Pages

Wednesday, July 01, 2009

Pengalaman Tutup Poin

Senin Malam 29-06-2009
Sudah mulai mikir panjang apa mau berangkat ke lapangan alias kantor oriflame untuk tutup poin (Tupo). Cek poin via telpon masih 5040. Perlu banyak lagi nih kalau mau nyampe ke 18%, minimal mesti punya 6660 poin. Ngomong sama upline, mbak Denti enaknya TuPo dimana, mengingat kondisi ngga mungkin bisa ninggalin rumah lama-lama utk orderin pesanan downline.

Mba Denti bilang ke rawamangun saja, karena disana antriannya tidak sepanjang di Oriflame Bulungan karena setiap ngantri msing-masing orang hanya diperbolehkan utk proses 2 order form.
Malam itu juga ngomong ke uda Yassir tentang rencana TuPo ini dan alhamdulillah dapat support :-)

Karena baru pertama kali, persiapan yang saya lakukan cukup matang, mulai dari charge batre HP sampe full, isi pulsa HP yg cukup, katalog, flyer, AR terakhir dari web, form COF, alat sholat, buah utk camilan waktu ngantri hehe dan duit secukupnya untuk belanja produk disana. Selain itu sudah siap fisik dan mental menghadapi suasana baru disana meskipun ngga terbayang sebenarnya. Yang penting usaha sampe mentok, pikir saya. Urusan hasil akhirnya, nyampe 18% atau tidak sudah ada yang mengatur dan paling tahu kapan memberikan hal itu pada waktu yang paling baik dan tepat buat hamba-Nya.

Selasa Pagi 30-06-2009
Aliyah agak rewel, yang biasanya tidur pagi setelah dimandikan, kali ini ngga mau tidur juga. Dari niatan berangkat jam 10 pagi, molor ke jam 11.30. Ya sudah ngga pa pa saya fikir apa sih yang dikejar, waktu TuPo kan panjang minimal hingga jam 10 malam, bahkan seringnya hingga diatas jam 1 pagi lho. Hiii kebayang betapa lemes badan rasanya yah kalau standby di kator Oriflame hingga pagi seperti itu. Benar-benar perjuangan.

Sebelumnya, saya SMS seluruh downline dan upline mengenai niatan untuk TuPo diRawamangun. Minta bantuan jika ada order tambahan segera di SMS ke saya agar langsung diproses saat itu juga, supaya poin bisa bergerak naik ke 18%. Alhamdulillah banyak juga yang mendukung dengan memberikan sms-sms orderan tambahan. Sewaktu berangkat saya hanya memiliki 2 form order saja, dalam prosesnya hingga jam 7 malam transaksi yang diproses sudah hampir 20 form order. Luar biasa supportnya teman-teman semuanya.

Akhirnya berangkat menuju Oriflame Rawamangun berdua dengan uda Yasir. Makan gado-gado dulu di depan BCA Tebet Barat. Yak teng berangkat keluar dari Tebet Barat jam 12.00 siang waktu matahari memancarkan sinarnya yang paling gahar :-)

Sampai di kantor Oriflame Rawamangun, rame meski belum crowded. Celingak-celinguk cari Devi, salah satu cross line yang sudah berjuang sejak jam 11 pagi...sampe bolos kantor ya bu hehehe...alhamdulillah ketemu. Di brief sedikit, untuk mengerti tata-cara antri order dan ambil barangnya disana. Saya pun langsung masuk antrian membawa 2 form order pertama, ambil di Orifast, punya mba Canina dan Rahmi. Ketika membayar, ada opsi bayar cash, debit BCA dan menggunakan Kartu Kredit tanpa charge. Ya sudah saya gunakan kartu kredit saja agar mudah. Clear. Langsung muter masuk antrian lagi, untuk proses berikutnya. Beres.

Langsung naik ke lantai 2 untuk ambil barang. Sampai sini saya mengerti kenapa di Oriflame Rawamangun tidak terlihat riuh, crowded seperti di Bulungan. Ya karena pemisahan lantai antara tempat memproses order-kasir, dan pengambilan barang. Saya sudah mulai agak familiar dan nyaman dengan tempat ini. Duduk menunggu dipanggil namanya, barang-2 pesanan pun akhirnya diberikan. Wah ada 2 kantong plastik, ribet juga msti membawa-2 barang2 itu kesana kemari. Berat dan sedikit mengganggu mobilitas. Lain kali, bereskan semua orderan baru ambil dalam satu waktu aja deh dan langsung pulang hehehe itu kesimpulan sementara saya.

SMS orderan terus masuk, form orderan yang saya bawa dari rumah sudah habis. Duh bagaimana yah, akhirnya bertanya ke satpam ternyata form order (COF) itu bisa dibeli disana dengan harga @ Rp. 100. Oke langsung beli 10 pc untuk jaga-2. Ketika asyik menulis orderan yang bertambah banyak, Devi lewat untuk mengecek kondisi saya :) dan bilang

Devi : "Ris, form orderan lo banyak?".
Doris : "Iya", jawab saya. "Gue musti muter ngantri berapa kali lagi nih Dev, lumayan lho sekali muter bisa 20-30 menitan."
Devi : "Ya udah elo pake tiket antrian gue aja yah, ini no. 68 sekarang sih baru nomer 52". Kalau elo punya form order > 3 mendingan minta nomer antrian ke pak satpam untuk masuk ke ruangan khusus jadi gak usah ngantri di line process 2 form order itu, sambung Devi sambil menyerahkan tiket antrian ke tangan saya.
Doris : "Ooooh, tq yah.", jawab saya. "Nah elo entar pake apaan?"
Devi : "Gue ambil lagi aja, ntar Denti yang ngantri abis pulang kantor katanya dia mau menyusul kesini". Akhirnya Devi dapet nomer 89

Sambil menunggu tiket antrian nomer 68 dipanggil saya tetap ngantri di line process yang hanya menerima 2 form order. SMS orderan dari downline terus masuk. Alhamdulillah banget. Hingga akhirnya 10 pc pertama form yang tadi dibeli habis. Ya sudah beli lagi 10 pc yang kedua.

Jam 2.20 saya putuskan utk Zuhur dulu. Rasanya wajah sudah berminyak banget, lagian perlu rehat sambil ngadu berdoa hehe semoga apa yang saya usahakan terwujud. Habis sholat saya pergi untuk mengintip perkembangan poin di komputer yang disediakan utk seluruh konsultan Oriflame. Wah baru 5670. Ada kenaikan 630 poin. Wuah senang banget rasanya meski perjuangan menuju 6600 masih panjang rasanya hehe.

Denti datang jam 4-an, memantau perkembangan terakhir. Buat saya kehadiran Denti itu memberikan energi tambahan banget, thanks ya mba :). Akhirnya kami berdua break sebentar kewarung untuk minum. Sambil membicarakan action yang harus dilakukan jika poin tidak tercapai apakah ingin berbelanja menutupi poin agar target tercapai atau tidak. Hitung-hitungan saya, nomboknya juta-juta. Terus terang saya tidak mau kalau belanja / mengumpulkan stok demi poin. Buat apa, itu berarti tidak real dan akan membuat bulan-bulan selanjutnya semakin berat. Karena kekuatan jaringan belum sepenuhnya kuat untuk naik ke 18%. Nanti kalau jaringan sudah kuat, orangnya banyak, saatnya tiba juga kok utk naik kelevel itu.

Denti dan saya akhirnya akur untuk let it flow saja. Lihat nanti bagaimana hasil akhirnya. Kembali masuk ke ruangan kantor, sholat Ashar dulu. Beres. Ehhh mba Arum, salah satu downline yang alhamdulillah naik ke level 6% datang ambil barang orderannya. Jadilah kita berempat bahu-membahu gantian jaga barang.

Jam 7.45 malam orderan terakhir diproses. Print poin dan cek downline2 yang mengejar level 12, 9, 6, 3 % semuanya sudah diposisi aman. Hadiah WP2 untuk Mba Nindya di Jogja dan Pak Yayan berhasil diambil tanpa ada KTP. Alhamdulillah. Caranya saya diarahkan untuk minta tanda-tangan dari ASM yang bertugas dan berjanji mengirimkan KTP nya. Demi downline, saya pun mengusahakan itu daripada hadiahnya hangus. Beres.

Cek poin masih di 5840, berarti masih kurang banyak ke 6600. Pasrah dan ikhlas. Meskipun begitu kok hati saya puas banget yah. Mungkin karena sudah berusaha hingga mentok dan maksimal jadinya saya puassss banget. InsyaAllah bulan depan bisa naik ke 18%.

Jam 8.00 malam sudah diparkiran, menuju Tebet Barat. Sepanjang perjalanan, uda Yassir cerita Adiva badannya agak hangat dan Aliyah yang keliatan sudah rindu sama ibunya ini :). Apalagi mama yang nampaknya juga sudah keletihan menjaga Aliyah sejak siang tadi. Di perjalanan, berjanji sampai rumah harus memberikan atensi full kepada mereka bertiga yang ikutan juga mensupport usaha ibunya yang mau naik level 18%.

Jam 8.20 malam, sampe rumah. Alhamdulillah selamat dan baik-baik aja, naik motornya ngebut soalnya. Masuk kamar, daster wangi dan rapih sudah disiapkan oleh si cantik Adiva. Wahh langsung maknyess seneng an bahagia. Cuci muka, ganti daster-hehe baju rumah kebanggaan, langsung naik ke atas melihat Adiva dan Aliyah. Semua mata berbinar-2 rindu nih sama ibunya. Semua terlihat mau bercerita, mama juga terlihat cape. Yah ngobrol2 sebentar diva minta disuapi makan malam, alhamdulillah makannya semangat. Senang dan bersyukur kembali ke rumah yang hangat dan nyaman.

Bulan depan, insyaAllah mudah untuk naik ke 18%. Pengalaman TuPo yang seru, menegangkan tapi kok yah hatinya seneng. Sungguh aneh. Mungkin karena yang diurusi adalah bisnis milik kita sendiri yah. Seberapa sulitnya kondisi yang dihadapi, jika diberikan kekuatan komitmen, semangat, fokus dan terakhirnya ikhlas kepada yang Maha Besar apa sih yang ngga bisa dilewati oleh kita hamba Allah ini? Semuanya pasti bisa dilewati, semuanya pasti bisa diraih. Hanya waktu yang paling tepat kita tidak tahu karena itu berada diluar kekuasaan kita, iya kan.

Yang jelas dari bisnis Oriflame bersama DBCN ini saya belajar teamwork. Ketika diaplikasikan kebisnis butikshaakira.com. Alhamdulillah Team online saya (Naning dan Nita) berhasil mencapai target omsetnya utk yang pertama kalinya dibulan ini. Alhamdulillah, saya mendapatkan banyak hal dari bisnis M*LM ini.


Salam,
Doris Nasution
YM: dorisnst | dorisnst@yahoo.com
Website : www.butikshaakira.com

2 comments:

ovy said...

mantefff mba doris...aku jg udh let it flow kmrn mba..kmrn terakir ada DL yang bisa dicolek meski cm brp BP..mdh2an bulan depan naek melesat lagi..amiinn

sharah said...

hebaaaat bgt tuponya, so proud of u mbak!!!!
iAllah bener keputusan kemarin utk gak maksa......

bismillah, let it flow, yg penting kita semua berusaha, go 18....even 21% this July!!

mwaach!