Pages

Friday, June 09, 2023

7 Manfaat Menulis dengan Tangan


Menulis tangan memang jauh lebih sulit jika dibandingkan mengetik. Apalagi sekarang ini kita lebih sering mengetik di handphone atau laptop daripada menulis di notebook dengan pulpen. Alasannya tentu saja karena kepraktisan. 

 

Padahal kebiasan menulis dengan tangan memiliki banyak manfaat, paling tidak ada 7 manfaat penting yang  dapat meningkatkan daya ingat dan kreativitas saat menulis dengan tangan :

 

1.     Meredakan stres

Menulis dengan tangan hampir mirip seperti meditasi. Diperlukan fokus dan perhatian untuk dapat menuliskan kata yang diinginkan. Tindakan ketika menekan pulpen ke atas kertas saat menulis dapat meredakan stres dan memberikan rasa tenang .

 

 

2.     Menyederhanakan kerumitan di pikiran

Sering kali menumpuk begitu banyak hal yang harus dituntaskan dalam suatu waktu yang membuat diri menjadi panik. Dengan memindahkan hal-hal yang begitu banyak di dalam pikiran, cobalah untuk menuliskan ke notepad dengan tulisan tangan agar lebih jernih dan melepaskan rasa tegang yang datang. 

 

Sering kali setelah dipindahkan ke dalam tulisan, semua yang tadinya terlihat ruwet menjadi lebih sederhana dan mudah untuk diselesaikan secara bertahap.

 

3.     Meningkatkan koordinasi pikiran, mata dan tangan

Menulis dengan tangan dapat meningkatkan fokus dan koordinasi antara pikiran, mata dan tangan. Di era yang serba cepat ini, cobalah untuk melambatkan ritme dengan menulis tangan. Apabila dilakukan secara teratur setiap hari selama 15 hingga 30 menit dapat membantu meningkatkan rasa tenang dan mendorong Kesehatan mental yang lebih baik.

 

4.     Sebagai sarana ekspresi yang lebih jujur

Tak semua orang dapat mengekspresikan diri dan apa yang sedang dipikirkannya melalui verbal, karena itu jangan ragu untuk menulis dengan tangan untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran yang lebih dalam. Dalam proses menulis, sering kali kita juga akan menghadapi proses refleksi dan berpikir untuk mengkomunikasikan hal dengan lebih baik dan sempurna agar apa yang dimaksud dapat tersampaikan dengan lebih utuh.

 

5.     Efektif untuk menghafal dan belajar

Menulis materi pelajaran dengan tangan dapat mendorong proses mengingat dengan lebih baik. Tulisan tangan mendorong aktifitas motorik yang aktif hingga membuat materi belajar lebih cepat dipahami dan bertahan lebih lama.

6.     Meningkatkan kreativitas

Menulis dengan tangan kerap memancing ide-ide baru bermunculan. Sering kali saat menulis dengan tangan, belum selesai sebuah kalimat ditulis, sudah ada ide-ide baru yang bisa ditulis untuk mengembangkan dan menguatkan kalimat yang sedang ditulis. Hal itu terjadi karena otak menjadi rileks, tenang dan dapat fokus Ketika aktivitas menulis dilakukan.

 

7.     Salah satu obat awet muda 

Menulis dengan tangan secara teratur dapat membantu otak tetap aktif terjaga. Kebiasaan berpikir dan menuliskan buah pikiran serta perasaan melalui tulisan tangan dapat menjadi salah satu obat bahagia. Hal ini dapat memunculkan perasaan tetap produktif sehingga bisa membangkitkan Kesehatan fisik dan mental yang lebih sehat yang membuat menjadi lebih awet muda.

 













No comments: