Pages

Sunday, July 20, 2008

Fokus di Bisnis Online

Beberapa hari terakhir ini karena rumah di lantai bawah sedang dipersiapkan untuk kehadiran anggota baru dalam keluarga kami, saya pun akhirnya ngungsi ke lantai atas. Duduk dan bekerja bersebelahan dengan Naning dan dikelilingi dengan stok yang semuanya tertutup plastik yang berdebu akibat kerja tukang di lantai bawah.

Saya online sesuai jam operasional toko online, sejak pukul 8 pagi - 5 sore. Diselingi dengan acara jemput diva pulang sekolah dan mampir ke toko melihat perkembangan di Shaakira Jilbab dan Shaakira Bunda. Cukup capek juga untuk saya yang sedang ingin males-malesan lagi karena sudah memasuki minggu ke 22 (he he he), tapi karena banyak produk baru untuk lebaran harus tampil di web dan segera dijual agar stoknya bisa berkurang dan tentunya bisa segera belanja lagi :) maka saya harus tetap semangat untuk membantu Naning bekerja.

Lumayan, jika kami berdua online, ternyata membuat respon terhadap masuknya order bertambah deras. Alhamdulillah. Berbisnis online juga tidak berbeda dengan berjualan di toko, kalau menurut saya. Sama ribetnya. Apalagi kalau berurusan dengan stok kerudung dan busana muslim saya yang terbatas dan sebagian berada di toko. Terkadang bingung juga, musti menjelaskan ke customer bahwa stok yang setiap pagi kami update akan menjadi tidak valid lagi menjelang siang hari, karena sudah langsung dipesan oleh customer lain. Dan menjelang sore bisa saja stok tersebut bertambah lagi jika customer yang sudah memesan ternyata membatalkan.

Berjualan lewat website butikshaakira.com memang sudah membuahkan hasil yang bagus, apalagi semenjak dibantu oleh staf CS saya, Naning, yang senantiasa online. Karena membidik segmen tertentu, saya berusaha untuk tetap fokus menyediakan produk yang sesuai target market tersebut. Walaupun terkadang ada juga niatan untuk memberikan variasi melebarkan target market ke arah bawah, tapi akhirnya hal tersebut saya tepis. Saya harus fokus kepada target yang sudah ditetapkan, karena itu akan membuat modal yang seadanya ini menjadi lebih optimal karena hanya disiapkan untuk beberapa produk pilihan saja.

Beberapa tawaran 'titip produk' di toko juga sudah saya perketat filtering nya. Walaupun tawaran konsinyasi, tapi kalau tidak sesuai dengan calon customer yang datang, buat apa menambah sempit ruang pajang toko saja. Belum lagi resiko kehilangan, dan lain sebagainya yang tentu saja menjadi resiko yang harus ditanggung oleh orang yang dititipi.

Oya, beberapa hari terakhir ini, permintaan untuk menjadi Agen/Sub-Agen Busana Muslim MANET dan Busana Muslim AZKA mulai beranjak naik. Mungkin memang sudah saatnya bagi mereka yang ingin mulai berjualan memanfaatkan momen lebaran yang akan tiba sebentar lagi. Beberapa yang berminat berlokasi di Jakarta, Depok, Palembang, Balikpapan. Ya senang juga, stok produk di toko sudah mulai keluar dan InsyaAllah akan segera terisi dengan stok edisi lebaran.

Pegawai baru pun sudah siap direkrut dan mulai bekerja di awal bulan depan. Total saat ini team Shaakira baru berjumlah 5 orang. Alhamdulillah. Masih organisasi mini :-), tapi saya sungguh sangat bersyukur karena bisnis Shaakira bisa memberikan rejeki kepada banyak orang termasuk juga saya sebagai ownernya. Amin.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

Bisnis saya :
1. Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan (Kerudung El-Zoya, Jilbab Permata, Jilbab Rabbani, Jilbab Maiara, Jilbab Munajah Cinta TAAJ, Jilbab Munajah Cinta Pasmira, Jilbab Kartina, Baju Anak Dannis, Baju Anak Keke, Koko Preview), telp : 021-9852 8394. Jl. Tebet Barat IX No. 23 (kios ke-4), Jkt, 12810.

2. Butik Shaakira Bunda (MANET, AZKA, ANNISA dan beberapa produk busana muslim pilihan branded lainnya), telp:021-703 23 787, Jl. Tebet Barat IX No. 23 (kios ke-2), Jkt, 12810.

3. Order online jilbab dan busana muslim grosir atau eceran
Website : www.butikshaakira.com, telp/SMS : 021-950-909-69, email : cs_butikshaakira@yahoo.com

No comments: