Pages

Saturday, May 02, 2009

Hari Kebangkitan Shaakira Jilbab

Kemarin, Tepat 1 Mei 2009, alhamdulillah Shaakira jilbab sudah berumur 2 tahun. Masih berdiri disana, di lokasi terbaik buat saya, di Tebet Barat.

InsyaAllah untuk 2 tahun kedepan juga :) karena baru saja diperpanjang sewanya.

Sepanjang perjalanannya dalam waktu yang singkat itu pula saya belajar menjadi seorang manger operasional dadakan. Mencoba menjadi ahli dalam mengarahkan dan memompa semangat staff yang berada dilapangan.

Ternyata tidak mudah buat saya sang manager yang disepuh oleh komunitas TDA yang aktif saya ikuti. Hingga saat ini belum ketemu formula yang pas utk team saya yang sekarang berjumlah 6 orang. Skema penggajian, bonus atas prestasi, hukuman yg diberlakukan atas kesalahan yg terjadi, apalagi yg menyangkut menyentuh emosi & spiritual mereka belum saya laksanakan dengan baik.

Masih banyak kekurangan disana-sini. Meskipun begitu saya tetap optimis mempertahankan bisnis yang sudah menjadi 1st source of income di keluarga kami. Dan bersyukur juga bisa menjadi saluran rejeki buat 6 org lainnya. Alhamdulillah. Komitmen memberikan gaji sesuai dgn perjanjian setiap bulannya terus dipenuhi tidak peduli bisnis sedang lesu ataupun tiarap :-)

Nah kenapa 1 Mei disebut kebangkitan buat Shaakira? Itu karena pada saat itu Yassir dan saya berencana mengubah layout Shaakira Jilbab, mulai bersiap utk membuat administrasi yg rapih, mulai mencoba membuat legalitas usaha yg namanya aduhai cantik nian buat kami berdua. Mulai mendidik dan memberikan kepercayaan kepada kepala toko yang baru. Mulai take full control dalam menjalankan bisnis sehari2 stlh berbulan2 diserahkan kpd org lain :-), mulai bersiap menjadi leader yg sesungguhnya di kawasan Tebet Barat, insyaAllah.

Kami juga sudah mulai mencoba mencatat administrasi yang rapih untuk usaha ini. Software yang digunakan juga masih buatan lokal, yang penting ngga bajakan hahaha. Pake Rulisoft (OMSET v. 2.0), euy. Software secanggih apapun jika tidak ada data entry yah sama saja ngga berguna kan ya, jadi sekarang nyicil ngisi data pembelian, penjualan, pembayaran supplier dll.

Repot dong?? Iya, karena banyak kerjaannya, tapi sambil sesekali ngintip coba menjalankan Report Sales, Report Inventory, Report Purchase dll, repotnya ngga terlalu dipikirin. Karena terbayang insyaAllah hasil akhirnya akan membuat proses analisa bisnis menjadi lebih mudah dan akurat.

Ohya karena database nya itu masih pake Access, jadi terkadang saya query report langsung ke database saja hehehe, jadi mau query report sesuai dengan yang diinginkan insyaAllah bisaaaaa.

Satu lagi hutang untuk buat sms bisa terbaca melalui layar komputer dengan menggunakan hp yang sekarang dipake, yakni si Nokia 6070, perlu beli kabel datanya dulu nih, si CA-42. Menurut teman yang pakar IT, katanya bisa dengan menggunakan Nokia PC Suite, coba saja deh ya. Kalau bisa kan hemat banget ngga usah pake beli software + device baru. Semoga aja berhasil nih. Nanti di ceritain lagi di blog ya kalau memang sudah berhasil hehehe.

Tahun 2009, waktunya untuk Shaakira bersiap menjadi yang lebih baik lagi dalam segala hal insyaAllah.

Salam,
Doris Nasution
YM: dorisnst | dorisnst@yahoo.com
Website : www.butikshaakira.com

1 comment:

mel@ said...

mbak... kayaknya access 2007 itu udah ada template softwarenya de mbak... northwind kalo ga salah...
lumayan lengkap siy kalo lihat sekilas... dari purchasing sampe segala macem... udah gituuu bisa nambah template general ledger darii microsoft juga...
cumaa... bahasa inggriss siy... hehehe... makanya buat cutehome kemarinn... jadi ga kepake... lagiaannn... berhubung masih dikit... jadiii masih bisa manual... :D