Pages

Monday, September 13, 2010

Pelajaran dari Jaga Toko Part I

Di hari H-4 menjelang lebaran 2010, saya pun turun gunung menjaga toko Offline Butik Shaakira yang berlokasi di Tebet Barat, Jakarta-Selatan. Lagipula sudah tidak ada paket yang musti dikirim lagi melalui online. Jadilah tim online, Naning dan Nita pun turut serta menjaga toko di hari-hari terakhir ramadhan.

Beberapa hal saya dapatkan dari beberapa hari di lapangan tersebut. Selain letih dan pinggang pegel karena berdiri terus melayani customer saya mendapatkan cerita-cerita yang ingin dibagikan dalam notes kali ini. Yang sangat perlu digarisbawahi adalah layanan pelanggan offline yang jauh lebih penuh warna dan sangat berbeda dengan melayani pelanggan melalui email, YM maupun chat di Facebook :)

Dihari pertama terjun, saya mendapati karyawan tetap yang menjaga toko hapal dengan beberapa nama pelanggan dan menyambut kedatangan mereka dengan sebutan nama dan juga sapaan yang ramah. Alhamdulillah berarti mereka sudah akrab dan membina komunikasi yang baik dengan pelanggan. Point bagus untuk Butik Shaakira ->1

Kemudian setiap akhir transaksi saya mendengar kasir mengucapkan terima kasih bu...itu point yang bagus lagi untuk Butik Shaakira ->2
Alhamdulillah....nah terus point yang perlu diitingkatkan apa dong ??

Sebenarnya point yang perlu ditingkatkan sangat banyak, coba perhatikan cerita pelayanan berikut ini dan apakah kesimpulan anda yang membaca notes ini sama dengan saya....

Cerita 1
-------------
Suatu waktu, masuklah seorang ibu yang kebetulan tidak menggunakan busana muslim dan kerudung ke dalam toko. Satu karyawan saya menyambutnya dan menanyakan ibu itu mau mencari busana apa. Sang ibu menjawab mencari busana muslim dan mulai sibuk menyibak helaian gantungan blus maupun gamis yang ada. Nah, dia mengambil sebuah blus tunik Azka berwarna biru dongker dan menanyakan kepada karyawan saya ukuran M nya ada, karena di hanger baju tersebut ukurannya XL. Karyawan saya menjawab tidak ada dan diam tanpa melanjutkan penawaran ke produk sejenis tapi berbeda model.

Melihat hal tersebut, saya yang dari tadi hanya mendengarkan saja akhirnya memutuskan untuk menempel ibu tersebut dan memberikannya pelayanan terbaik versi owner hehe :)

Melihatnya kecewa karena produk tersebut tidak ada, saya lalu menawarkannya untuk menunggu karena saya ingin menanyakan kepada karyawan online di rumah kemungkinan stok ukuran M nya agar sesuai dengan keinginan pelanggan tsbt. Langsung saya gunakan hp esia toko dan menghubungi Naning yang kebetulan sedang dirumah mengambil stok yang lain. Jawaban naning, ukuran dirumah hanya ada L dan XL.

Akhirnya saya jelaskan kepada ibu tersebut, memang produk tsbt ukuran M nya kosong dan saya pun mulai sibuk menawarkan bbrp produk AZKA lainnya yang model atau warna yang mirip dgn yg dipilih oleh ibu tsbt. Tetap saja tidak sreg dihatinya. Akhirnya saya biarkan ia menjelajah produk lainnya dan alhamdulillah berujung di sebuah blus coklat keemasan dari merek Zoya yang diambilnya. Setelah dicoba, ia memutuskan untuk membeli blus tersebut. Saya pun tersenyum lega.

Menuju ke kasir, saya bertanya apakah ibu sudah punya kerudung yg senada dgn baju ini?
Ibu itu menjawab, "belum punya."
Saya pun dengan sigap mengambil kantong stok kerudung paris yang polos dan manik-2 juga kerudung instant dari Zoya dan menyodorkan pilihan itu kepadanya. Tangannya memilih sebuah kerudung paris warna senada dengan manik2.

Kemudian, saya bertanya lagi, apakah ibu sudah punya dalaman yang perlu dipakai sebelum menggunakan kerudung paris?
Lagi-lagi jawabannya, "belum punya".
Satu buah kantong stok berisi anak kerudung Zoya saya berikan kepadanya dan tentu saja saya pun membantunya untuk mencoba memakai anak kerudung tersebut. Pilihan jatuh kepada anak kerudung berwarna coklat krem.

Kemudian ketika sudah semuanya, dan saya melipat baju tersebut kedalam plastik ber-seal, saya mencoba memberikan saran.
"Ibu, baju ini agak tipis, apa ibu mau menggunakan manset baju agar tidak terlihat menerawang?"
Dia pun menjawab mau, dan 1 buah manset zoya berwarna coklat krem berukuran M kembali menambah item belanjanya...

Kemudian tiba-tiba sang ibu bertanya, "disini ada legging?"
"Ada bu", jawab saya sambil meminta karyawan untuk mengeluarkan stok legging ukuran standar dan memberikan kepada sang ibu utk dipilih.

Total ada 5 buah item yang dituliskan pada nota oleh kasir. Dari yang mulanya dia diberikan jawaban "Tidak ada" atas pilihan pertamanya tadi.

Seandainya kata tidak tadi dibiarkan saja tanpa memberikan alternatif solusi, tentunya pelanggan tersebut akan merasa tidak dihargai dan keluar dari toko offline Butik Shaakira tanpa ada pembelanjaan apapun. Kan sayang rasanya.

Saya pernah membaca sebuah buku tentang layanan pelanggan, tapi sayangnya masih banyak hal-hal dibuku tersebut yang belum dipraktekkan secara maksimal di dunia nyata. Salah satu PR lagi untuk Butik Shaakira untuk membuat pelanggan rindu dengan pelayanan kami dan insya Allah akan terus mengingat bisnis kami ini di tengah keriuhan persaingan bisnis busana muslim dan kerudung di dunia nyata dan dunia maya (online).

Pendapat anda bagaimana?

Salam,

Doris Nasution I'm @ home, making money and grow my personality ;-)
YM: dorisnst | dorisnst@yahoo.com | www.dorisnasution.blogspot.com
Mau cari busana muslim & kerudung terbaru ? disini tempatnya www.ButikShaakira.com
Mau mendapatkan penghasilan dari bisnis online? ini yang paling tepat ada duitnya www.BisnisImpianBunda.com

No comments: