Pages

Friday, October 23, 2009

Pedagang Harus Punya Kreatifitas dan Kebanggaan

Di masa-masa setelah habis lebaran seperti ini adalah kesempatan untuk mengumpulkan kembali semangat dan kreatifitas. Sebagai pedagang busana muslim dan jilbab beserta aksesorisnya masa panen raya baru saja lewat. Sekarang grafik penjualan turun ke level bawah :). Karyawan pun banyak menganggur karena customer yang datang ke toko tidak lagi seramai 2-3 bulan menjelang lebaran.

Laporan penjualan yang masuk via SMS setiap hari pun kerap 0 rupiah alias tidak ada transaksi. Saya dan Yassir pun tersenyum miris setiap kali membaca laporan tersebut. Setelah lebaran memang pahit, padahal ini bukan tahun pertama kami merasakan hal seperti ini. Tapi tetap saja rasanya pahit dan membuat perut menjadi mulas karenanya.

Tekad di bulan November kami harus bangkit kembali mengejar target dan memonitoring sales yang harus dipenuhi oleh masing-masing toko. Cukup istirahat, loyo, pasrah dan bingungnya di bulan ini saja :) karena jika tidak semangat dan bangkit kembali bukan pedagang namanya.

Kata mantan wapres Jusuf Kalla dulu "Saudagar harus punya kreatifitas, maknanya punya seribu akal untuk memberikan nilai tambah kepada produk yang dijualnya dan harus juga mampu untuk memakmurkan orang banyak"...akur banget deh pak Jusuf Kalla, padahal saya dulu memilih bapak lho hehehe.

Ah balik lagi kepada kondisi real yang bulan ini sedang dihadapi oleh Shaakira. Pengurangan karyawan sudah terjadi. Team nya sekarang hanya 7 orang. Dan menurut saya itu pun masih terlalu banyak. Kemungkinan akan di pres kembali menjadi lebih kecil lagi. Masih menimbang juga tentang hal ini. Jumlah toko juga akan dikurangi. InsyaAllah diakhir bulan ini akan ditutup 1 offline toko untuk kembali mengencangkan ikat pinggang dengan mengurangi biaya yang harus dibayar setiap bulannya.

Postingan ini pula yang menyadarkan saya akan kenyataan bahwa franchise yang saya beli di tahun 2008 yang lalu belum memberikan hasil seperti yang saya impikan. Saya pikir beli franchise bisa langsung untung, (ternyata) saya (memang) salah. Untuk yang ini saya belum untung tapi saya pantang mundur. Saya akan berusaha untuk menjadi untung sambil berdoa tentunya dan tentu saja menyelesaikan 10,000 jam PR saya untuk menjadi pedagang yang tangguh. Profesi baru yang saya pilih pada tahun 2007 lalu.

Salam,
Doris Nasution
YM: dorisnst | dorisnst@yahoo.com
Website : www.butikshaakira.com

2 comments:

Evi said...

Tetap semangat bu....
sama, aku juga gitu hiks..
malah ini adalah pertama kalinya . krn tahun2 lalu aku blom merasakan panen lebaran....

ira said...

Aduh jujur banget jadi ikut hiks..semoga pas baca komen ini udah nggak lagi ya mbak. Kalau saya ramainya penjualan pas ramadhan saya jadikan promosi rencana paska lebaran. Nanti habis lebaran ada ini lho.. ini lho..(yang sudah direncanakan) dan alhamdulillah tetep stabil.