Pages

Tuesday, February 10, 2009

3 Bulan Pertama RKL ITC Kuningan


Rumah Kerudung Lamara (Zoya)
ITC Kuningan Lt. 4 Blok D10/6 (dekat Nokia Service Center)
Telp. 021-942.02.396


Gak terasa bisnis baru yang dibuka pada tanggal 7 Nov 2008 silam sudah melewati 3 bulan pertamanya. Banyak hal yang harus direview, apalagi yang menyangkut kepada target penjualan yang belum juga mencapai target yang telah ditetapkan setiap bulannya oleh sang owner ;-)

Target BEP = 10 bulan


Ini kan franchise, tentu saja proposal awal yang diberikan oleh perusahaan franchisor harus dijadikan acuan untuk saya menjalani bisnis ini. Lagipula saya bukan yang pertama mengambil franchise RKL ini, sudah ada beberapa teman TDA yang sudah terlebih dahulu menjalaninya. Makanya saya berani untuk fokus dan optimis untuk mengejar target BEP dalam waktu 10 bulan.

Dengan nilai investasi yang lumayan besar untuk ukuran pemula seperti saya yang baru nyemplung ke dunia bisnis 2 tahun kebelakangan ini tentu saja saya memonitor secara serius perkembangannya dari hari-ke-hari. Terus terang saja untuk mencapai BEP 10 bulan kami harus kerja keras membukukan penjualan di counter minimal 60 juta/bulan hehe maklum selama ini toko Shaakira Jilbab dan Shaakira Bunda hanya menorehkan omset separohnya lebih sedikit hehehe.

Nah saat review ini saya buat, omset penjualan belum mencapai target, masih kurang banyak. Walaupun disisi lain, omsetnya meningkat terus setiap bulannya, sehingga saya semakin optimis target itu bisa terlewati dalam waktu dekat insyaAllah.

Kenapa?
Saya hanya ingin mencari kambing hitam ;-) kenapa kok penjualan di toko saya tersebut belum mencapai target. Syukur-2 alasan-alasan dibawah ini tidak membuat saya malahan merasa di'maklumi' karena omsetnya masih dibawah target he he he...

- Lokasi toko yang kurang strategis
- Karyawan yang menjaga hanya 1 orang dibulan kedua hingga sekarang.
- Tidak promosi all out, misal melalui media atau website khususnya, memasang banner di lt.1 - lt.4 (yang berarti harus keluar biaya sewa space banner)
- Tidak ada mesin gesek EDC
- Kurang model-model jilbab polos yang sederhana. Ini sih memang di pusatnya kosong sih, jadi gimana dong...
- Agen dan member yang direkrut kurang banyak!

Action untuk mencapai dalam waktu 3 bulan ke depan
- Buat kartu nama dengan denah toko dan sisipkan ke setiap customer yang belanja
- Karyawan baru harus masuk sesegera mungkin, agar hasilnya lebih maksimal lagi
- Promosi..promosi..promosi. Pasang banner di setiap titik potensial & pastinya diukur jumlah investasi untuk marketingnya ini ketutup gak yah?...Go with media juga mulai dipertimbangkan, insyaAllah untuk merekrut agen-2 potensial yang berada diluar pulau sana :-)
- Pasang mesin gesek debit dan kredit (EDC)
- Pasang internet di toko untuk memaksimalkan penerimaan order lewat website. Jadi pintu order untuk jilbab Zoya ditambah lagi nih, selain lewat website www.butikshaakira.com juga bisa masuk melewati www.zoyacollections.com (under HEAVY construction yah--hehe ownernya kehabisan tenaga nih utk memodifikasinya ;-)). InsyaAllah skill karyawan di sana pun bisa dinaikkan menjadi computer literate kan yah. Investasi awal yang baru kebayang yang jelas kamera digital, background, training oleh karyawan internet dirumah yang sudah canggih-2 ;-), dll

Evaluasi lagi di bulan Mei 2009 yah, semoga target 60 juta itu terlampaui dan mudah dihasilkan disana. Amiiiinnnnn. Mohon maaf bagi para master ritel diluaran sana yang omsetnya sudah ratusan juta setiap bulannya, saya hanya ingin berbagi cerita proses Shaakira yang insyaAllah dalam prosesnya menuju omset ratusan juta tersebut, amin..amin..amin.

Nikmati perjalanannya setiap hari dengan penuh semangat dan sikap optimis yang tinggi. Kan ingin memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi orang lain, insyaAllah.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst

Bisnis saya :
1. Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan (Kerudung El-Zoya, Jilbab Permata, Jilbab Rabbani, Jilbab Maiara, Jilbab Munajah Cinta TAAJ, Jilbab Munajah Cinta Pasmira, Jilbab Kartina, Baju Anak Dannis, Baju Anak Keke, Koko Preview, Baju Renang Muslimah SAMIRA), telp : 021-9450-7553. Jl. Tebet Barat IX No. 23 (kios ke-4), Jkt, 12810. Grosir dan eceran Jilbab.

2. Butik Shaakira Bunda (Busana Muslim MANET, Busana Muslim AZKA, Busana Muslim ANNISA dan beberapa produk busana muslim pilihan branded lainnya), telp : 021-703 23 787, Jl. Tebet Barat IX No. 23 (kios ke-2), Jkt, 12810. Grosir dan eceran Busana Muslim.

3. Order online jilbab dan busana muslim grosir atau eceran
Website : www.butikshaakira.com, telp/SMS : 021-950-909-69, HP:0815-86038678
,
email : cs_butikshaakira@yahoo.com. Grosir dan eceran Jilbab dan Busana Muslim.

4. Rumah Kerudung Zoya - Jakarta Selatan, mencari Agen dan member untuk produk jilbab Zoya yang ekslusif dan terbuat dari bahan terbaik seperti Lycra Import, Tissue, Chiffon dll.

ITC Kuningan - Casablanca, Lt. 4 Blok D10/06 (dekat Nokia Service Center).
Telp : 942-02-396, hp:0815-86038678
Untuk agen : Diskon 25 % untuk pembelanjaan awal Rp. 2.500.000,- net
Untuk member : Diskon 10% untuk pembelanjaan awal
Rp. 500.000,- net
Grosir dan eceran Jilbab, Kerudung dan aksesories pelengkapnya.

No comments: