Pages

Sunday, December 12, 2010

Mindset seorang (Calon) Senior Manager ;-)

Hampir 2 tahun tepatnya saya menggeluti bisnis M*LM Oriflame melalui grup d'BCN ini.Tanggal 19 February 2009 adalah waktu yang tidak bisa saya lupakan, tentang niat saya untuk sukses disini sama seperti Nadia, Sharah dan Meuthia Rizki ketika saya menghadiri acara besar OOM untuk pertama kalinya.

Hari itu saya melihat Nadia recognisi sebagai new Shappire Director dengan penghasilan 28 jutaan/bulan. Dia pun menangis di panggung karena akhirnya dengan penghasilan Oriflame dia bisa mengajukan KPR rumah nya sendiri dan membangunnya dari sebidang tanah.

Buat saya, momen itu tidak bisa hilang dari pikiran ini, episode itu terus diputar di kepala saya jika saya flash back kembali menguatkan 'apa' yang membuat saya berada disini dan harus juga bisa sukses seperti upline-2 saya itu yang tidak berbeda dengan saya...mereka juga ibu rumah tangga seperti saya dan kepingin mengerjakan bisnisnya dari rumah saja, tetap ingin punya uang dan bisa meraih impian keluarga dengan tidak bergantung kepada suami sepenuhnya :)

Saya join dengan kesadaran penuh dan dengan mindset seorang pebisnis gurem yang melihat Oriflame bisa menjadi alat untuk akselerator langkah-langkah saya untuk mewujudkan impian demi impian.

Sebaik masuk, saya lahap e-book dalam waktu 2 hari, di tengah malam, bayi saya sedang tidur. Saya baca semua postingan di forum, saya lakukan promosi dan rekrut 11 orang pertama di bulan ke-1 saya bergabung. Saya belanja untuk digunakan pribadi dan keluarga saya. Saya ganti semua shampoo, odol, bedak dan minyak wangi keluarga kami dengan produk Oriflame.

Target saya waktu join cuma pingin punya penghasilan 4 juta rupiah/bulan, agar saya bisa mencicil kios saya sendiri di ITC Kuningan. Cuma itu. Saya bosan ngontrak kios melulu. Pingin punya kios sendiri dan belajar menjadi investor property kecil-kecilan dulu lah.

Ternyata hanya perlu waktu 10 bulan, saya bisa meraih penghasilan 5.1 jt. Cepat sekali dan dalam proses 10 bulan ini saya sudah melahap banyak sekali artikel-artikel suntikan motivasi yang disediakan oleh Oriflame, oleh d'BCN dan pikiran saya pun berkembang lebih dari memiliki kios sendiri di ITC Kuningan....hahaha....langsung berani up-grade.

Ternyata bisnis ini proven, dan mudah untuk dipelajari. Modal saya cuma IMPIAN, promosi dan pakai produknya agar saya bisa testimoni based on experience. Saya berubah menjadi seorang leader yang lebih baik...saya belajar menjadi pendengar yang baik untuk jaringan saya, dan saya berubah menjadi lebih matang, dan solusi-oriented.

Di minggu pagi ini, saya ingin me-refleksikan perjalanan hampir 2 tahun menggeluti bisnis M*LM Oriflame ini untuk teman-2 semua yang sedang memperjuangkan impian diri dan keluarganya di milis ini....

Pikir saya, mindset yang harus dimiliki oleh seorang (calon) SM adalah:

1. Impian  
Memiliki impian yang tinggi dan jelas. Karena semuanya bermula didalam pikiran. Kenapa harus jelas agar bisa diukur apa action yang harus diambil supaya impian itu bisa terwujud. Impian tidak harus satu, boleh banyak dan harus terus di-upgrade jika sudah tercapai. Saya memiliki impian punya kios sendiri di ITC Kuningan, yang saat itu cicilan per bulannya adalah 4.4 juta. Dana tersebut tidak saya ambil dari keuntungan bisnis kerudung yang saya jalankan di Tebet, harus ada sumber baru, pikir saya saat itu. Dan melalui Oriflame saya bekerja menciptakan sumber baru itu. Penghasilan 4 juta dijanjikan bisa diraih jika posisi saya adalah seorang 21%, maka impian saya saat itu adalah punya penghasilan 4 juta dalam waktu 1 tahun krn kios yang saya kontrak di ITC Kuningan berakhir di Feb'2010.

Impian yang jelas dan saya sampaikan ke Denti dan Sharah....bantu saya, ajari saya, bimbing saya agar saya bisa mewujudkan impian tersebut. Saya bicarakan kepada orang lain agar saya bisa diingatkan kembali jika dalam prosesnya saya lesu, lemes, mudah patah, dan tidak kuat menghadapi segala tantangan dan cobaannya :)

2. Bertanggung jawab sepenuhnya kepada bisnis kita ini. Jadi nakhodanya. Ini adalah bisnis kita sendiri. Kuasai ilmunya. Tambah ilmunya secara mandiri. Jangan suka menyalahkan orang lain, upline, downline dan terus bergerak tanpa 'dipecut' oleh orang lain. Temukan alasan (why) nya kenapa saya harus sukses disini...apa yang membuat saya harus bertahan di bisnis ini...Untuk siapa bisnis yang sedang dirintis ini dilakukan...Untuk mewujudkan apa? Take ownership of your own business...

3. Action oriented, Solution oriented
Bohong besar kalau saya bilang pencapaian SM dalam waktu 10 bulan itu tanpa action...action...action, kerja keras, tenaga, dana (modal), pikiran, air mata juga kadang-kadang hahaha apalagi kalau ketemu downline yang bossy, sok pinter dan malas...duh sedih deh hehehe....apalagi kalau ada downline yang bingung apa impian yang ingin diraihnya disini...

Ketiga sikap diatas bisa kita miliki, mulai dari sekarang, mari kita terus belajar, berproses meningkatkan kualitas diri, hidup dan mulailah berinvestasi in myself. Investasi bukan hanya property, emas, tabungan, asuransi, mulailah berinvestasi untuk diri kita. Berinvestasi untuk pikiran kita, dan transform personal branding kita ke sesuatu yang lebih baik lagi. Miliki segera blog pribadi dan mulai rintis 'personal branding' kita di dunia maya. Do it now dan raih hasilnya 3-5 thn mendatang....

Salam,

Doris Nasution I'm @ home, making money and grow my personality ;-)
YM: dorisnst | dorisnst@yahoo.com | www.dorisnasution.com
Mau cari busana muslim & kerudung terbaru ? disini tempatnya www.ButikShaakira.com
Mau mendapatkan penghasilan dari bisnis online? ini yang paling tepat ada duitnya www.BisnisImpianBunda.com

pesan sponsor : *sy lagi menunggu lahirnya Canina, Rika, Lybri dan Intan as new SM di c13 ini*...you go girlssssss....dan insya Allah kalian semua sudah memiliki ketiga sikap yang diatas yah....Amiin....

2 comments:

NurhayATI said...

Tulisannya bagus banget, makin memotivasi untk maju, izin share boleh gak mbak

Unknown said...

inspiratif