Pages

Monday, December 03, 2007

Review Shaakira

Sudah memasuki bulan Desember, diawali dengan omset yang sangat bagus sekali baik di toko maupun melalui online ;-). Alhamdulillah. Semoga terus menerus konsisten dan semakin membaik setiap harinya. Amin.

Member yang mendaftar pun mencapai 12 orang sejak dilaunching 09 November 07 yang lalu. Alhamdulillah. Sesuai dengan prinsip delight and surprise customer, saya pun semalam mengirimkan SMS selamat kepada member yang telah membukukan nota belanja sebanyak 62 poin. Lumayan, hadiahnya satu buah pashmina manik cantik berwarna putih senilai 55 ribu rupiah. Dan hari ini member itu pun akan datang ke toko untuk mengambil hadiahnya :)

Di awal bulan ini pun, team member Shaakira yang bernama Nur sudah saya konfirmasikan untuk segera mulai bekerja. Tepatnya di hari minggu kemarin. Akhirnya saya memutuskan untuk tetap mempunyai minimal 2 orang karyawan di toko. Karena setelah melihat transaksi di bulan Nopember kemarin, terutama di toko, memang terjadi penurunan transaksi :) tapi hanya 7.4% jika dibandingkan dengan transaksi di bulan Juni 2007 yakni bulan kedua toko mulai beroperasi. Sebaliknya transaksi online meningkat sekali terutama di dua minggu terakhir ini. Negara baru seperti Australia pun menambah panjang list pelanggan Shaakira. Alhamdulillah. Impian saya untuk mendapatkan pelanggan dari Abu Dhabi dan Brunei Darussalam saya ucapkan dalam hati, semoga bisa terwujud di bulan Desember ini . Amin.

Dengan dua orang pegawai, saya menargetkan Olif dan Nur untuk menggaet 2.5x jumlah member yang di bulan ini yaitu 30 orang member baru. Tujuannya untuk menciptakan tingkat loyalitas yang tinggi dan mudah-mudahan bisa terjadi konversi ke nomimal belanjanya. InsyaAllah. Dan beberapa tugas dalam menyelesaikan transaksi online pun akan mulai saya delegasikan ke mereka berdua. Mudah-mudahan saya bisa belajar mendelegasikan dengan baik. Karena jika tidak, saya akan terperangkap di bagian operasional dan akibatnya waktu untuk memikirkan hal-hal yang lain pun semakin sedikit. Apalagi saat ini urusan administrasi toko benar-benar saya pegang sendirian, waduh kalang kabut..banyak sekali yang harus di data entry, di compile dan ditarik kesimpulan baru kemudian dipikirkan apa langkah selanjutnya ya agar grafik ini tetap berjalan naik ke atas, perlahan, konsisten tapi pasti :).

Teguran dari customer pun tak lekang dalam perjalanan Shaakira. Ya mau bagaimana lagi, beginilah yang namanya pedagang hehe, mesti tahan mental dan kebal atas masukan dari pihak lain. Alhamdulillah. Saya percaya complaint dari seorang langganan saya yang keturunan India hari sabtu yang lalu akan membawa banyak sekali perbaikan atas kelemahan2 toko offline kami. Lagi-lagi tentang ketatnya penerapan diskon di tempat kami dan karena tidak bisa ditawar juga, maka sang customer yang tidak mau menjadi member, bersikeras untuk mendapatkan diskon karena telah belanja hingga mencapai 800 rb. Dan karena saya tidak ada di toko, karyawan pun tidak berani untuk mengambil keputusan tanpa adanya konfirmasi saya. Saya berikan diskon yang diminta walaupun akhirnya saya melanggar peraturan yang telah ditetapkan. Tapi kemarahan sudah memuncak, akhirnya customer pun pergi dengan kecewa setelah membayar full jumlah belanjaannya. Waduh, sedih juga hati ini. Dan ada perasaan bingung juga. Harus bagaimana ya.

Diskon sudah ditetapkan secara jelas, hanya bagi member. Akhirnya di minggu pagi, saya menaikkan satu hal yang baru lagi di toko, yaitu pengumuman hadiah bagi non member yang telah belanja minimal sekian dan maksimal sekian akan mendapatkan Free Gift. Harapan saya, mereka akan senang dengan metode seperti itu dan tidak menuntut diskon lagi. Kembali lagi langkah yang saya pakai di 3 bulan pertama toko dibuka, kelihatannya harus terus dilaksanakan dilapangan, untuk menarik perhatian pelanggan.

Memang tidak banyak, tapi saya berusaha menekankan bahwa mereka tidak akan melenggang keluar toko tanpa mendapatkan Free Gift kami. Apalagi bagi yang sudah belanja banyak :)
Ada ciput topi/bandana renda untuk pembelian 125 rb, manset tangan untuk 250 rb, kerudung sutra untuk 500 rb, manset kaus dalaman untuk 800 rb dan tas mukenah lukis untuk pembelanjaan 1 juta. Ah terus menerus berjalan melewati semua hal yang harus dihadapi, kelihatannya akan membuat saya bertambah pintar, tegar dan kuat. Apalagi menghadapi customer yang membuat roda usaha ini terus berputar dan menjadi bertambah besar.

Ya segitu dulu ya review Shaakira di Bulan Nopember 2007. Doakan perjalanan kami ini tetap bergulir dan mendapatkan barokah-Nya. Amin.


Salam,
Doris Nasution
Owner, "Shaakira"
Outlet Jilbab & Kerudung Pilihan
Tebet Barat, Jak-Sel
Email: dorisnst@yahoo.com | YM:dorisnst | HP:0815-86038678

NB: Voting untuk putaran ke-2 sudah dibuka lagi. Silakan ikutan voting untuk blog ini yaa :) di link ini. Terima kasih ;-p

1 comment:

anugerah perdana said...

Ibu, saya doakan moga tetep semangat. Moga karyawatinya tambah pinter2 dan sejahtera. Moga pelanggannya tetep loyal.

Amiiiin

NB : ingin ngobrol tentang bisnis lewat blog, biasnaya ibu nyantai jam berapa ?