Pages

Thursday, March 19, 2009

Tingkah Laku Pembeli Online ButikShaakira.Com

Lagi-lagi penjabaran berikut ini terwujud dari sudut pandang pelaku bisnis online yang baru saja menjalani perbisnisan didunia maya ini dalam waktu kurang lebih 1 tahun yahh...

Harus diakui salah satu strategi bisnis untuk bertahan saat ini adalah dengan memberi kemudahan customer untuk memiliki produk yang kita jual. Anggap saja website ini adalah katalognya, hanya saja daya akses katalog online ini sungguh tak terbatas oleh lokasi toko berada dan juga jam bekerja toko tersebut.

Selain membidik pasar yang tepat kita juga harus membidik kata kunci yang sesuai dengan produk website kita. Agar jumlah trafik yang mengunjungi website menjadi tinggi dan syukur2 bisa terkonversi menjadi pembeli bahkan pelanggan setia website kita, iya kan.

Nah selama menjalani bisnis on-line yang masih dimanajeri semuanya sendiri, mulai dari pemilihan nama domain, layout desain dan pengoptimalan kata kunci atau keywords nya merangkap tukang mengecek duit masuk di rekening setiap hari hehehe, saya ingin berbagi beberapa tipe-tipe customer yang pernah saya dan team hadapi selama ini. Banyak cerita-2 yang lucu, unik dan terkadang membuat saya dan team terpelongo menyaksikan keajaiban2 transaksi yang terjadi melalui website kami, www.butikshaakira.com

1. Transfer tanpa memilih barang
Ada beberapa customer yang sudah sangat percaya dengan keseriusan kami berbisnis dan langsung mengirimkan uang sejumlah minimal persyaratan untuk menjadi salah satu produk yang kami jual di website. Biasanya setelah transfer mereka hanya "bilang tolong dipilihkan model, warna dan size yang mudah dijual dipasaran ya mba." Diberi kepercayaan seperti itu tentu saja kami senang dan malahan berusaha mensortir barang-2 terbaik yang kami miliki untuk customer jenis seperti itu, tentunya dengan harapan repeat order yang cepat akan segera datang kembali. Walaupun jarang2 kasus seperti ini, tapi kami pernah kok mengalaminya.

2. Pilih barang banyak2 kemudian cancel dgn alasan/YM mati dan tidak bs dikontak sama sekali.
Kalau hal seperti ini sudah biasa yah terjadi di bisnis on-line. Masalahnya waktu dan tenaga yang sudah kami curahkan untuk mengecek dan memisahkan stok tersebut sudah dialokasikan. Malahan terkadang permintaan ordernya begitu banyak. Yang baru-baru ini kami alami dan membuat jengkel (sebenarnya) adalah ketika kami menerima orderan jilbab > 50 pc yang terdiri dari beragam model dan warna. Ribet memilihkannya dan melakukan koordinasi dengan stok yang ada di toko Shaakira Jilbab dan RKL Zoya yang di ITC Kuningan.

Akhirnya setelah terkumpul, ditotalkan dengan ongkos kirim dan sudah dikurangi diskon agennya sebanyak 25%, kami pun mengirimkan totalnya kepada customer dengan harapan segera ditransfer dong dananya itu :-). Yang namanya belum rejeki, customer tersebut membatalkan secara total pesanan itu dengan alasan ada kepentingan lain yang mendadak.
Waduh...lemesss banget deh rasanya si Naning hehehe, laporan ke saya dengan muka loyo deh dia ketika mau pulang. Saya pun tersenyum aja walau sebenernya pingin ikutan lemess juga hehehe, tapi saya bilang nanti malam saya coba sms lagi deh si customernya supaya dia mau bekerja sama dengan baik dan menghargai usaha yang sudah dilakukan oleh kami demi memenuhi pesanannya.

Berita baiknya, besok pagi saya menerima SMS bahwa si customer sudah melakukan transfer ke rekening bank saya dan mohon agar barang dikirimkan segera. Wah saya senang banget dan langsung mengucap hamdallah.

Kejadian ini baru pertama kali dialami, maksudnya saya masih berusaha ke titik akhir untuk coba lagi kepada customer untuk melakukan pembayaran walaupun sebenarnya dia telah melakukan pembatalan order.Pikir saya jika sudah usaha sampe diujungnya ternyata dianya tetap cancel, berarti team saya habis dikerjai hehehe, mengumpulkan tepatnya 60 pc jilbab beraneka ragam model & warna untuk 1 customer.

Pengalaman sebelumnya sih sudah biasa yah, orang pesan via YM, email bahkan SMS sekalipun beberapa pc jilbab & busana muslim, dan setelah dikonfirmasi tidak ada kelanjutannya lagi. Jadi biasa aja deh ya kalau yang begitu. Kan jumlah nya tidak terlalu banyak. Tapi akhirnya kami jadi aware untuk customer2 seperti itu jika dateng orderan lagi, prioritas nya menjadi nomer yang kesekian, karena terus terang aja kami sangat mem-prioritaskan mereka yang mudah bekerjasama dengan kami.

3. Pesan barang yang tidak kami miliki
Nah kalau pengalaman yang satu ini lucu banget deh, ada yang minta dibuatkan paket sampel buka toko (hayo tau ngga ini produk andalan ibu siapa?...hehehe...srikandi TDA juga deh pastinya ;-), terus ada yang minta kerudung TAAJ abc, minta toyusin, minta....gitu deh minta yang kita ngga jual melalui website. Yang ada reply dengan permohonan maaf dan alamat website resmi adalah www.butikshaakira.com (sekalian memperkenalkan deh judulnya ;-)

4. Transfer tapi untuk pembelanjaan diwebsite lain
Hihihi, yang ini super anehh deh customernya. Jadi ceritanya dia belanja mukenah lewat website lain tapi transfernya ke rekening nya Shaakira. Untung ownernya Shaakira itu orang baik yah he he he, jadinya langsung deh saya transferin lagi ke rekening yang dimaksud..padahal belanjanya di web competitor lohhhh :-D...belum rejeki kali yahh

5. Tanya promo & Membandingkan diskon dengan website lain
Yang jualan busana muslim dan jilbab kan jutaaan nih di dunia maya, biasa dong kalau dibanding2kan dengan website lainnya. Tapi lucunya customer ada yang bilang "Eh mba, jualan busana muslim merek ini di website itu diskonnya segini loh mba, samain aja dehhh", katanya. Lha minta samain, kenal aja ngga tuh sama yang punya website yang ditunjuk, eh disuruh sama2in..gak banget dong yahhh...kan masing2 website punya kelebihan dan kekurangan masing2...

6. Transfer 50% dulu, selebihnya setelah barang diterima
Kalau yang ini benar2 tidak pernah dilakukan diwebsite kami. Karena mungkin ada beberapa pelaku bisnis online yang tidak komit dan jujur terhadap transaksi yang masuk melalui website mereka, akhirnya ada beberapa customer yang benar2 berhati-hati dalam melakukan pembelian via internet. Mereka takut kena tipu, kemplang atau apalah yang mengakibatkan uang yang sudah ditransfer duluan tapi barang yang dipesan tak kunjung datang.

Wajar kalau customer yang baru pertama kali agak sedikit meragukan kejujuran pelaku bisnis online. Saya juga pernah beberapa kali menerima customer dari luar pulau yang meminta saudaranya untuk mengunjungi langsung toko Shaakira di Tebet Barat sebelum mereka melakukan orderan berjuta-juta yang pertama kalinya hehehe. Biasanya sih setelah melihat bentuk fisik usahanya meraka baru yakin bahwa kami komit 1000% terhadap penawaran dan produk2 yang kami pajang diwebsite untuk dijual memang benar ada barangnya.

Meskipun begitu ada juga lho customer yang mau DP 50% dan melunasi sisanya setelah barang diterima. Kalau ada permintaan seperti ini seberapa besar pun orderannya tidak akan diapprove oleh saya. Ini adalah bentuk kewaspadaan dari pihak penjual, karena itikad baik dari pihak cutomer jelas saja kami belum tahu tapi kalau itikad baik dari kami sebagai penjual yang ingin kredibel didunia maya tentu saja kami akan berusaha semaksimal mungkin menjaga nama baik dengan cara memenuhi dan mengirimkan semua orderan sesuai pesanan customer. Jauh2 deh yang namanya nipu, ngemplang orang lain dll yang berbau negatif, apalagi usaha ini kan niatnya untuk mencari rejeki yang halal dan berkah kok biar selalu ditambah2 oleh Allah...aminnnn.

Sejalan dengan waktu website kami www.butikshaakira.com sudah memasuki tahun keduanya, saya juga sudah memperpanjang sewa domain dan hostingnya untuk setahun kedepan. Semoga bisa langgeng, manjang, berkah dan semakin profesional lagi website kami ini dan omset penjualannya bisa mencapai 9 digit di akhir tahun ini..aminn..aminn..aminn..

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst

Bisnis saya :
1. Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan (Kerudung El-Zoya, Jilbab Permata, Jilbab Rabbani, Jilbab Maiara, Jilbab Munajah Cinta TAAJ, Jilbab Munajah Cinta Pasmira, Jilbab Kartina, Baju Anak Dannis, Baju Anak Keke, Koko Preview, Baju Renang Muslimah SAMIRA), telp : 021-9450-7553. Jl. Tebet Barat IX No. 23 (kios ke-4), Jkt, 12810. Grosir dan eceran Jilbab.

2. Butik Shaakira Bunda (Busana Muslim MANET, Busana Muslim AZKA, Busana Muslim ANNISA dan beberapa produk busana muslim pilihan branded lainnya), telp : 021-703 23 787, Jl. Tebet Barat IX No. 23 (kios ke-2), Jkt, 12810. Grosir dan eceran Busana Muslim.

3. Order online jilbab dan busana muslim grosir atau eceran
Website : www.butikshaakira.com, telp/SMS : 021-950-909-69, HP:0815-86038678
,
email : cs_butikshaakira@yahoo.com. Grosir dan eceran Jilbab dan Busana Muslim.

4. Rumah Kerudung Zoya - Jakarta Selatan, mencari Agen dan member untuk produk jilbab Zoya yang ekslusif dan terbuat dari bahan terbaik seperti Lycra Import, Tissue, Chiffon dll.

ITC Kuningan - Casablanca, Lt. 4 Blok D10/06 (dekat Nokia Service Center).
Telp : 942-02-396, hp:0815-86038678
Untuk agen : Diskon 25 % untuk pembelanjaan awal Rp. 2.500.000,- net
Untuk member : Diskon 10% untuk pembelanjaan awal
Rp. 500.000,- net
Grosir dan eceran Jilbab, Kerudung dan aksesories pelengkapnya.

5. Bisnis online - Oriflame, yok bergabung dan bertumbuh bersama saya :-)
Hanya dengan modal Rp. 19.900,- saja insyaAllah kita bisa meraih sukses bersama dengan yang lain di bisnis ini.

No comments: