, ANNISA dan beberapa produk busana muslim pilihan branded lainnya), telp:021-703 23 787
Tebet Barat, Jakarta-Selatan
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

1 comment:

eka said...

Selamat dan sukses ya Buu ...
seneeeng banget baca ceritanya Mb Doris. Selalu semangat dan penuh inspirasi

Sukses ... sukses ..

Sedikit lagi mo ada toko ke3 nih. Pati ga lama lagi mba ...

Eka
http://www.pernik-unikdiary.blogspot.com