Pages

Wednesday, September 01, 2021

Mengapa Belajar Menulis?

Belajar menulis melalui kelas khusus yang Saya akan ikuti di awal bulan September 2021 ini terlihat sangat menarik. Selama 5 minggu peserta akan didampingi oleh mentor di grup telegram. Mentor yang Saya pilih adalah Iqbal Aji Daryono yang sebelumnya tidak Saya kenal. 

Kebetulan saja Saya melihat iklan dari Kelas Menulis Online di Instagram pada pertengahan bulan Juli yang lalu. Iklan yang sangat menarik hingga membuat Saya langsung mengisi form pendaftaran.

Sayangnya, Saya tidak segera melunasi biaya kelas yang sebesar Rp 381.000. Itulah sebabnya Saya tidak bisa mengikuti kelas di bulan Agustus. 

Kalau dipikir-pikir sabar juga Saya menunggu selama satu bulan untuk belajar di dalam kelas online. Ini pasti karena tujuan yang Saya bikin sendiri sebagai motivasi mengikuti kelas belajar menulis. 

Mengapa belajar menulis?

Latihan supaya tulisan enak dibaca dan mengalir indah

Walaupun sebenarnya Saya sudah belajar menulis dengan praktik langsung melalui blog ini sejak tahun 2006. Tapi, rasanya belum puas, karena tulisan Saya jauh dari enak dibaca dan belum mengalir indah. Itu yang Saya rasakan. Selebihnya tentu saja Saya ingin lebih produktif melalui tulisan, sehingga bisa mengeluarkan unek-unek dari dalam pikiran dan perasaan selama ini.

Ada banyak manfaat dari kebiasaan menulis, seperti ini misalnya:

Menjaga kesehatan mental
Motivasi terbesar mengikuti kelas menulis online ini adalah untuk melepaskan beban emosi. Sekian banyak waktu yang saya habiskan untuk mengonsumsi artikel-artikel di platform berita dan sosial media membuat saya kelelahan. Kalau sudah mengonsumsi berlebihan seperti saat ini, sudah pasti harus disalurkan agar kesehatan mental tetap terjaga.

Meninggalkan jejak baik dan bermanfaat

Sebagai media refleksi dan evaluasi diri

Meningkatkan skill menyampaikan pendapat dengan runut, jelas dan semoga saja bisa jadi media latihan bertanya ke dalam diri.

...

Media penyaluran yang saya pilih karena memang saya sukanya ini, ya tentu saja, melalui tulisan.


No comments: