Pages

Sunday, December 30, 2007

Mendorong Karyawan Menjadi Bintang di Tahun 2008

2 hari menjelang tahun 2008, saya terus berusaha mencari tahu apa yang akan diberikan kepada karyawan toko Shaakira. Ujung tombak penjualan offline saya saat ini, Olif dan Veni. Tanpa mereka saya mesti akan kewalahan dan mungkin tidak bisa sebebas sekarang melakukan pembenahan yang ternyata banyak sekali. Hal-hal kecil yang penting, seperti misalnya berapa sih sebenarnya usia jilbab/kerudung di toko saya dan berapa stok ideal ditambah buffer yang saya harus sediakan di bulan-bulan normal ini. Berapa banyak modal yang tidak berputar jika stok barang saya terlalu banyak? Hal-hal yang masih terus dicari jawabannya. Dan saya menggunakan data di bulan Desember 07 ini sebagai base nya untuk melakukan perbaikan kedepannya.

Dan semuanya masih manual...menggunakan buku dan excel. Wadow, puyengggggg.

Pagi ini saya menyiapkan dokumen untuk bahan diskusi BESAR dengan mereka berdua. Yang rencananya akan dilakukan sebelum tutup tahun ini. Perubahan tentang komponen penggajian bulanan, bonus akhir tahun, THR, rencana pengembangan skill karyawan di tahun depan agar sejalan dengan visi Shaakira yang akan membuka minimal 2 buah toko lagi, insyaAllah. Juga menaikkan target omset harian/bulanan, target mengirimkan sms penawaran setiap harinya, target reseller baru/bulan, target member KSS baru/bulan. Waduh banyak euy..hehehe..

Banyak perubahan dan mudah-mudahan saja sebagai perbaikan bagi kesejahteraan karyawan toko Shaakira :-). Tentunya ini tidak final, masih akan di Test & Measure ke-efektifitasannya. Makanya periode percobaannya adalah per 3 bulanan dulu deh.

Dan tentang Shaakira Buahati saya masih sangat ragu tentang lini bisnisnya yang fokus di baju anak karena masih juga belum bersilaturahmi ke teman-teman yang mempunyai usaha sejenis :), dan lagi ada satu ide baru yang sedang saya pelajari saat ini dan kelihatannya saya lebih sreg dengan ide yang terakhir ini. Lagi-lagi mesti mencari modal yang tidak sedikit. Yah seninya orang yang berbisnis adalah ketika dihadapkan dengan minimnya modal. Itu tantangan tersendiri dan apabila bisa terlewati, alangkah indah dan bersyukur sekali rasanya.

Apapun bidang usahanya, tentunya tak jauh-jauh dari garmen dan insyaAllah dikabulkan untuk bisa dibuka di triwulan pertama tahun 2008 nanti. Amin.

Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

No comments: