Pages

Friday, December 14, 2007

Lagi-lagi SDM

Shaakira di pertengahan Desember 2007


The Real 'Shakira' my motivation in life ;-)


IKLAN:

Thank you for voting this blog to the big 3rd of TDA Favorite Blogger Awards.
Please contribute your vote to promote this blog :-), be PARTICIPANT and take ACTION. Ikuti link ini dan pilih Doris Nasution untuk menjadi salah satu blogger favorit



CERITA HARIAN

Hari Jumat pagi, rasanya lemes banget :) padahal seharusnya saya senang ya karena hari ini hari terakhir diva menjalani UAS dengan pelajaran-pelajaran yang berat hehe. Walaupun hari senin nanti masih UAS tapi mata pelajarannya tinggal Prakarya saja dan temanya membuat 'Montase'. Duh anak SD sekarang membuat saya pun bertanya benda apa sih Montase itu. Akhirnya baru ngerti setelah search di google.

Setelah mengantar diva pulang ke rumah, saya langsung menuju toko yang hari ini bukanya agak siang. Sekitar jam 10 pagi. Saya buka rolling door pintu samping perlahan-lahan sambil berdoa semoga hari ini diberikan limpahan rejeki yang banyak :). Alhamdulillah berhasil. Senang juga. Dilanjutkan dengan membuka rolling door utama yang menghadap Bank Mandiri itu. Duh agak seret nih, bintik-bintik keringat sudah mulai membasahi muka saya. Duh si olif kemana sih, kata saya dalam hati. Koq belum datang juga nih, kan sudah diberitahu jam 10 pagi hari ini.

Tangan tukang parkir bank Mandiri membantu saya mendorong rolling door keatas, sreeeet...cepat dan mudah saja. Ah itulah akibat tidak terbiasa membuka dan menutup toko sendiri :) karena selama ini selalu Yassir (suami-red) yang melakukannnya setiap hari. Jadilah saya tersenyum bersyukur akhirnya bisa juga buka toko :) Untuk nutupnya, pikirin nanti saja deh hehehe.

Olif pun akhirnya datang sambil tersenyum malu, terlambat 5 menit. Langsung menyambar ember untuk mengepel lantai setelah meletakkan tas dan bekalnya di sudut meja kasir. Bertambah lega hati saya jadinya. Saya memang berniat untuk membantunya hari ini. Karena Adiva juga sudah tidak lagi perlu me-review pelajaran-2 nnya untuk UAS.

Bebenah toko, berdoa semoga omset hari ini sebagus atau bahkan lebih bagus dari kemarin :), kami pun menunggu pelanggan masuk ke toko. Hingga jam 11.30 siang, tidak ada seorang customer pun masuk :(, wah saya pun mulai gatal untuk mulai sibuk dan tidak hanya menunggu. Bunyi panggilan SMS masuk. Alhamdulillah ada orderan blus Manet dan Jilbab Zoya Offnesel dari Pdk. Gede :)..uhuy..gembira sekali..akhirnya cek stok dan memisahkan barang tersebut hingga pembayaran selesai dilakukan.

Lumayan ada sedikit kesibukan, tetapi tak satupun customer yang masuk juga. Saya putuskan untuk pulang dan ambil kamera di rumah untuk mengambil foto beberapa jilbab yang ada stoknya di toko. Yah sambil menunggu saya bisa mendapatkan beberapa gambar foto produk-produk terbaru, pikir saya. Karena sudah jam makan siang, sekalian saya makan di rumah dan mengecheck email yang masuk ;-). Ah langsung berangkat lagi nih...menuju toko dan membawa beberapa ciput Rabbani, stok jilbab Zoya yang belum sempat di load ke toko dan beberapa buku katalog Jilbab Permata dan katalog warnanya. Sekalian saja deh dibawa semua.

Sampai di toko. Alhamdulillah ada 4 orang ibu-2 yang sedang ngantri di meja kasir. Masing-2 memegang 1 pc jilbab. Senang dan lega saya melihat suasana itu. Saya pun masuk dan mengantarkan barang yang saya bawa. Tak lama saya diam melihat ibu-ibu itu ngantri, ada telepon masuk dari Malaysia. Kok saya tahu dari sana ya hehe, kan dulu saya kuliah disana. Dimulai dengan kode +60...eh siapa ya. Oh, ternyata itu customer saya yang memesan jilbab yang disale :), yang meminta saya untuk pergi ke Bank Mandiri untuk menarik dana yang ditransfernya karena dia telah salah memilih tipe clearing Cash In daripada TT yang masuk langsung ke account saya. "Duh repot nih", celetuk kata hati. Berarti harus pergi ke Sudirman untuk mengeluarkan transferan itu. "Kapan ya waktunya?" Dan lagian biasanya juga tidak seperti itu...

Ah, nanti sajalah saya coba urus di hari Senin depan. Ada-ada saja.

Calon SDM Baru

Janji untuk interview jam 3 sore hari ini. Alhamdulillah dia datang. Ya saya putuskan untuk menjajal saja dulu, saya berikan waktu 1 minggu untuk melihat kinerjanya. Dan veni, nama calon team member Shaakira ini siap untuk masuk kerja lusa. Mohon doanya ya sahabat semuanya semoga dia juga merupakan yang terbaik untuk Shaakira.

Saya sedang dalam proses ingin merevisi lagi struktur penggajian yang saya berikan selama Shaakira berjalan -8bulan ini. Sedang survey dan tanya-tanya juga. Ternyata tidak mudah ya memiliki karyawan. Harus pintar-pintar tarik ulur dan bermain cantik, lembut tapi tegas...bagaimana itu? hehe, saya juga sedang belajar, bagaimana caranya membuat karyawan loyal.

Kalau saya lihat seorang pak haji di pusat grosir tempat saya kulakan, kelihatannya beliau tidak repot yah. Per hari gajinya sekian. THR dihitung dari jumlah tahun bekerja dikalikan 1 juta. Kalau sudah berkerja 3 tahun maka THR nya lama bekerja dikalikan 1 juta rupiah. Jika masuk hari minggu, dapat tambahan sekian puluh ribu rupiah. Saya juga ingin tidak repot sepertinya, nanti pasti bisa! Sekarang sedang menikmati prosesnya, jatuh bangunnya, timbul tenggelamnya dan terus mendaki puncak tantangan demi tantangan.

Meskipun pusing, saya tetap bersemangat untuk membuka toko kedua hahaha dan pastinya terus mencari karyawan yang cocok untuk team member Shaakira yang mau sama-sama berkembang dan maju bersama.

Doakan saya berhasil melewati pengalaman yang penuh dengan penaklukan ini :) dan perjuangan untuk terus menjadi hamba-Nya yang senantiasa bersyukur dan berterima kasih atas semuanya ini.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

No comments: